19 March 2016

Saatnya Abang ZAM Belajar Berbagi !

Salam semuanya ! :)

Saya sepertinya baru posting lagi tentang abangzam, si abang kecil yang cerewetnya lumayan minta ampun, pengulangan katanya itu loh. Haha! 

Sebagai Mama, saya sebenarnya pelan-pelan sudah mengajarkan dia tentang pelajaran berbagi ke sesama. Tentang saat dia mulai sering 'pamer" biskuit dan susu miliknya. "Biskuit jidan... cusu jidan"apalagi ketika dia suka pegang dua, "Yeaaay duaaaa... dapaaaa' duaaa!" saya biasanya mengingatkan dia, "boleh Bunda mintaa yaa.. minta satu bunda" Dia kadang terdiam dulu. hihihihi, jadi saya memperlihatkan kalau saya yang pegang dua, saya juga bilang di depannya, "Yeaayy Bunda dapat duaaa!!" mimik muka abangzam terdiam, tapi sesaat setelahnya dia tertawa dan berusaha menggapai satu tangan saya, dia berpikir itu miliknya -_-" (kan mama aku, jadi apa yang dipegang bunda pasti punyaku juga!) seperti itukah? HAHA!

Tahap pertama, Berbagi karena Simpati
Suatu pagi, dia sedang memegang biskuit dikedua tangannya, datang tante kecilnya meminta, tapi tangannya disembunyikan kebelakang -_- Saya langsung bilang "Ih kasihan onda Tiwi gak dikasih? kasihan, Onda tiwi menangis..." (Tiwi pun ura-pura menangis) Abangzam melihatnya nanar, kemudian biskuitnya dikasih deh ke Onda Tiwinya. Itu kali pertama abangzam memahami, berbagi karena tidak tega melihat oranglain sedih tidak memiliki apa yang dia miliki. Untuk selanjutnya, abangzam mulai sering membagi apa yang dia punya, asalkan yang minta pasang mimik sok sedih. HAHA!

Tahap kedua, berbagi agar berbahagia bersama.
Jelang usianya yang kedua tahun ini, abangzam makin senang kalau temanya banyak. Bermain bersama, bertukar mainan bersama, sampai berantem bersama pun, hihihik! Jadi biasanya kalau abangzam punya mainan, dia mulai senang mengajak temannya untuk bermain bersama, kalau sudah main, dia menarik lengan saya, "Bunda...teman... main sama teman... ini Nugi, teman Jidan." sambil menunjuk ke arah temannya, dia excited sekali. Untuk soal makanan dan minuman, abangzam juga sudah selalu mau pegang dua. Dua roti, dua susu, dua biskuit. 
Ketika abangzam lagi asyik main sama teman-temannya (meski bukan sebayanya*usia teman abang sekitar 5-10 tahun) saya memanggilnya.
"Abang sini nak, ada kue lagi..."
Dia heran karena sudah memegang dua buah biskuit, tapi dia datang juga. Memang abang kalau kue, luluh dia! hahaha!
"Iiihhh, dua biskuit abang? kasih dulu teman itu... baru ambil kue ini nak," perintahku
"mmm... aaangg.. kue...kue.." dia merengek
"Atau ini kue kasih teman," saya memanggil temannya, "Nugie... ini tawwa eee kue abang mau kasih" 
Nugie berlari ke arah saya dan mengambil kue itu, abangzam terpengarah melihatnya, ketika dia melihat Nugie senang, dia juga ikut tertawa "Nugie, kue... hehehhe" (Nugie dapat kue) "Sama Jidan,!!!" teriaknya lagi 
"Nah kue ini kasih Jumbo, yang ini kasih Om caki, ini kasih Onda accah"
abangzam terus tertawa sambil dia dan teman-temannya menghabiskan bersama kue itu.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nah, saya tak mau peristiwa itu hanya berhenti di situ, saya sadar bahwa sifat berbagi harus ditanamkan pada anak sejak dini. Sebagai orangtua yang sering ikut seminar parenting sana-sini, masa' mau mendiamkan anaknya tumbuh begitu saja tanpa karakter dan tanpa di arahkan? :)

Perlu kita ketahui ya all mommy, periode emas perkembangan otak si kecil, terutama pada fungsi kognitif masih berlangsung hingga usianya 12 tahun loh. jadi kita haru memberikan nutrisi tepat untuk otak anak dengan Kolin dan Inositol yang berperan dalam penyimpanan memori, berpikir, berbicara dan gerakan sadar.

Kebetulannya, saya bersyukur sudah mengenal susu Morinaga, beberapa waktu lalu, saya dapat kiriman packshoot susu Morinaga Chil-Go!
Morinaga Chil-Go! adalah susu cair pertumbuhan persembahan Kalbe Nutritionals, yang memiliki banyak kandungan zat yang baik untuk tumbuh kembang anak. Seperti Kolin dan Inositol, yang berperan dalam penyimpanan memori, beripikir, berbicara dan bergerak sadar. Juga Vitamin B Kompleks, Zat Besi dan Yodium yang berperan penting pada sistem saraf dan konsentrasi anak.
Morinaga Chil-Go! ini adalah produk baru yang diluncurkan oleh Kalbe Nutritionals yang sudah tidak asing lagi di Indonesia tentunya. Kalbe Nutrionals sudah dirintis sejak 1982 dengan nama PT Sanghiang Perkasa yang lebih dikenal dengan Health Foods Division dari PT Kalbe Farma Tbk, sebuah perusahaan farmasi yang terkemuka di Indonesia. 

