29 January 2016

Cafe Makassar : Roemah Podjok

Assalamualaikum 
Sebulan yang lalu ada tempat kece' yang baru dibuka lagi di Makassar loh, tepatnya di ujung jalan datumuseng, daerah kuliner di kota Makassar. Sebagaimana kita ketahui, jalan datumuseng adalah tempat makan keluarga yang rata-rata seafood, nah tepat dipojok jalannya, ada tempat makan yang jika dilihat dari luar, seperti cafe yang kekinian, tapi saat masuk kedalam, menu yang disajikan adalah masakan nusantara yang lezat. Rumah Podjok namanya. 
Saat itu saya dan teman ingin re-take wacana tentng tren hijab bersama ve channel, televisi lokal di Makassar, katanya sih di cafe aja biar cepat, jadi saya coba-coba janjian di Roemah Podjok ini. Sore pukul 4 saya tiba disana, parkiran penuh. ya maklum lah cafe baru dibuka untuk umum, pasti banyak yang datang, penasaran pengen nyobain, datang juga karena daya tarik bangunan cafe ini. Tapi untunglah ada pelanggan yang baru keluar, jadi saya bisa menunggu sebentar untuk menggantikan posisi parkirannya. 

Masuk ke dalam, kita disuguhi nuansa Jawa dan Bali dengan adanya pajangan bahan makanan rempah di buffet cafe. Wah ini cafe tradisional juga ya! sekelilingnya ada banyak propertie yang khas Jawa gitu. Kursi dan mejanya Ups! bukan cafe ternyata, di sini rumah makan lohhh. Heh emang apa bedanya cafe dan rumah makan? wkwkwkw ... jadi versi saya tuh, kalau rumah makan, kita hanya sekedar datang makan, kenyang, bayar, pulang. Kalau cafe pasti duduk nongkrong dulu karena suasananya dan juga menunya kebanyakan western food, nah ini beda. Pramusaji yang datang mengenakan batik dan book menunya juga designnya tema batik, sajian menunya Indonesia banget. Uniknya ini ada meja bartendernya juga, dan pengunjung bisa melihat kesibukan-kesibukan para barista yang membuat minuman. Nuansa nusantara tapi gaya dari barat, ahh briliant sekali ownernya ya. 
Soal pelayanan disini, pramusaji sangat ramah, pun sabar melayani. Ya biasa ada pengunjung yang lama gitu lihat-lihat menu, bingung mau makan apa, kayak saya waktu itu hahaahah, kan sudah makan siang dari rumah, sampai sini lihat menunya memang sajian untuk makanan beratnya lebih banyak daripada cemilannya. Tapi pesan cemilan gorengan tidak merusak nongki-nongkinya loh. Kalau kita bandingkan dengan rumah makan seafood yang lain yang ada di sepanjang jalan datu museng, memang lebih cocok untuk makan bersama saja, kalau foto-foto dan duduk berlama-lama, plus makan besar, disini cuco' sudah!
Soal rate harga, udah kelihatan langsung kan di foto menu tadi diatas, menurutku sih untuk minuman memang agak mahal, sekelas es teh manis harga 20ribuan keatas. Cemilannya juga harga tidak disamaratakan, ada yang mahal ada yang agak murah. Untuk pesanan saya,
1 porsi tahu isi udang
1 porsi tahu tempe bacem
1 es teh leci
1 juice nakula
Totalnya adalah 120an lebih. Tapi soal rasa, waaaaaah tahu isi udangnya juaraaaaa, minumannya juga segar-segar. Makan bersama dengan lauk pauk cita rasa nusantara disini pilihan tepatnya deh, soalnya kalau mau foto rame-rame tempatnya super luass, cahay yang masuk ke ruangan juga fotoable loh, banyak spot keren kan?! apalagi kalau malam hari, ada lampu liontin yang berjejer remang menerangi, romantis suasananya bisa dipakai spot untuk foto prewedding. Oh iya sekedar informasi, roemah podjok ini buka mulai pagi sampai pukul 15.00 wita dan akan buka kembali pukul 18.00 wita (kok gitu ya? hahah kurang tau alasannya*)

7 comments:

  1. Naksir ama Tahu Isi udang dan Bacem nya, heuheuheu
    Langsung Laperrr

    ReplyDelete
  2. Makanannya dan tempatnya sih enak, tapi kalo gak ditemenin pasangan tetep kurang enak ya mba hahaha

    ReplyDelete
  3. Ya itu untuk jam istirahat karyawan Mbak :D

    ReplyDelete
  4. Tahu isi udaaaaaang. bikin ngiler

    ReplyDelete
  5. Aaa.. Lagi puasa nemu artikel ttg kuliner.. Hihihi.. Jadi pengen cepet2 buka :D

    ReplyDelete