28 April 2015

Bisa Memimpin Karena Terbantu Oleh Layanan Operator Efisien

Yang namanya pemimpin, dibenak kita pasti terlintas sosok lelaki. Jarang ada yang langsung membayangkan sosok perempuan. Memang sih lumrahnya lelaki memimpin perempuan. Tapi kalau dalam suatu komunitas yang anggotanya hanya khusus perempuan, jelaslah ketuanya atau pemimpinnya perempuan juga :)  saya pernah diamanahkan untuk mengetuai sebuah komunitas. FM3 (Fotografer dan Model Muslimah Makassar) namanya.

Karena seorang ketua komunitas bertugas menggerakkan anggota-anggotanya, maka sudah barang tentu saya harus memiliki kriteria dan sikap yang lebih dari anggota-anggota lainnya. nah kriteria ketua komunitas yang khusus perempuan ini bagaimana? yang utamanya haruslah yang "Lincah" dan punya banyak "Koneksi".

Namanya juga ketua harus berada di depan untuk menangkap semua informasi yang masuk. Berkomunitas tidak hanya duduk ngumpul bersama orang yang memiliki hoby yang sama kan? harus ada inovasi yang menggerakkan bahwa komunitas tersebut layak dan bermanfaat bagi masyarakat. Salah satu kontent tugas pentingnya adalah Publikasi dan Komunikasi.

Komunitas yang saya pimpin ini kadang menuai anggapan "dianggap enteng" oleh beberapa komunitas lain yang anggotanya bercampur dengan lelaki. Ada beberapa yang bilang , "Bisa apa aja sih mereka, cewek semua?" maka dengan ini saya akan membuat satu pembuktian bahwa komunitas yang saya pimpin ini bisa selangkah lebih maju daripada komunitas lain yang anggotanya kebanyakan lelaki.

Sudah sejak tahun 2011 saya mepimpin komunitas tersebut, hingga kini komunitas itu masih dengan ke eksistensiannya membuat sebuah event yang bertajuk edukasi, hiburan, dan sosial. Semua karena apa? karena itu tadi, Koneksi harus bagus ke masyarakat. Layanan komunikasi ke masyarakat harus aktif.

Jaman sekarang yang dimaksud komunikasi tidak perlu turun ke jalan menghadiri suatu pertemuan atau bertatapan langsung untuk menyampaikan apa yang ingin disampaikan. Sekarang lebih efisien pola komunikasi virtual dong lewat sosial media. Sejak dulu saya termasuk orang yang aktif di sosial media, terhubung dengan banyak orang, sekota atau tidak, senegara atau tidak. Semua itu tidak akan seberhasil sekarang mendirikan komunitas tanpa konek ke sosial media. Dan yang membuat semuanya jadi lancar adalah adanya .........................
yuuupp ... karena sekarang ada XL Unlimited , saya sudah menemukan tarif layanan operator yang pas untuk saya dan anggota-anggota komunitas, serta masyarakat lain yang tertarik terhadap visi misi komunitas kami. Dengan penemuan inilah saya membuktikan, bahwa perempuan juga bisa memimpin, membawa sebuah komunitas berada di depan, setingkat, sederajat kualitasnya dengan komunitas lain yang pemimpinnya lelaki.

XL Axiata sebagai salah satu penyedia jasa layanan selular terbesar di Indonesia juga turut ambil bagian dalam proses penyiapan pemimpin masa depan ini. 

Tahun 2015 adalah angkatan keempat pelaksanaan XL Future Leaders, sebuah program dari XL Axiata yang mengkhususkan pada penyiapan anak-anak muda terbaik negeri ini untuk menjadi pemimpin masa depan.

Tiga pilar utama yang disusung XL Future Leaders adalah; komunikasi efektif sebagai kunci calon pemimpin untuk menyampaikan pendapat dan bernegoisasi, Jiwa Kewirausahaan dan Inovasi termasuk kepekaan dalam melihat peluang yang akan mengantar pada keuntungan ekonomis; serta Kemampuan Mengelola Perubahan yang di antaranya mampu beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi dan menjadikan hal ini sebagai peluang emas untuk dimanfaatkan. (dikutip dari website resmi XL Axiata)

foto by me : event launching hotrood XL 2012 @benteng rotterdam


 Internet bersama XL mempunyai beberapa dampak positif terhadap saya, yaitu:
  • Sebagai media komunikasi, saya bisa berkomunikasi dengan teman-teman yang lainnya yang mempunyai minat yang sama terhadap visi misi komunitas yang saya bangun. Tentunya untuk meraup anggota-anggota dan menjalin kerjasama.
  • Sebagai media pertukaran data, saya bisa saling bertukar informasi dengan waktu yang cepat. Bisa menemukan beberapa sponsor untuk pelaksanaan event komunitas. Oh iya dan PT. XL axiata Tbk juga sudah beberapakali menjadi sponsor event komunitas kami.
  • Sebagai penambah wawasan dan pengetahuan, saya dapat mengambil banyak informasi mengenai pelajaran dan tidak didapatkan di sekolah atau dikampus, di komunitas banyak sekali yang lebih muda dari saya, nah saya sebagai yang tertua tentu harus bisa juga mengedukasi adik-adik :)
  • Sebagai bisnis, misalnya bekerjasama dengan beberapa Perusahaan yang ada kaitannya dengan visi misi komunitas, sehingga dapat menjadikan sumber pendapatan. 
Beruntung sekali yaa,, komunitas saya eksis karena XL axiata :) 
Postingan ini dalam rangka mengikuti lomba menulis untuk wartawan dan blogger dari XL Axiata khusus untuk regional Makassar


26 April 2015

Siapakah Wanita Yang Tercantik di Dunia ?


Masih ingatkah kisah Penyihir Jahat dalam cerita Snow With? Penyihir bertubuh ramping, berbibir tipis dengan jemari yang sangat lentik dan berkuku tajam? Dengan hidungnya yang terlalu mancung, membuatnya menjadi bukan hanya cantik tetapi sekaligus menyeramkan, dan berkali kali dia bertanya kepada cermin, ”Wahai cermin, cerminku yang ajaib. Siapakah wanita tercantik di dunia ini?” Jawab cermin yang agak ketakutan, ”Dulu memang kamu, tapi sekarang ssssssnooww white hffhhhp..... Desis cermin khawatir dirinya pecah terkena pukulan Si Penyihir Jahat.

Dan ketika melihat bedanya Snow White dangan Si Penyihir, sejenak kita akan melihat perbedaan dan kemudian menyetujui bahwa si cermin benar. Bahwa Snow White lebih cantik dari Sang Penyihir.
tetapi bukanlah yang tercantik di dunia ini!
Lalu, siapakah wanita tercantik di dunia ini? Jawabannya tergantung pada bagaimana media menampilkan sosok wanita dalam berbagai tampilan.

Hampir semua orang di dunia ini sepakat bahwa wanita tercantik adalah wanita yang memiliki tubuh ramping, pinggang kecil, betis membujur, rambut panjang dan pirang, kulit putih, bibir kecil dan penuh, hidung mancung, dan mata berbinar.