Kalbe Nutrionals dibangun dengan dasar rasa kepedulian, tanggung jawab keilmuan dan antusiasme dalam bidang farmasi dan nutrisi yang terjalin menjadi sebuah komitmen. Dengan latar belakang keahlian dan reputasi tinggi di bidang farmasi, yang menjunjung tinggi kaidah-kaidah keilmuan, Kalbe Nutrionals mengembangkan produk-produk makanan kesehatan berkualitas utama untuk memenuhi kebutuhan konsumen. 

Seiring berjalannya waktu kinerja perusahaan juga semakin meningkat. Beberapa produk yang dihadirkan sudah dipercaya oleh para tenaga medis maupun konsumen untuk meningkatkan taraf kesehatan. Komitemen untuk memberikan sumbangan demi kemajuan dan peningkatan kualitas kesehatan itulah yang membentuk Kalbe Nutrionals menjadi perusahaan profesional yang terpercaya dan unggul di bidangnya. Bahan-bahannya halal dan aman.
Morinaga Chil-Go! Mendukung si Kecil menjadi generasi platinum multitalenta, susu cair pertumbuhan,untuk anak berusia 1-12 tahun. Pas sekali kan untuk abangzam dan teman-temannya. Abangzam minum susu cair pertumbuhan sejak dia berusia satu tahun, mulai ogah-ogahan minum susu pakai botol :< padahal ya itu tadi, perkembangan otak masih butuh nutrisi sampai usia 12 tahun, abangzam harus tetap minum susu, makanya saya bersyukur ada Morinaga Chil-Go!
Morinaga Chil-Go! memiliki banyak kandungan zat yang baik untuk tumbuh kembang anak. Seperti Kolin dan Inositol, yang berperan dalam penyimpanan memori, beripikir, berbicara dan bergerak sadar. Juga Vitamin B Kompleks, Zat Besi dan Yodium yang berperan penting pada sistem saraf dan konsentrasi anak. Morinaga Chil-Go! juga dilengkapi dengan banyak nutrisi untuk menunjang daya tahan si kecil seperti Probiotik Insulin 1000 MG, Zinc, Kalsium, dan Vitamin A, C dan E. Plus rasanya enaaaaaaaaak skaliii!, ada 3 varian rasa, coklat, vanilla, dan strawberry. 
ayo tebak yang mana rasa kesukaan abangzam? :D
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saat abangzam melihat saya membawa kardus Morinaga Chil-Go! dari jauh dia menganga memerhatikan, dia mencoba mengenali kardus itu, langsung juga dia teriak senang, "Chil-Go! anyaaakkkk!!! iih... iih... Chil-Go! anyaaaaak na" (banyak*) belum sempat saya turunkan kardus demi kardus yang berisi banyak Chil-Go! itu, dia terus mengulang-ulang kata "Chil-Go!...anyak...Chil-Go!"

"Iye nak, ini untuk abang sama teman...."
"Teman, sama abang..." ulangnya,
"Kasih teman nak ya, Chil-Go! nya"
"Kasih teman,..." abangzam memang suka mengulang dan meniru apa yang kita bilang hehe
"Yang mana, yang mau dikasih teman?"
"Yang mana?" tanya nya ulang
"Semuaaaaaaaa...banyak!" kataku sambil merentangkan tangan
"semuaaaaaaaa," abangzam tertawa, "Semua Chil-Go! kasih teman" lanjutnya.

Saya menyampaikan ke Neneknya, kalau saya mau buat acara Abangzam Berbagi bersama Morinaga Chil-Go! Neneknya sempat tanya, "Lah kan ulangtahun abang maish jauh," heheheh. Berbagi tak usah menunggu hari spesial, sebenarnya semua hari, spesial. Apalagi saat itu kita berbagi hal yang bermanfaat. 
"Ajak teman-teman abang saja, tetangga-tetangga di sekitar sini.


Persiapan acaranya saya buat simple, tapi kena!
Pertama, saya mendesign sebuah x-banner acara, membeli bungkusan, dan balon untuk memeriahkan. Yuk lihat foto-foto abangzam saat sibuk mempersiapkan acara berbagi Morinaga Chil-Go! nya




Acara berbaginya, disepakati sore hari, ba'dha ashar, jam pulang ngajinya teman-teman abang. Jadi, siang harinya masih sempat mempersiapkan, dibantu sama Kakek Datok. 
Saat proses persiapan di venue, depan halaman rumah, abangzam sempat nangis ngamuk-ngamuk pasalnya balonnya banyak yang meletus HAHAH! 
tapi saat dia nangis, saya bilang "Mana Chil-Go! nya abang? Chil-Go! nya teman, mana?"
abang langsung diam melupakan balon meletus dan tangisnya kemudian segera mencari Chil-Go! nya yang masih dalam kamar.
Dan, akhirnyaaaaa semua selesai, abangzam tinggal menunggu temannya datang. Seperti apa serunya ya acara berbagi Morinaga Chil-Go! dengan teman-teman dekat rumah? tunggu postingan selanjutnya yaaa :)

1 comment: