14 January 2016

Bincang Fotografi IIDN Makassar

Assalamualaikum wr.wb
"Qiah bisa isi sabtu berbagi di IIDN Makassar? tentang fotografi..."
Begitu message facebook yang saya dapat dari kak Mugniar. Ini pertamakalinya saya diajak mengisi program "sabtu berbagi" yang ada di blog IIDN Makassar. Saya senang tapi juga merasa bingung. Karena sepengetahuan saya, member IIDN tidak banyak yang meminati fotografi, kan ya namanya juga Ibu-bu Doyan Nulis, doyannya menulis aja heheh. 
Tapi ternyata setelah saya mengisi sabtu berbagi tentang foto for blog, bagaimana membuat dan menyesuaikan foto untuk blog kita, bagaimana agar blog kita kontennya jd lebih kreatif dengan adanya gambar/foto. Seetelah saya mengisi Sabtu Berbagi itu, ada yang menyarankan untuk mengadakan kopdar dengan tema bincang fotografi.

Para ibu-ibu di member IIDN ingi nbelajar mengenal tekhnik kamera. Seperti apa sih tekhnik kamera, bagaimana menggunakannya, dan teori apa saja yang ada dalam dunia fotografi?! Lebih daripada itu, tentang bagaimana memperkaya kreatifitas kita dalam seni fotografi bila hanya menggunakan handphone? 

Alhamdulillah waktu dan tempat sudah disepakati, Kopdar akhir tahun IIDN jadi dilaksanakan, di DiLo (Digital Lounge) jl. ratulangi. 
Saat memulai, saya memaparkan tentang tekhnik fotografi. Pengenalan dasar fotografi. Yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang bagus sebenarnya bukan kameranya, tapi yang lebi hpenting adalah cahayanya. Untuk kamera, saya menunjukkan beberapa fungsi tombol yang ada pada body kamera, tehnik menggunakannya, dan pengaturan manualnya. Awalnya saya agak ragu, apa pembahasan yang saya bawakan terlalu berat ya? apa ibu-ibunya malah pusing? heheheh... Tapi alhamdulillah anggota IIDN semua menerima dengan baik, kalau ada yang belum dimengerti, mereka bertanya. 

Kalau cahaya kurang, di kamera naikkan ISOnya, hanya saja NOISE akan bertambah.... 

Berikut tentang istilah-istilah yang ada dalam dunia fotografi, seperti Bokeh, noise, iso, shutter speed, diagfragma, Low light, High speed, auto, manual, fokus dan lainnya. 
Tentang kelompok aliran dalam fotografi, seperti, HI (Human interest), Still life, potrait, landscape, digital imaging, HDR, dan lainnya. 
Kemudian pengenalan mengenai lensa tambahan, lensa fix, lensa "panjang", dan lensa wide yang terbagi lagi dalam berbagai ukuran focal lenght

Disesi terakhir, saya juga menyempatkan untuk sharing tentang memaksimalkan aplikasi edit foto di handphone, sedikit berbagi tips dan tricknya.

Terimakasih IIDN atas kepercayaannya untuk saya membagikan sedikit ilmu yang baru 6 tahun saya geluti ini, sesungguhnya saya juga masih harus terus belajar dan belajar.
karena peserta IIDN disini juga sudah beberapa yang lebih bagus hasil fotonya daripada saya
semua tergantung passion kita lebih nyaman di konsep dan aliran mana.
Sampai jumpa lagi di pertemuan berikutnya.
salam ^^

5 comments:

  1. Wah senengnya bisa nambah ilmu :)

    ReplyDelete
  2. Ih sayang deh gak bisa hadir >.<

    ReplyDelete
  3. Aduhhh enaknya bisa belajar begitu, plus ada mejanya hahhahaha. Senenggggg, jadi bisa tulis - tulis juga. Semoga mama - mama yg disana makin pinter mengolah fotonya ya. Nice share mba cantik.

    ReplyDelete
  4. waah mungkin lain kali bisa bagi-bagi ilmu foto grafinya di tempat lain ya...

    ReplyDelete