Subhanallah bila melihat bagaimana kita di Indonesia dengan kulit sawo matang yang ada dimana mana, dan hampir bisa dipastikan bahwa sebagai wanita berkulit sawo matang, akan mengundurkan diri dari balik cermin Si Penyihir. (huahahaha,,heheheheheh *___*) Kita (kita? aku aja kali yah hehehe...) tidak akan masuk kriteria wanita tercantik itu. 

Kemudian kita menggunakan cream pemutih wajah, jamu peramping perut dan conditioner herbal penumbuh rambut agar panjang dan ikal. Ini semua menjadikan wanita menjadi tidak percaya diri terhadap inner beauty yang telah ALLAH berikan padanya sejak lahir, dan akan menunjukkan auranya ketika sudah mencapai akil baligh.

Sekarang kalau ditanya siapakah wanita yang tercantik atau dianggap cantik di muka bumi ini? Maka persepsi yang ditanamkan media, dengan dipelopori dunia barat, segera menunjuk gadis berkulit putih yang tinggi semampai, dan rambut pirang kecoklatan, berbaju sexy terbuka, memperlihatkan aurat yang harusnya ditutupi dan menjadikan semua terbuka agar semakin nampak kecantikannya. coba saja buka google dan ketik research "wanita cantik" coba...

Apabila telah terpilih sebagai wanita tercantik di seluruh dunia, maka semua wanita akan berlomba untuk mengikuti gaya dan penampilan sang wanita tercantik di seluruh dunia ini.

Bila kondisi si wanita tidak memiliki kulit putih, tidak bertubuh ramping dan tidak berambut panjang, maka dengan wajah malu dan rupa minder sang wanita beranjak ke belakang dan merasa dirinya buruk. Masya ALLAH, padahal sudah jelas dalam Al-Qur’an dikatakan bahwa ALLaH menciptakan manusia dengan sebaik baik bentuk : “Laqod kholaqnal insaana fii ahsani taqwiim” artinya : "Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya." ( Qs. 95 : 4 ). 

Siapakah yang membuat standar penilaian terhadap ciptaan ALLaH yang Maha Kuasa? Wahai para wanita percayalah bahwa wanita tercantik adalah wanita yang mampu memahami bahwa dia diciptakan dengan sebaik baik bentuk dan dia diciptakan adalah untuk beribadah: “wa maa kholaqtuljinna wal insa illa liya’buduun” artinya : "Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku." (Qs. 51 : 56). 

Wassalam ^^


25 April 2015

Tindakan Seorang Mama saat Bayi Sakit

Assalamualaikum wr.wb. beberapa hari lalu sempat cerita tentang abangZAM yang lagi sakit, dan galaunya saya sebagai seorang mama yang belum tau banyak apa-apa tentang perawatan kesehatan anak. bawaannya selalu ke Dokter, sakit dikit, ke Dokter... huhuhu karena kurangnya pengetahuan. tapi alhamdulillah sekarang abangZAM sudah sehat kembali. dan akibat seringnya saya bertanya-tanya kesana kemari dengan para ibu lain yang pernah mengalami hal yang sama, pun juga berkunjung ke blog beberapa ibu, kini saya jadi dapat lagi pelajaran, pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana cara atau "action" sebagai seorang ibu kalau anak lagi sakit.

24 April 2015

Cafe Makassar : Panbakers

Jadi ceritanya di Makasaar  belum lama ini ada cafe baru di pinggir jalan pettarani. Satu lokasi sama gedung perbelanjaan furniture, Ace Informa. Namanya Panbaker's cafe dengan slogan "casual dining" setelah ramai di dunia per-Path-an checkin2an temen dan post foto dengan baground suasana cafe, saya jadi penasaran. Ada cafe baru lagi deh di Makassar. Hihihih hampir tiap tahun pasti ada beberapa cafe dan tempat nongkrong baru yang muncul di maps checkin-an path dan orang2 makassar pada kepo dan sedikit penasaran (latah) gitu ingin jg mencoba berfoto, checkin di tempat nongkrong baru itu. 
Nah baru kemarin saya kunjungi cafe panbakers ini. Sudah lama pengen kesini karena rasa penasaran itu. Dan akhirnya kemarin kesempatannya. Janjian meetup nongki syantiek sama chintasih. Siang kami kesana, jadi tidak terlalu ramai. Katanya kalau menjelang sore ramai sekali sampai harus menunggu temat duduk. Apalagi malam mungkin ya. Hhe... seeprti cafe2 pada umumnya, pengunjung disambut dipintu dan ditanyai "kursi berapa orang?" Dan setelahnya dibukakan pintu kemudian witers teriak "guest coomiinggggg..., selamat siang panbakers" hihi
Panbakers ini ada 2 lokasi juga ada outdoor dan indoor area outdoor untuk pengunjung yang merokok. Didalam, kursi dan mejanya dibagi 3 jenis.. kursi kayu meja untuk 4 orang maksimal dan kursi meja memanjang untuk belasan orang. Serta sofa-sofa dipinggir jendela. Saya duduk di kursi yang untuk 4 orang. Mejanya unik ditengahnya tegel bermotif.
saya lupa memfoto bentuk buku menunya yang lucu. Bentuk talenan hehe. Pilihan menu ada beragam. Western food, pizza, asianfood, desert, dan aneka juice. Siang itu saya memesan fettuchine , western food dan chinta memesan asian food, mie goreng. Soal harga rate untuk makannya dimulai dari 35K untuk makanan piringan. Sedangkan pizza dan steacknya mulai dari 50K sampai 95K . Minuman dan aneka juicenya, mulai dari ice tea seharga 20K hinggal 35K untuk aneka juice dan milkshake. Perbandingan harga, rasa, dan Porsi...?  Berbanding lurus kok :) jadi gak merasa rugi kok kita nongkrong dan makan disini. Hehehe.

23 April 2015

AbangZAM Sakit & Terapi Uap Baby

Assalamualaikum wr.wb
kemarin-kemarin galau karena abangZAM tiba-tiba demam hiks. waktu hari Jumat sore kemarin badannya agak hangat, padahal seharian baik-baik aja, kemudian demamnya naik 38 derajat saat malam hari. besok paginya malah gak mau makan, minum susu dan badannya lemes, biasanya kalau pagi sudah teriak-teriak, loncat, meluncur di baby walkernya, tapi kali itu abang cuma minta digendong aja sambil merebahkan kepalanya di bahuku.. huhuhu sedih liat mimik wajah lemasnya. namanya seorang ibu ya punya pikiran macam-macam. tapi saya ingat kembali kata-kata teman saya yang situasi dan kondisi saya dengan dia mirip. hamil lagi saat baby lagi butuh-butuhnya perhatian. dia bilang ......

