05 January 2016

Begini Suasana Belajar Kelas MAM

Assalamualaikum ^_^
Sebelumnya saya sudah pernah cerita tentang kelas menulis MAM (Makkunrai Anging Mammiri) dan kali ini saya mau posting tentang kelas perdananya. Di meetup-nya kami semua sepakat untuk memulai kelas perdana itu hari Jumat awal desember, di Kedai Pojok Adhyaksa. Saya juga sudah fix-kan ke bunda Mugniar, dan beliau sudah mengosongkan jadwalnya hari itu. yeay!

Tapi beberapa hari sebelum jumat itu datang, kami semua galau di group, karena ketua AM, Nunu, sudah punya jadwal lain ke Jakarta untuk menghadiri penghargaan blogger (baca di sini ceritanya Nunu) dan juga sebagian member kelas menulis, tidak bisa datang karena lagi di luar kota. Mau diundurkah jadwalnya? Jangan! ini kelas perdana, jangan diundur. 

"Ayo semua semangat, biar sedikit yang hadir asalkan kelas perdana bisa mulai jalan, member 12 orang, kalau sudah 7 atau 10 orang, lanjutkanlah." Nunu memberi semangat, 

"Bikin listnya siapa yang bisa hadir kelas perdana," Tambah kak Nanie membakar semangat member lain, yang sudah sempat agak urung karena sedikit yang bisa datang. 

Akhirnya, sudah fix ada 7 orang yang meng-"insyaAllah"kan kehadirannya. Saya awalnya juga mau mengundurkan saja ke minggu depannya lagi, tapi karena sudah disemangati begitu, sebagai ketua kelas pun saya pastinya harus niat niat banget dong mau hadir, ehehehe.

Hari Jumat, juga hari dimana saya "masuk rumah baru" secara "ayam-ayam" (tentang ini saya posting berbeda ya, as soon as possible. HEHE!) hari itu hujan deras awet! Sejak pagi sampai acara sama keluarga selesai di pukul 13.00 wita. sedangkan kelas MAM dimulai jam 14.00 wita. Hujan masih deras, kembali lagi "runtung sumanga" dan menggalau di group line, saya sih sebenarnya tdk masalah hujan atau tidak, karena syukur ada kendaraan, tapi yang lain. Untung saja, kak Ama langsung line "Saya sudah di TKP, kalian dimana?"

Berlanjut SMS dari bunda Mugniar, "Qiah, belum ada perubahan jadwal kan? sekitar kepo hujan deras nih..." tandanya bunda Mugniar sudah di lokasi duluan. Lagi-lagi telat, apa bangganya saya jadi ratu ngaret deh!! hiks,.hiks..
Segeralah saya meluncur ke Kepo, kak Ama line lagi, "ndak dimulai kelas kalau ketua kelasnya belum datang, Qiah dimana?" 

Triiinggg... !!!
Saya sudah tiba di Kepo, lokasi kelas menulis MAM. Sudah ada, kak Ama, kak Mierna, dan Qadriyah.
yang langsung saya lakukan setelah menyapa adalah, memesan makanan. HAHA!

Ya, jadi begitulah suasana belajar kelas menulis MAM, santai tapi serius, karena MAM juga adalah Makanmakan Anging Mammiri, apalagi diketuai oleh Antebas (anak tena bassoro'na) YEAY!! 

Di kelas perdana ini, bunda Mugniar membahas tentang keseriusan seseorang dalam ngeblog. Seperti headline materinya di slide show powerpoint "Serius nih Mam, mau jadi blogger?" Bunda Mugniar memulai dengan berbagi pengalamannya nge blog. Tentunya terbayangkan bagaimana sibuknya sebagai seorang ibu yang rutinitas hariannya mengurus suami dan anak-anak, bunda Mugniar masih juga memiliki aktifitas di luaran sana yang bermanfaat. Hal itu semua bukan penghalang bunda Niar untuk ngeblog, malah blog nya update one day one post. Dan tentunya aktifitas yang dijalani bunda Niar inilah juga yang jadi alasannya nge-blog. 

Tentang alasan nge blog, tiap orang pasti berbeda-beda ya, mulai dari memang yang punya hobi menulis, tempat curhat, tempat mendokumentasikan catatan harian, cari uang, dan lain-lain. Lebih lanjut kita sebenarnya harus tau dulu manfaat nge blog bagi kita, tentu dong kita harus nanya ke diri sendiri. 

Dari sekian tahun pengalaman nge blog, bunda Niar membagikan beberapa manfat yang beliau rasakan, yang kami juga bisa mulai rasakan, apa itu? antaranya adalah : 
1. Menjadi “prasasti sejarah” pribadi.
2. Menjadi semakin terampil menulis.
3. Menjadi semakin kreatif karena ide semakin mudah datangnya.
4. Mendapatkan banyak kawan baru.
5. Mengikuti banyak kegiatan menarik (pelatihan, seminar, pameran, dan lain-lain).
6. Memperoleh tambahan wawasan/ ilmu/pengetahuan.
7. Sarana pengembangan diri karena dapat memahami kehidupan dengan lebih baik.
8. Membantu orang lain secara materi.
9. Memotivasi orang lain.
10. Memberikan wawasan baru kepada orang lain.
11. Menyumbangkan ide baru untuk blogger lain.
12. Membuka mata dunia tentang daerah kita.
13. Pintu rezeki.
14. Menyebarluaskan kebaikan (berita baik, wawasan, ilmu, pengetahuan, motivasi).
Masih banyak lagi manfaat-manfaat lain yang bisa ditampung dari nge blog kan? selanjutnya adalah tentang "Harapan kedepan, ingin nge blog untuk apa?" yang harus dijadikan sebagai motivasi diri. Dan "Mau nge blog sampai kapan?" dijadikan sebuah Visi kita. Tak ada kata terlambat dalam memulai sebuah tindakan, termasuk nge blog. Kalau baru mau mulai nge blog sekarang juga tentunya maish sangat bisa! seperti seorang blogger yang diperkenalkan bunda Niar pada kami, tentang wanita yang sudah berusia 60 tahun yang baru mulai nge blog tahun kemarin. Yang jelas memang intinya adalah kemauan dan semangat yang harus terus dibakar.
"Kalau kita makin sering menulis, tulisan kita akan tambah bagus" kata kak Niar. Terakhir, kami diajak bunda Niar untuk blog walking ke beberapa emak blogger yang penuh semangat dan prestasi, tentu saja itu menambah niat kuat kami untuk konsisten nge blog heehehe.
Sampai jumpa di kelas menulis MAM (makkunrai anging mammiri) berikutnya yaa
kira-kira kapan dan siapa lagi ya pemateri yang bisa menambah keseruan ngeblog.
see yaa.
wassalam.

2 comments:

  1. waaah mata pelajaranntya apa saja

    ReplyDelete
  2. Tempatnya enak banget buat hang out, bisa nih kapan-kapan ke sini, hehe.. maaf mbak OOT

    ReplyDelete