27 October 2015

Man Jadda Wa Jadaa

Assalamualaikum wr.wb
Man jadda wajada saja memang tidak cukup. Dibutuhkan sepenggal pepatah lagi untuk melengkapinya. Yaitu Man Saaro’ Aladdarbi washola yang artinya “Siapa yang berjalan pada lintasan atau trek yang benar, maka dia akan sampai di tujuan. Oleh karena itu semangat atau spirit Man jadda wajada ini harus diaplikasikan dengan tepat.

Karena ternyata kata jadda, yang berarti bersungguh-sungguh saja tidak cukup. Memang benar bahwa setiap impian, betapapun tingginya, bila diperjuangkan dengan kesungguhan niscaya akan terwujud. Namun yang harus diingat, tentu saja kita harus pintar-pintar memilih jalannya. Pilih yang Allah ridha atau sebaliknya. Sejatinya man jadda wajada harus diaplikasikan dengan kerja keras (hard work), cerdas (smart work) dan halal. Ini berarti kesungguhan dan kerja keras saja tidak cukup. Apalagi bila sampai menghalalkan segala cara.

Oleh karena itu spirit man jadda wajada harus dilengkapi dengan penggalan berikutnya. Yaitu “Man Saaro’ Aladdarbi washola”. 

25 October 2015

Ayahmama With Maraja


Maraja sekarang usianya 5 bulan 2 minggu
Nanti tiap tanggal 13 baru masuk lagi usia bulanannya.
Maraja 4 hari kemarin sakit demam flu dan batuk, jadinya loyo dan lesu. Padahal sebiasanya aktif senang dan riang gembira senyam senyum sendiri. Maraja biasanya kalau demam cuma sehari, besoknya balik lagi happyhappy. Baru kali ini sampe di bawa ke dokter periksa dan di Uap. Dikasih obat puyer juga, gak suka Marajanya minum obat, mukanya mengernyit, tapi kata dokter obatnya boleh dimuntahin biar keluar sama lendir-lendirnya. 
Syukur alhamdulillah hari ini Maraja sehat kembali. Ceria kembali, main sama abangnya semangat lagi. Ayahmama dan Datoknenek tak galau lagi

23 October 2015

Harus Siap Menjadi Orangtua

Assalamualaikum wr.wb
apakabar readers :)
Beberapa bulan lalu, saya dan sahabat saya, Dara, janjian di Mall kota kasablanka-Jakarta Pusat. Sebenarnya sudah lama sih janjiannya tapi karena Dara ini super sibuk dengan kantor barunya yang sebagai designer fashion wear brand salah satu seleb Indonesia, jadinya baru kesampaian bulan September kemarin. Waktu itu saya cuma bawa dede Maraja aja, abang di Makassar, padahal sih Dara kangen sama abangZAM terakhir liat abang masih waktu umur 6 bulan. Siang itu, saya, suami dan adik saya sudah tiba duluan di kasablanka, dan langsung ketemuan Dara di tempat makan mie ramen. Saat selesai cipika-cipiki, duduk tenang dan tiba-tiba Dara bilang "Qiah... Aku lagi senang banget nih, aku lagi isi Qiah...

22 October 2015

E-Invitation : Mappetuada Chinta Ayyub

u can read about her love story in her blogspot :

October Together

Assalamualaikum wr.wb.
Alhamdulillah tanggal 18 oktober kemarin, tepat dua tahun sudah saya dan suami mengarungi bahtera rumah tangga. Masih seumur jagung memang :) tapi kami akan terus menjaga semangat kami untuk menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah. Aamiin.
Dua tahun pernikahan diberi langsugng dua jagoan yang lucu, lincah, dan menggemaskan kian harinya. Tentunya juga bikin kewalahan HAHA. saya mau Flash back kembali soal hijrah ikut suami ke tempatnya bertugas, di Jakarta. Awal November tahun lalu saya resmi di boyong ke Jakarta sama suami, dan bawa anak, juga dalam keadaan hamil anak kedua usianya masih 8 minggu sih. 
Namun tidak sampai beberapa bulan, dari November ke Februari saat usia kandungan saya memasuki terimester kedua, saya di serang flu berat dan batuk kering yang membuat saya lemah letih lesu lunglai, sementara saya harus tetap kuat dan sehat untuk menjaga abangZAM juga yang lagi lincah-lincahnya waktu itu di usianya yang ke 7 bulan, sudah mulai makan, jadi harus juga siap membuatkan makanannya yang gak boleh telat, memang ada sepupu saya yang membantu menjaga, tapi sayanya berat mengurus diri sendiri, jadinya suami berpikiran agar kami kembali dulu ke Makassar, di sana banyak yang rawat.