"Kita harus punya pikiran kalau anak lagi sakit ya karena memang lagi sakit... Bukan karena mitos mau punya adik!"

jaman orangtua sering bilang begitu, anak pertama kalau mamanya cepat hamil lagi, dia akan sering sakit dan keseringan rewel, tapi saya selalu menepisnya dengan memperhatikan perkembangan abangZAM bulan demi bulan. aktif, ceria, dan alhamdulillah sehat-sehat. kadang saya suka marah atau ngambek kalau ada yang bilang "Kasihan..." ke abangZAM. (kasian cepet jd kakak katanya, hih! trus kenappaa??!) 
lanjut,,.. saya mensugestikan diri kalau abang ini anaknya kuat, paling besok sudah agak baikan, jadi saya cuma menggosokkan minyak telon yang sudah dicampur bawang merah ke badannya. tapi sudah lewat sehari abang masih juga lemes dan loyo pun tidak mau makan, rewel kalau disuap, minum susu juga cuma ngedot sekali, setelah itu botol susunya di dorong, sambil terus rewel. mungkin abang mencari posisi rebah, bangun, duduk yang bakalan bikin perasaannya enakan tapi tidak dapat :(( jadilah sama Datoknya (kakeknya) dibawa ke dokter anak, dr. Idham Jaya, S.Pa di tempat praktek yang beralamat jl.Tamalate Raya.

sampai disana, abang diperika, jelaslah badannya turun banyak, jadi sisa 8,1Kg dan diagnosa dokter abang kena radang tenggorokan >_< lagiiiii !! sampai Neneknya agak marah sih "Kenapa radang lagi sih?" saya coba menjelaskan kalau kata dokter penyebab radang ya ketularan dari orang-orang sekitar, pengaruh cuaca, dan penyebab lainnya. Neneknya tetap manyun. jadi mau tidak mau untuk meredakan radangnya ya terpaksa masuk lagi antibiotik. keesokan harinya, Sabtu pagi abangZAM sudah tidak demam, tapi masih loyo dan mulai lah dia Batuk dan beringus. makannya sudah lumayan mau, tapi tidurnya 'seng' yang terganggu karena batuknya yang keterusan. sampai Hari Minggu. akhirnya saya memilih untuk segera membawa abangZAM ke RS Siloam, yang dari hasil hunting tanya-tanya teman se-ibu-an katanya disana ada dokter anak yang bagus. dr. Bob dan dr.Fonny.
Senin pagi saya langsung ke RS Siloam, sedang abang digendong masih sambil batuk-batuk terus yang bikin dia kelihatan tersiksa, nafasnya tidak teratur. mendaftar untuk dr.Bob tapi katanya beliau lagi cuti, yang ada dr.Fonny. nah jadilah saya memeriksakan abang ke dr.Fonny (yang sudah direkomendasikan teman-teman, katanya bagus*) awal masuk keruangan, beliau sangat ramah menyapa dengan bahasa logat makassar, "haloo, zydan,.. kenapa? loyo-nya kodong...sini nak,"

21 April 2015

KEB Kartinian : Tentang Mertuaku

Assalamualaikum wr.wb.

Tentang mertua ya... saya senang sekali kalau diajak bercerita tentang mertua saya... Lebih enak sih berbicara langsung memperkenalkan mertua saya tapi akan saya coba menuliskannya. saya sudah pernah memang sebelumnya menulis tentang mertua saya disini.  Tapi karena sedang ikut posting serentak KEB yang temanya tentang Kartinian jadi gak apa-apa nulis lagi. lagipula saya memang belum banyak menuliskan tentang beliau. awal berjumpa dengan beliau adalah saat beliau berkunjung ke rumah dalam rangka silaturrahim perkenalan dua buah keluarga. secara casual sih belum secara resmi. walaupun saat itu saya sudah dianggap sebagai "calon menantu"nya (iya kah? iya ya? hhihih) beliau datang bersama kakak ipar saya dan sanak keluarga lain, datang jauh dari kota Pare-pare yang memakan waktu tempuh perjalanan sekitar 3jam lamanya ke Gowa, rumah saya. pertamakali melihat sosok beliau dalam hati bilang "gak mirip sama kak Man..." heheh beliau cantik dan memancaran wajah bersahaja. sosoknya tampak kuat meski usianya sudah jauh lebih tua dari papa dan ummi saya. pembawaannya sopan dan juga sombere' (mudah akrab dengan siapa saja*) saat makan siang bersama, kami membahasa banyak hal, dari makanan sampai hal hal keseharian. dengan malu-malu saya berusaha menjawab semua pertanyaannya. walaupun pertanyaan ringan tapi saat itu saya sangat takut sekali salah ngomong hahaha. (jaga image gitu :p) kalau dalam formalitasnya kunjungan beliau hari itu adalah untuk bertanya kesediaan keluarga saya menerima keluarga mereka, dan jawaban juga diberikan langsung saat itu :) Saya tidak tau bagaimana kesan pertama "Mama Aji" (mertuaku) terhadap saya. yang jelas.... ikatan perasaan cinta mulai kubalur sejak pertama jumpa dengan beliau, kuikat benang merah tanda sayang kepada beliau sejak pertamakali beliau menginjakkan kaki di pintu rumah, sebagai calon Ibu mertuaku. dan dengan bismillah dan penuh pengaharapan agar Allah bisa kembali mempertemukan kami sebagai SATU keluarga.

19 April 2015

Parenting Talkshow : Tidak Ada Alasan Untuk Tidak Menyusui

Asslamualaikum wr.wb
Sejak jadi seorang ibu saya lebih sering meminati acara-acara parenting, minimal ikut seminarnya. tapi di Makassar tuh ya jarang sekali aada acara parenting. nah minggu lalu saya sempat di tag sama teman tentang acara seminar parenting tapi sayang sekali saya melewatkannya karena berhalangan hadir. sedihnya... =(( padahal tajuk acaranya bagus. Dan kemudian beberapa hari lalu saya dapat broadcast BBM dari Mom n Jo Spa Baby Makassae tentang "Parenting Talkshow" dengan tema "Persiapan Sejak Dini dalam memberikan ASI eksklusif untuk Bayi 0-6 bulan dan memperkenalkan MPASI bagi sikecil pada Usia 6 bulan" langsunggg saya dafffftarrrrrr... sudah lama sekali pengen ikut seminar yang bahas-bahas tentang ASI, saya pernah bertanya-tanya ke beberapa member AIMI Sul-Sel kapan ada acaranya tapi sayangnya belum ada. sebab anak pertama saya "Kalah" dalam memberikan ASI eksklusif untuk AbangZAM =(( nah makanya kehamilan kedua ini pengen mempersiapkan bahan juangnya.

Rupanya acara ini diselenggarakan oleh Mothercare dan ELC (Early Learning Center) juga loh yang ternyata merupakan agenda hari kedua setelah kemarin di acara Makan siang bersama Media dan Blogger dalam mempersentasekan Brand baru. yang bekerjasama dengan RS AwalBross Makassar, Urbanmama, dan Mom n Jo. tapi saya sudah reservasi duluan lewat Mom n Jo via BBM. 

jadi Sabtu kemarin, 18 April saya datang (tapi telat* ratu ngaret memang) acara dimulai jam 10.00 wita tapi saya tiba disana jam 11.30 wita >,< padahal durasi cuma 2 jam. jadi setelah registrasi di Ruang Auditorium lantai 9 RS AwalBross, dikasih goodie bag dan kotak breakfast, diprsilahkan masuk dan sampai didalam saya mendapati Dokter Spesialis anak, Dokter Fith Dahlan sedang menjelaskan tentang Posisi saat menyusui yang benar. untunglah dalam goodie bag ada modul fotocopyan tentang apa yang dr. Fith Dahlan, SpA bahas dan jelaskan di pagi hari itu.
berikut yang menjadi pembahasan dr. Fith :

18 April 2015

Blogger Luncheon Mothercare & Early Learning Center (ELC)

Assalamualaikum wr.wb
postingan kali ini mau coba mereportase kegiatan pertama saya sebagai anggota dari Kumpulan Emak Blogger di Makassar. saya mendaftarkan blog saya belum lama di KEB, ceritanya member baru heheh kurang lebih 2 atau 3 bulan lalu. kemudian nyemplung di forum Group Facebook KEB. sering buka timeline group ini karena membernya semua termasuk aktif menshare link blog masing-masing yang dimana dalam isi blog mereka banyaaaak skali informasi yang bisa kita dapatkan :) khususnya para ibu-ibu rumahtangga (ya namanya saja Kumpulan Emak Blogger) hehe. nah kemudian beberapa hari lalu ada undangan event untuk KEB yang berada di Makassar.
alhamdulillah tidak halangan untuk meng-agendakan undangan ini, jadilah hari Jumat kemarin saya menghadiri Acara tersebut. 
Ada goodie map yang dibagikan saat melakukan registrasi. setiba disana, saya juga berjumpa dengan teman KEB makassar yang lain yang sudah di list untuk hadir, dan beberapa teman media yang saya kenal (lebih tepatnya sih mantan teman-teman se profesi dulu*hehe) saat dipersilahkan duduk, Member KEB sempat disapa oleh tim pelaksana langsung yang juga adalah Direktur Marketing dan Komunikasi dari Kanmo retail group, Ibu Bertha. Beliau bertanya sedikit mengenai Kumpulan Emak Blogger di Makassar, kegiatannya apa saja dan juga tentang konten isi blog kami masing-masing. Beliau sangat ramah dan pembawaannya santai :) 
mak +Vita Masli  , mak +Aida Al Fath , mak +dweedy ananta , Mak +Mugniar Marakarma 

14 April 2015

Berani Lebih Mandiri Sebagai Ibu Hamil

Assalamualaikum wr.wb.
sejak duduk di bangku kuliah, menjadi mahasiswa, saya tinggal terpisah dengan orangtua. Yah meski tidak jauh-jauh amat antara Makassar dan Gowa, tiap weekend atau libur kuliah cuma makan waktu satu jam. kalau weekend atau libur kuliah, balik lagi ke rumah orangtua. Berbeda memang dengan teman yang datang dari daerah, nge kost dan merantau untuk kuliah. Tingkat mandirinya berbeda mungkin ya. Heheh...  Tapi berawal dari situlah saya jadi belajar mandiri. 

Setelah lulus kuliah, kemudian bekerja, hingga akhirnya saya pun menikah, masih harus dituntut oleh keadaan untuk tetap mandiri loh... pasalnya apa? Saya dan suami LDM (Long Distance Marriage) suami tugas di Jakarta. Belum langsung ikut suami karena waktu itu masih proses kontrak kerja sebelum resign.

konsep mandiri yang saya ketahui dasarnya adalah tidak bergantung pada oranglain. Memang sih sebagai manusia kita ini adalah makhluk sosial.. tidak bisa sendiri. Pasti membutuhkan oranglain. 

Apalagi untuk seorang wanita yang notabenenya paling banyak membutuhkan bantuan atau kehadiran oranglain di sekitarnya. Entah itu dalam hal bekerja, belajar, dan hal lainnya. Wanita sering dianggap makhluk yang lemah sehingga mind set orang kebanyakan menganggap bahwa wanita itu tidak bisa melakukan sesuatu pekerjaan atau urusan sendirian. Dikiranya selalu akan membutuhkan bantuan dan paling parahnya sampai dibilang makhluk paling menyusahkan. 

Waktu berlalu, sebulan setelah saya menikah, alhamdulillah langsung diberi amanah untuk jadi Ibu hamil. yah meski karena LDM dengan suami, saya masih tinggal dengan orangtua jadinya. Tapi bukan berarti saya harus jadi putri manja yang diam dirumah dan menyerahkan semua urusan ke orang rumah. Apa mentang-mentang kita hamil jadi enteng untuk bermanja-manja...? no.. No..no.. heheh saya harus kian mandiri. Justru disinilah kemandirian yang saya bangun dan saya pelajari sejak dulu, diuji. 

Kan justru Saya harus dong #BeraniLebih mandiri meski berpredikat sebagai Ibu Hamil. sedih atau bahagia? saya malah bahagia loh... Memang sih pada awal kehamilan, metabolisme tubuh melemah jadi belum bisa fight sendirian pastilah meminta bantuan keluarga. Setelah masa hamil muda lewat (masa ngidam*) saya tak lagi memita bantuan keluarga untuk mengantar kemana-mana, maklum saya masih sering aktif beraktifitas di berbagai kegiatan komunitas meski lg hamil hehehe. Tidak enak juga kalau terlalu sering meminta tolong oranglain untuk jadi sopir, tidak enak memerintah kesini kesitu. Akhirnya pun saya #BeraniLebih sendirian mengurus kegiatan saya selama hamil

Kalau masih merasa bisa sendiri, kenapa harus merepotkan oranglain kan? Hehe banyak yang bilang saya #beraniLebih sekaliiii... nyetir dalam keadaan hamil apa tidak takut kehamilannya terganggu? InsyaAllah tidak, asalkan kita tau kiat-kiat dan tips triknya hehehe tentu saja juga harus rajin mengecek kesehatan. Kalau merasa sedang tidak sanggup menyetir ya jangan menyetir. Begitupun sebaliknya. 

Ibu hamil aktif, janin didalam juga akan aktif namun memang harus ingat kesehatan jangan sampai kecapekan.  Ada juga yg bertanya apa tipsnya sampai meski usia kandungan sudah tergolong hamil besar tp masih bisa #beraniLebih mengurus-ngurus kelengkapan pralahiran seperti hunting Rumah sakit bersalin, mengantri untuk mengurus berkas kesehatan dan lain sebagainya? Saya bilang itulah namanya "the power of women" , "Light of Women" :) tips utamanya hanyalah niat, berniat mandiri. kemudian berdoa lalu biarkan Allah mampukan kita. wassalam :)

Line id : zilqiahangraini
instagram : @Qiahre


Tulisan ini disertakan untuk Kompetisi Tulisan Pendek LIGHT OF WOMAN

12 April 2015

Hijabsist Arisan, Creamy April

Assalamualaikum wr.wb
minggu kemarin berkesempatan lg hadir arisan hijabsist. Bulan ini drrsscode bulan ini "creamy" ditentukan sama irien. Tempatnya di Lopi Cafe jl bougenville (depan Hotel Amaris) hasil berembuk di line group. Biasanya saya datang kadang telat-telat dikit atau ngaret setengah jam hihihi tapi kali ini saya malah datang pertama loh dan alhasil menunggu satu jam lamanya -_-" kecepetan? tidak juga. Malah ontime loh.. jam 14.00 wita sudah di lokasi ihihi (sebenarnya juga ada arisan lain yg lebih dulu jamnya*) lalu teman yg lain blum datang karena menunggu hujan reda, ya minggu kemarin memang hujan deras di wilayah makassar tertentu, sebagian lagi ada yang hanya mendung gerimis.
 tapi baguslah waktu menunggu itu saya jadi bisa mereview sedikit tentang cafe LOPI ini yang baru dibuka sekitar 2 bulanan lalu. awalnya liat di instagram @lopi_cafe saya mengira cafe ini luas dan lebar, tapi ternyata setelah datang berkunjung sangkaan saya itu salah. tempat lopi cafe ini sempit. bentuk ukurannya square jarak meja satu dengan meja lain saling mepet2an. tapi untuk soal props dan interiornya, keren loh... interior meja dan kursinya unik, ada banyak aneka pillow talks dan walldecor dari bahan kayu yang membuat cafe ini jadi kelihatan temanya vintage dan retro. susahnya kesini tuh sama dengan susahnya ke beberapa cafe lain, yaitu PARKIRAN. kalau mau kesini sebaiknya tidak usah bawa mobil, kalau beruntung bisa dapat parkir langsung didepannya kalau tidak, musti jalan jauh markirnya atau mutar parkir diseberang. cafe ini ternyata satu gedung dengan sebuah penginapan "homestay" di lantai dua nya. unik ya digabung begitu. 