16 October 2015

Lasugi atau Wala Suji

Assalamualaikum, readers :)
Dalam rangka menyambut hari Anniversary pernikahan saya yang ke dua tahun, saya mau menuliskan kembali tentang proses "ribet" dan "seru"nya segala sesuatu persiapan menjelang hari pernikahan saya, hari dimana saya akan memasuki kehidupan baru. Excited dong? iya lah soalnya masih serasa gak percaya, akhirnya menikah!! atau menikah juga saya!! HAHAHA* dan yang paling penting adalah, alhamdulillah ada seseorang yang dengan jalan halal mempersunting saya menjadikan saya sebagai seorang istri. 

Beberapa hari saat masuk bulan Oktober, di sosmed saya sudah share kembali sih mengenai proses pembuatan undangan dan cerita dibalik design undangan saya, postingannya di sini nih :) selain itu ada juga saya menulis tentang adat mangerang undangan (adat membawa undangan).

Nah kali ini saya mau menuliskan yang kelupaan saya bahas, hehehe sudah lama saya mau bahas ini, tapi masih kurang bahan tulisnya, soalnya kalau saya wawancara ke para Datok saya, pakai bahasa mangkasarak jadi agak sulit saya tuang ke dalam EYD hahaha! tapi bersyukur kali ini sudah ada, karena bantuan dari beberapa teman-teman di group Anging Mammiri, blogger Makassar ^^

Bagi yang pernah menghadiri suatu hajatan pernikahan orang Makassar atau Bugis, pokoknya di Sulawesi gitu, pasti pernah liat suatu Baruga (gerbang) yang menjulang tinggi seperti bangunan mini di depan pintu masuk kediaman pengantin kan? nah gerbang ini dikenal dengan nama Lasugi (orang Gowa menyebutnya begitu) atau Wala Suji (Orang Bugis menyebutnya begitu). 

Lasugi ini terbuat dari anyaman bambu. 

Kenapa lasugi harus menggunakan pohon bambu? karena pohon bambu dipercaya memiliki makna filosofi. Pohon bambu adalah sejenis tumbuhan yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Ada satu sisi dari pohon bambu dapat dijadikan bahan pembelajaran bermakna, yakni pada saat proses pertumbuhannya. 

Pohon bambu ketika awal pertumbuhannya atau sebelum memunculkan tunas dan daunnya terlebih dahulu menyempurnakan struktur akarnya. Akar yang menunjang ke dasar bumi membuat bambu menjadi sebatang pohon yang sangat kuat, lentur, dan tidak patah sekalipun ditiup angin kencang. Lebih jauh memahami filosofi pohon bambu tersebut, dihrapkan sama dengan kehidupan sang pengantin nantinya.

Bagi masyarakat Bugis-Makassar, lasugi, dipakai sebagai acuan untuk mengukur tingkat kesempurnaan yang dimiliki seseorang. Kesempurnaan yang dimaksud itu adalah keberanian, kebangsawanan, kekayaan, dan ketampanan atau kecantikan.

14 October 2015

Ranch Adventure By Dancow Exelnutri+

Assalamualaikum wr.wb 
Salaam semua, mau cerita nih tentang keseruan event bersama Dancow kemarin. Beberapa minggu lalu saya dapat invitation dari komunitas blogger Anging Mammiri untuk bersedia hadir di event Ranch Adventure Ala cowboy yang diadakan tim Dancow. Sebelumnya saya sudah pernah blogwalking ke beberapa blogger yang menulis tentang serunya acara ini dan berharap bisa juga bawa abangZAM. Dan alhamdulillah akhirnya dapat email tentang acara ini. Emak blogger Anging Mammiri diundang, boleh bawa si kecil untuk bereksplorasi di peternakan yang Dancow buat di Trans Mall Makassar. Ini merupakan wahana peternakan yang pertamakali, sekaligus yang terbesar di Makassar loh. 