11 April 2015

My 2nd Giveaway Header Blog

Assalamualaikum
haloo... halooo.. para blogger, semoga weekend ini kita ceria ceria dan bahagia serta yang paling penting itu sehat selalu. aamiin. dikabarkan nih saya buka lagi untuk kedua kalinya free gift design header blog untuk para blogger yang beruntung heheh. beberapa waktu yang lalu di giveaway header blog pertama, ada beberapa yang meminta saya untuk membuatkan tutorial bikin header, tapi sayang belum sempat-sempat kesampaian inih. namun alhamdulillah kini diberi kesempatan langsung untuk memberi giveaway yang kedua kalinya.
syarat dan ketentuan-nya gak berat loh ehhe, cuma cukup follow aja blog ini dengan meng klik "join this site"-nya lalu comment tentang tanggapan kalian ttg blog saya di kolom komentar postingan ini, lalu sertakan juga email kalian ya. itu aja .... hehehe dan 10 blogger yang beruntung akan saya buatkan header sesuai requestannya. untuk info selanjutnya tinggal email saya di zilqiahkiya@gmail.com
ditunggu sampai dua hari setelah postingan ini yakk,, 13 april ^^
keep calm and keep blogging :D

10 April 2015

8 Bulan BabyZAM & 32W Kehamilan Kedua

Assalamualaikum wr.wb 
alhamdulillah usia kandungan saya sudah memasuki terimester tiga. Seperti pada umumnya ibu hamil yang sudah terimester tiga, merasakan yang namanya ngilu dan nyeri punggung ya hihihi soalnya sudah berat babybung nya dibawa jalan. 

Tiap malam juga harus bangun tidur bangun tidur karena pengen pipis terus akibat janin didalam menindih kantung kemih. Meski bukan hamil pertamakali tapi tetap saja selalu ada suprise dan keadaan yang berbeda yang saya rasakan. Masuk ke usia 32 minggu waktu hamil pertama, babyZAM belum masuk panggul jadi belum merasakan nyeri punggung dan masih bisa eksis kemana-mana jalan kiri kanan (dokter memang menganjurkan, katanya biar babyZAM segera masuk panggul) bahkan sampai babyZAM masuk panggung di usia 37 minggu, masih tidak begitu terasa nyerinya.

nah tapi kehamilan kedua ini, suatu malam ketika sedang terlelap tidur saya merasakan seluruh badan saya ngilu dan perut keram, sakit tembus ke belakang..berlangsung selama lima menitan sepertinya. Katanya itu petanda kalau janin sudah memposisikan dirinya sendiri ke panggul. Jadi besok paginya saat bangun.. selangkangan nyeri sekali badan tidak bisa tegak, kalau mau jalan susah.. hihihi jadi bawaannya mau rebahan saja terus. Kalaupun rebahan cari posisinya juga susah..yang nyamannya gimana, kadang musti bolak balik.

konsultasi ke dokter terkahir memang dianjurkan konsumsi vitamin untuk kalsium, tapi terus terang frekuensi mengkonsumsi vitamin tambahan selain untuk janin, saya suka pelupa. Yang saya rutinkan hanya vitamin nutrisi janin dan obat penambah darah saja. Kalau dikasih pil atau tablet tambahan (untuk kalsium) saya suka abaikan '_' ya mungkin akibatnya begini deh. suka nyeri dan pegel. apalagi kalau sholat dan pas bangun dari sujud. 

jujur, kehamilan kedua ini rasanya berat. di terimester awal morningsick saya agak lebih lama, sampai 4 bulan masih sering mual dan muntah, masuk terimester dua malah kena pilek dan batuk "seratus hari" batuk yang kalau batuk bikin seluruh perut rasanya ketarik, keram dan ngilu. apalagi mungkin karena sambil saya menjaga dan merawat anak pertama saya yang usianya masih hitungan bulan. babyZAM yang tumbuh kembangnya bulan ke bulan saya rawat dan jaga dalam keadaan hami. saya dinyatakan positif hamil saat usia babyZAM masih dua bulan (kandungan saya sudah 4 minggu) sedih ? iya. shock? apalagi! saya sempat menuliskan curhatan saya soal kehamilan jarak dekat. yaaahh ada intinya semua harus di terima, di syukuri dan dijalani. sempat sih menyalahkan diri kenapa nggak langsung KB? tapi toh kehendak Allah siapa yang tau. ini rejeki!
namun sebenarnya saya tidak bisa menampik kalau saya sedang galau dan seperti parno. semalam saya searching-searching artikel tentang bagaimana kiat-kiat olahraganya atau tips terapinya agar proses lahiran anak kedua dilancarkan, terkhusus untuk kehamilan jarak dekat. yang saya dapat malah bacaan-bacaan dan informasi yang bikin khawatir sampai tambah susah tidur. semuanya artikel bilang, kehamilan jarak dekat BERESIKO ini itu, antaranya, kelahiran prematur, anak lahir dengan berat badan rendah, anak kekurangan gizi seimbang karena plasenta pengantar makanan dari ibu belum pulih betul pasca melahirkan, parahnya ada yang bilang anak akan cenderung Autis. hiks.. ada yang saya baca sepintas2, karena tidak sanggup melanjutkan lagi. sempat saya meredam wajah kebantal, tak sadar airmata jatuh menetes. dalam hari segera berdzikir. kemudia jemariku mengelus perutku, mencoba menyapa babydede didalam yang masih aktif bergerak. berharap semua nanti akan baik-baik saja. 
alhamdulillah, disamping artikel menyeramkan itu, saya juga dapat coment-comment yang menyemangati yang membuat sedikit lega, dengan adanya sharing-sharing sesama ibu muda yang pernah mengalami proses lahiran kehamilan jarak dekat juga. semuanya lancar saja katanya. aman dan normal. termasuk istri kakak ipar saya, kak Norma... beliau bilang, "justru kalau anak kedua dan jaraknya dekat begitu dengan anak pertama, malah lebih mudah lahirannya nanti..."
 aamiin..aamin ya Rabb. semoga. 
dan juga salah satu teman di path yang dialaminya persis seperti saya, sehabis nifas, belum haid, langsung hamil lagi anak kedua, sekarang sudah lahiran, aman dan lancar juga, lahirannya normal, anaknya sehat walafiat. istri teman suami juga banyak yang jarak usia anak pertama dan kedua berdekatan, toh mereka bahagia-bahagia. hup...hupp.. saya pasti bisa juga!! heheh. sekarang udah males ah buka-buka artikel, mending langsung tanya2 atau konsul-konsul langsung sama yang berpengalaman hehe, seperti kata teman di Line, "jangan sembarangan baca artikel..!" hhihihi.

oke, than ... about my babyZAM si calon abang yang Lincah :D
Sekarang abangZAM udah bisa apa? yang paling saya tandai tentang perkembangannya, selain udah tumbuh gigi dua dibawah (eh dua setengah, yg diatas masih kecil skali keliatannya*hihi) adalah soal emosionalnya, : 
  • abangZAM mulai mengenal perbedaan antara wajah ceria dengan wajah sedih. kalau diajak ketawa dan kita bilang "horeeeee..." dia langsung ikut tertawa ceria dan teriak senang. tapi kalau kita bilang "Kodong.. (imbuhan makassar*kasian-red) kodong..." dengan mimik wajah yang di sedih-sedihkan, abangZAM langsung mewek loh. haha #langsungpelukabang.
  • Dia lebih waspada dan hati-hati, karena ingatannya berkaitan dengan tempat/kejadian semakin kuat
  • abangZAM mulai mengenal perbedaan suara ramah dengan suara kesal. kalau sama adik saya si Uci, uci sering nyapa abangZAM dengan gertak-gertak sambal gitu, abangZAM langsung balas juga dengan teriakan juteknya, "Hah!! app!!aaargh..!!" nyolot juga membalas menggertak dengan tatapan judes-judes emosiannya hihihi. tapi kalau disapa dengan ramah, abangZAM tersenyum tersipu malu :D
  • Dia mulai memahami berbagai hukum sebab akibat. Misalnya kalau makananya dia tumpahin, atau belepotan sampai ke tangannya, tangannya jadi kotor, dia memperhatikan tangannya. atau juga kalau ada mainan yang dia lempar dan mainan itu pecah jadi dua, alias rusak. kalau pegang mainan bunyi-bunyian, nanti digerakkan baru berbunyi. abangZAM akan keterusan gerak-gerakin. sampai bosan aja hhihi
  • abangZAM juga mulai merambat ke meja, kursi, dipan, tembok atau berbagai macam barang yang bisa menjadi pegangan untuk abangZAM berdiri. ya walaupun berdirinya cuma beberapa menit kemudian terduduk lagi hiihii.

alhamdulillah .. saya bersyukur atas semua pemberian Allah ini
bersyukur masih bisa dipercaya untuk dititipi amanah dan anugrah indah dari Allah
bersyukur masih bisa diberi kekuatan yang asalnya dari Allah lewat Suami, dan keluarga besar yang lain yang bisa membantu saya untuk senantiasa menjaga dan merawat anak saya dan kehamilan saya. 

فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِفَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ
Maka nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan?
Fabiayi A`la Irobikuma Thukadziban.

08 April 2015

Teras Empang Parepare

Sehari setelah tiba di Parepare, kota kelahiran suami tercinta. saya diajak kakak ipar jalan-jalan sore suatu tempat nongkronf yang lagi ngetrend di parepare. saya pikirnya tempat nongkrong itu ya kayak carlos cafe, cafe-cafe sebiasanya tapi ternyata suprise loh, tempat nongkrongnya outdoor. letaknya di bawah jembatan suppang, sebelum naik ke jembatan suppang ada belokan kekiri (jalan turunan) belok kesitu jalan sedikit sudah sampai deh di teras empang ini. 
lokasinya cantik, bisa sambil lihat empang atau sungai yang sepanjang mata memandang dipinggirnya ada pemandangan gunung dan pepohonan yang asri. meyegarkan sekali. tempat yang disediakan dibagi dua macam, ada pendopo untuk makan berat ramai-ramai dengan menu nasi ikan dan lain sebagainya. yang kedua itu beranda santai yang dinamai "meja selfi 01,02 dst" hha lucu ya. menu untuk sekedar nongkrong ada minuman panas dan dingin, cemilannya ubi goreng, pisang goreng, dan indomie-an. kebetulan kami hanya bertiga, saya, kakak ipar, dan suami. eh ditambah abangZAM hiihi sudah pada makan, jadi niatnya memang mau nongkrong aja plus foto-foto, sore itu memesan milo hangat, kopi lumpur dan pisang goreng, diserutup sambil menikmati pemandangan indah sore hari. angin sepoi-sepoi. mungkin lain kali mau lagi kesini InsyaAllah... sambil mancing dan makan ikan bersama-sama. semoga ada ya kesempatannya.  ^_^

picture taken by Samsung phone mega19200
editing by me on photoshop 



On The Way & Tentang Car Seat

Assalamualaikum wr.wb
lanjut lagi cerita longweekend kemarin, sehari setelah ayahZAM tiba di Makassar, kami berencana liburan ke kota Parepare, kampung halaman suami, jadi ceritanya sambil jengukin mertua. juga bawa abangZAM ketemu kakek neneknya di Parepare setelah 6 bulan tak berjumpa. seringkali mertua menelpon atau BBM bertanya kabar tentang abangZAM "mana zydan? rindu sekalimi bapak a'ji sama zydan... disini cuma liat fotonya..." kata mama a'ji . terakhir abangZAM dibawa ke Parepare saat usianya 2 bulan setengah, setelah itu abangZAM kejakarta deh ikut ayah. dan akhirnya kali ini ada kesempatan ke Parepare lagi.

mau cerita sedikit soal abangZAM yang sempat bikin shock, pas hari kedatangan ayahZAM, kan saya jemput ayahZAM sendirian, abangZAM dititip sama papa ummi dirumah, dan pas pulang, dikasih tau kalau abangZAM habis muntah, mual dan dibawa ke dokter, dikasih oralit baru agak baikan. saya kaget dan sedih sekali... masa' ayahnya baru tiba sudah dapat kabar seperti itu tentang anaknya. padhalanya lagi sepanjang perjalanan menjemput ayahZAM saya cuap-cuap cerita tentang keaktifan anak kami, mulai dari mainnya, makannya, tidurnya... 

tapi sampai rumah malah dikasih tau seperti itu :(( kenapa bisa sih? padahal seberangkatnya saya ke bandara pas tinggalin baik-baik saja anakku. kata dokter masuk angin dan perutnya kembung. jadi kepikiran lagi.... 