Jadi hari itu, Sabtu 10 Oktober kemarin, saya ke Trans dengan membawa abangZAM dong tentunya, soalnya sudah kebayang gimana excitednya abangZAM. Secara dia suka sekali main diluar, medannya tanah, bebatuan, rerumputan, air, dan element alam lainnya hahahaha. Di undangan khusus blogger, ada acara press conference for Media dan Blogger lebih dulu yang digelar di X.O suki, tempatnya agak jauh dari panggung dan wahana peternakan. Saat tiba di Trans, saya menitip abangZAM di wahana peternakan duluan, sambil menunggu saya ikut press conference dari Dancow, yang ternyata sembari mengadakan Talkshow parenting tentang tumbuh kembang anak. Saya datang terlambat (Lagi!*) jadi melewatkan satu pembahasan dari pakar tumbuh kembang anak. 

12 October 2015

Keseruan Obrolan Mama-Mama

Assalamualaikum wr.wb
Beberapa hari setelah tiba di Makassar, saya langsung diajak meetup dengan kak Ery, emak blogger yang sekarang punya EO education playing craft untuk anak-anak. Karena memang ada waktu senggang, saya berkesempatan datang, di path sudah janjian juga dengan kak Lina dan Kak Ama, teman yang saya kenal di group Kompakers Makassar waktu itu. 
Ini bukan pertamakali ketemuan sama mereka, kami sudah pernah jumpa pandangan pertama saat meetup bareng Kompakers Makassar itu, tapi ini baru pertamakalinya kita ngobrol seolah sudah kenal lama dan akrab sekali, ihihiw padahal keseharian biasanya cuma berjumpa di timeline path. Dan ketemu di Kompakers cuma say hai, trus duduk masing-masing.

07 October 2015

Workshop Blogging by Indonesian Hijab Blogger

Assalamualaikum,wr.wb
Bulan lalu di instagram @IHBlogger ada postingan yang nanya kalau seandainya IHB ngadain workshop bagusnya tentang apa dan siapa blogger yang pengen didatangkan untuk mengisi workshop tersebut? saya ikut nimbrung bilang tentang design, photo, atau layout gitu dong dan pengen banget kalau yang hadir tuh mbak Fifi Alvianto. Blogger idola saya yang udah sejak 2006 ngeblog dan saya ngefans sama hasil design graphicnya. Secara mbak Fifi juga founder majalah Laiqa. Lihat kan majalah laiqa designnya kece badai berkat sentuhan tangan mbak fifi di software editing graohic design. Dan pada akhirnya beberapa minggu lalu ada infonya tentang workshop ihb blogging part 1 yang speakernya tuh mbak Fifi alvianto. Yeaaaaaaaay!!! saya langsung daftar segera. 

Sebenarnya saya terancam gak bisa datang ke event ini karena mau balik Makassar dulu, tapi untunglah adik saya mau aja nungguin saya barengan ke Makassar nanti tanggal 4 nya karena tanggal 3 saya mau hadir dulu di acara yang saya tungguin banget ini hihihiw. Perjalanan dari Pondok bambu ke Menteng Square di bilangan Matraman ini memakan waktu kurang lebih satu jam. Suami sempat bete karena gak nemu jalan masuk, ada tanda larang mutar, belum tau musti mutar dimana, jadi bolak-balik dulu, baru setelah bertanya ternyata ada jalan lewat situ dulu baru bisa langsung mutar, masuk deh ke Menteng Square hihihi. Akhirnya sampe meski telat setengah jam. 
Pas masuk ke Nutrifood Inspiring Centre (yang letaknya dalam Menteng Square tower A) saya disapa sama beberapa tim IHB dilantai bawah, mereka langsung meminta saya mengisi daftar hadir lalu mempersilahkan ambil minum, HiLo Soleha rasa coklat dan langsung naik ke lantai dua