rencana ke pare-pare bisa batal kalau abangZAM sakit :( padahal sudah senang sekali mau ke Parepare bertiga. tidak enak sama suami. tapi alhamdulillah saat abangZAM digendong2 sama ayahnya, perasaannya mulai membaik, dia kembali langsung aktif lagi, makannya juga mulai mau menganga saat disuap, walaupun porsi sedikit dari biasanya. digosok minyak telon dan bawang merah terus. abangZAM ceria bermain sama ayahnya. mungkin karena rindunya terbayar sudah, jadi sudah agak pulih. sampai sore dan malam hari tidak ada tanda-tanda kesehatannya terganggu, abangZAM sudah tampak seperti biasa, walaupun ada meler-meler hidungnya dan batuk-batuk. tapi tetap ceria main-main teriak-teriak. sampai waktu tidurnya, tidurnya pun alhamdulillah nyenyak. keesokan paginya, sehabis makan, abangZAM prepare deh on the way parepare.
pakai baju couple family ZETidTshirt. yuk order hehehe.. custom design
terakhir abangZAM dibawa perjalanan ke parepare itu di usia 2 bulan, masih anteng dan mungkin belum tau soal kenyamanan berkendara, tapi sekarang di usia abangZAM yang ke 8 bulan, dia sudah banyak ngertilah tentang "ini lagi naik mobil," (sepertinya) hehe... jadi mulai ada trick-trick yang harus di ketahui untuk membuatnya nyaman. kalau naik mobil abangZAM paling lama itu 1-2 jam. nah yang saya siapkan untuk abangZAM saat melakukan perjalanan yang memakan waktu kurang lebih 3-4 jam ini adalah :
  • Car seat 
Penggunaan car seat di Indonesia memang belum selazim penggunaan stroller. Padahal, car seat punya peranan penting untuk menjaga keselamatan buah hati kita. awal mula kenapa saya ngotot mau membelikan carseat untuk abangZAM karena alasan safety. Bukan karena ikut-ikutan, ato karena malas memangku abangZAM di mobil (tapi emang lagi gak bisa mangku, kan perut babydede-nya abangZAM udah neg-bung hhe*) apalagi alasan keren-kerenan……NO…BIG NO !!

memakai car seat barangkali belum menjadi kebiasaan mayoritas masyarakat kita. Jangankan car seat yang memerlukan biaya ekstra, sekadar memakai helm, sabuk pengaman yang melindungi mereka yang berkendara roda empat pun masih sering diabaikan. (not to my self juga nih*) Sikap pengabaian itu sebagian disebabkan karena ketidaktahuan masyarakat. Sebagian lagi karena memang sudah merasa aman. dari beberapa artikel yang saya baca, ternyata di negara luar, Amerika dan Kanada misalnya, orangtua yang tidak meletakkan anaknya di dalam car seat justru akan ditilang oleh polisi dan dikenai denda jutaan rupiah. Wow! Begitu pentingnya peranan car seat untuk keselamatan anak. Maka di sana, para ibu tidak ada yang pernah memangku anaknya selama mereka pergi berkendara.
awal saya mau membelikan car seat untuk abangZAM itu gak langsung pas bilang langsung beli, tapi ditunggu sampai memang sudah perlu juga. sebelum punya carseat memang saya hanya memangku abangZAM di mobil atau selalu ajak keluarga yang lain bepergian bareng biar ada yang bantu memangku. nah pas akhirnya mau perjalanan ke parepare. perginya hanya bertiga saja, saya, suami dan abangZAM. sementara saya hamil gak bisa memangkunya lama-lama secara abangZAM termasuk baby yang aktif, banyak goyang dan bosanan hihihi. jadi deh kita mampir beliin car seat (yang sebelumnya sudah menimbang-nimbang hasil hunting tentang type car seat, pilihan akhirnya jatuh ke merk Pliko, sederhana.) kita sih gak gila merk ya kalau soal stuff baby hhe yang pentin fungsi dan kegunaannya terpakai. 
awalnya agak ragu tentang kebetahan dan kenyamanan abangZAM saat di car seat, dia suka tidak ya? bosanan tidak ya nantinya? car seat kan pake di clock pengaman, diikat. jangan-jangan bikin abangZAM susah gerak dan dia bisa bisa meronta, atau jangan jangan malah car seat nanti tidak terpakai. tapi........ jreenggg..... suprise loh buat saya dan suami, ternyata abangZAM anteng di car seat nya. dia suka duduk di car seat, tenang langsung. bahkan sepanjang perjalanan ke parepare, duduk main dan tidur dengan tenang di car seat nya.. car seat nya ini dua posisi, posisi duduk dan rebah, nanti tinggal tarik kalo abangZAM tidur, diubah ke posisi rebah. mungkin rasanya sama saja seperti sedang di ayunan jadi nyama bobonya.
saya duduk disampingnya di kursi belakang, ayahZAM sendirian didepan (kasian kayak sopir*hehe) meski pake car seat tetaplah penjagaan ibu tidak boleh lengah :D beberapakali juga saya mengingatkan ayahZAM untuk senantiasa hati-hati dan pelan-pelan saja bawa mobilnya.
mulai masuk jalan TOL abangZAM tidur dan terbangun 2 jam kemudian saat masuk ke kabupaten Barru. main sebentar, saya sengaja angka sebentar dari car seat nya untuk merenggangkan badannya, mungkin lelah juga dia. setelah setengah jam kira-kira asyik main dan minum susu, saya letakkan lagi di carseat, eh tertidur lagi mulai dari Barru desa sampai akhirnya masuk ke Kota Parepare.. bahkan sampai rumah dia masih belum bangun,... jadi saya bangunin.. pas bangun.. eehh senyum ketawa-ketawa... alhamdulillah tandanya tidurnya enak itu ^_^
Yah mau pake car seat ato tidak, kembali kepada kita sebagai orang tua. Apapun pilihan yang kita pilih pastinya sudah melalui pertimbangan yang matang karena kondisi dan prioritas masing-masing kita berbeda. Kita adalah pemegang otorisasi penuh terhadap anak kita, tanpa harus bersikap otoriter. Sebagai orang tua pastinya kita akan memilihkan yang terbaik menurut kita bagi buah hati kita, bukan begitu?? Tapi cara kita berbeda-beda, maka hargailah perbedaan :)

07 April 2015

32W Pregnancy : Jemput Suami

Assalamualaikum wr.wb
huaaaaaaaaaa sudah April ya, hhe long weekend kemarin keasyikan nih sampe lupa nge blog lagi ihihi. tapi sudah ada sih nyempil di draft aktifitas2ku selama longweekend ini. yang pertama inih... jemput suami yang datang dari Jakarta. yeaaayy senangnya didalam dan diluar hati hha. 
ini kali kedua kami menjalani LDM (Long Distance Marriage) alasannya selalu sama, karena hamil dan mau lahiran di Makassar aja, jadi usia kehamilan masuk 6 bulan kemarin saya mudik dan meninggalkan suami sendirian untuk keep stay di Jakarta demi tugas dan baktinya pada Negeri hehe. tahun lalu biasanya suami pulang tiap bulan, tahun ini suami melangkahi sebulan tidak pulang dulu nanti pas di awal april baru bisa datang karena bulan Maret kemarin tidak ada tanggal merah merona kan uhuhu hitam semua kecuali sabtu-minggu aja!
well akhirnya sudah ada kabar suami akan pulang long weekend ini. yihaaay.. hari itu, Rabu siang 31 Maret saya langsung prepare mau jemput suami. nyetir sendiri :) sekarang kehamilan sudah masuk usia 32 minggu, terimester tiga. masih aktif nyetir sendiri kemana-mana. tidak sendiri juga sih perginya, tapi ada sepupu yang menemani disamping, tapi sepupuku tidak bisa menyetir hihi jadi deh saya menyetir. dan jug apaling penting diingat, harus seizin suami, agar suami bisa mendoakan kita istrinya tercinta untuk senantiasa diberi keselamatan di jalan. nah soal ibu hamil menyetir ini saya juga sekalian mau berbagi pengalaman saya. hamil pertama saya juga aktif menyetir mobil sendiri, hamil kedua juga kini. perjalanan dari rumah ke bandara memakan waktu 90 Menit
alhamdulillah perjalanan aman dan lancar. tidak ada kendala apa-apa selama saya menyetir. mungkin juga sudah dari kebiasaan ya. perbedaan cara menyetir saya saat belum hamil dan setelah hamil, itu paling utama di kecepatannya. waktu belum hamil kalau nyetir ya suka rada buru-buru, main tancap nyelip-nyelip hihihi kalau saat hamil, lebih santai, kecepatan standart aja di 40-60km/jam. tapi kalau jalanan lagi kosong masih bisa kontrol kecepatan 80-100km/jam di jalan tol, ambil arah kiri tapi sengan catatan tidak melambung kendaraan yang dengan kecepatan hampir sama. alasan nancap gasnya saat jalanan kosong itu agar supaya cepat sampai dan tidak kelamaan duduk hehe. tapi memang harus Hati-hati sekali. 
sebelum tiba dibandara saya dua kali singgah di jalan, makan dan membeli cemilan hhe kalau nyetir saya mengupayakan selalu ada makanan di mobil yang bisa dikunyah biar perut gak kosong dan memicu mual nanti. pilihan saya selalu roti-rotian. minuman juga, air putih utamanya biar gak dehidrasi dan punggung juga tidak pegal sebab kekurangan cairan karena kelamaan duduk. 
tiba dibandara pukul 13.00 wta sementara pesawat suami dijadwalkan landing jam 14.00 jadi saya menunggu dulu. memang sengaja menunggu biar bisa turun sebentar dari mobil merengangkan otot2, selonjorkan kaki. nunggunya di halaman parkir bandara. nanti dapat telpon suami baru langsung cuss lagi turun ke tempat penjemputan, pickup area.
flowery dress by +Lya Sunrise stone black bag from @zigzagbatam 
sisa beberapa menit lagi dari yang dijadwalkan, eh ternyata suami sudah menelpon kalau dirinya sudah jalan keluar ke pickup area. langsung deh saya cuss lagi sampai di pickup area melihat sosok pria gagah yang dua tahun memiliki hati dan jiwaku, berdiri melambaikan tangannya padaku... (eh kok jadi lebay ya... haha maklum sebulan gak berjumpa :D) pengennya langsung menghamburkan rasa rindu di bandara meluk gitu hahah tapi banyak orang, romance not for public :p setelah salim akhirnya gantian, suami yang nyetir hehehe. ibu hamil santai bae di samping rebahan.
Hamil mestinya tidak menghalangi kaum hawa untuk mengemudi sendiri. Banyak yang bilang, ibu hamil tidak dianjurkan untuk menyetir mobil. soalnya, menyetir mobil tergolong aktivitas berisiko tinggi. sebenarnya perlu diketahui, kan ibu hamil bukan perempuan yang lagi sakit. Asalkan tidak menganggu kehamilan, ibu justru disarankan untuk tetap melakukan aktifitas seperti biasa loh. Ibu hamil boleh saja mengemudi sendiri, asalkan menyadari kondisi fisik dan mentalnya. tapi kalau ibu hamil sedang mengalami pendarahan, fisik lemah dsb, sebaiknya jangan. Karena tubuhn sedang dalam keadaan tidak fit, dan itu yang akan mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan tentunya. saya juga tau kondisi diri terhadap kehamilan, seperti pas awal tiba di Makassar, di diagnosa ketubah sedikit jadi gak boleh beraktifitas dulu harus bedrest total. kalau terpaksa harus keluar rumah, paling minta bantuan sepupu untuk bantu sopirin. jadi tergantung penjagaan diri masing-masing lah.

Biasanya secara fisik, fase rawan pada kehamilan itu saat berusia 3 bulan, terimester pertama karena janin masih dalam proses pembentukan dan belum menempel kuat dirahim. kalau saya Alhamdulillah pada terimester pertama bisa berhasil baik-baik saja saat mengendarai mobil sendiri. tapi Biasanya kan kita akan mengalami morning sickness saat terimester pertama, selama kondisi tubuh sedang tidak fit, karena gangguan mual dan muntah ini, lebih baik tidak menyetir sendiri ya.

kalau merasa MorningSickness sudah lewat, bisa menyetir sendiri asalkan : 
  • Isi perut dulu sebelum berangkat. Perut kosong bisa memicu rasa mual.
  • Bawa cemilan untuk menemani perjalanan, misalnya roti, biskuit, buah-buahan yang siap makan. Jangan lupa membawa minum, utamanya air putih.
  • kalau tidak ada makanan, saya biasanya mengulum permen jahe untuk menghilangkan mual.
  • Jika menyetir sendiri tiba-tiba ingin muntah, pusing atau keluhan lainnya, segera tepikan kendaraan. atau kalau liat cafe mampir aja dulu minum juice alphukat atau juice jeruk dan makan lagi. heheh.. Jika kondisi parah, hubungi keluarga yang bisa datang bantuin nyetir.
  • Jangan lupa untuk tetap rutin periksa dan tanya-tanya dokter tentang kondisi kesehatan kandungan dan kondisi fisik sendiri.
  • kalau mau, tidak mengapa juga berhenti beberapa kali sekitar 10-15 menit, khususnya kalau tulang belakang dan bagian belakang tubuh mulai pegal.
  • Turunlah dari mobil, jalan-jalan sebentar dan lakukan peregangan serta hal-hal lain yang membuat Anda relaks.
  • Agar tidak pegal, ganjal pinggang Anda dengan bantal.
  • Jika duduk di kursi depan, geser kursi kearah belakang agar kaki lapang.
  • Stres karena macet?! Tangkal perasaan kesal, bosan, dan tertekan dengan memutar lagu favorit atau mendengar radio. Stres yang berkepajangan bisa memicu kontraksi. Jika perlu, menepilah sejenak di sisi jalan yang memungkinkan. Biarkan kepadatan kendaraan berlalu, tak dilarang menikmati secangkir minuman hangat di kedai teh terdekat.
Sedangkan secara mental, yang mengetahui siap atau tidaknya, baik atau buruknya kondisi adalah sang ibu sendiri. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi ibu hamil diantaranya faktor mood, emosional, dan stres. Pada saat ibu sedang mengalami stres, sebaiknya jangan mengemudi karena beresiko sang bayi akan mengalami kontraksi tentunya, dan ini berakibat si ibu mengalami kejang-kejang dan mules. Biasanya timbulnya stres ini disebabkan oleh kondisi jalan yang sedang macet. Kalau begini lebih baik tidak usah mengemudi. ada ibu hamil yang di tiap terimesternya selalu kuat, lincah dan jagoanlah... ada juga ibu hamil yang lemah tak berdaya, karena tiap kehamilan itu berbeda pada tiap ibu. namun tenang... berkahnya sama dari Allah SWT. insyaAllah diberi kekuatan dan keselamatan :) semoga sehat selalu. aamiin

sumber bacaan : disini , disini, dan disini