30 March 2015

Arisan Maysa : TOSCA in EN HOUSE

lokasi en house cafe 
Jl. Mallengkeri Raya. belok Masuk ke Perumahan Kompleks Permata
arisan Maysa Minggu kedua Maret, congratulation to me and Riny


29 March 2015

Sharing Kepenulisan IIDN Makassar

Assalamualaikum wr.wb. 
beberapa minggu lalu saya sempat melihat informasi di group facebook IIDN Makassar tentang Gramedia yang punya event talkshow bersama para penulis Makassar. dan Para penulis IIDN Makassar termasuk didalamnya, kabarnya IIDN akan diberi kesempatan untuk mengisi talkshow Sharing kepenulisan di Gramedia Mall Ratu Indah. dan rupanya waktunya adalah hari Sabtu kemarin  :D informasi mengenai waktunya juga baru saya lihat di blog, sehari sebelumnya dan langsung niat pengen hadir, sekaligus berkenalan dengan member IIDN Makassar (pernah ada kopdarnya tapi sy tidak sempat hadir.)
Luar biasa sekali ya, para penulis Makassar yang karya bukunya/novelnya sudah di terbitkan dan dipajang di gramedia. jaman SMA saya pernah bercita-cita ingin menulis novel juga, di world2007 dulu, dalam satu folder banyak cerpen yang saya buat dengan imajinasi anak remaja saat itu haha. tapi semenjak insiden CPU saya rusak dan semua data tidak bisa dikembalikan, semangat saya untuk menulis dan membuat novel hingga berangan-angan menerbitkannya jadi sebuah buku... ikut LENYAP juga hiks.hiks.. buku-buku yang terpajang di Rak Gramedia Mall Ratu Indah ini yang mengingatkan saya kembali akan kenangan itu. hiks.. hehehe.. lanjut....
siang itu acara dijadwalkan mulai jam 13, saya tiba di lokasi jam 14 (kebiasaan ngaret) janjian dengan kak +Ida Basarang  (yang ngajak join ke IIDN) setibanya disana sudah ada tiga penulis yang sedang berbincang dengan para hadirin. dan saya dipersilahkan duduk didepan sama kak Ida, kebetulan ada kursi kosong.
Saat itu obrolan yang sedang berlangsung mengenai buku karya Kak Arniyati Shaleh, yang berjudul "Boneka Kuntilanak" yup genrenya horor, ada tiga cerita didalamnya. Kak Arniyati menjelaskan tentang proses dia menulis buku horor. Beliau bilang buku ini menuai kontroversi juga, katanya banyak yang memandang tidak layak terbit, sampai kak Aryanita di sodorkan ayat/hadits oleh beberapa pihak mengenai bukunya yang bergenre horor ini. Tapi kak Aryanita tidak pantang mundur, beliau tetap semangat mengajukannya ke penerbit dan toh kini ada di rak buku Gramedia :) 

selanjutnya yang saya simak kemudian adalah jawaban-jawaban ke tiga penulis IIDN Makasaar terhadap pertayaan para audience. Ada seorang audience bertanya tentang Royaliti yang didapatkan para penulis, katanya :
"apa sih tipsnya agar royality penulis itu memuaskan?
"bersabar...." 
Kata kak Umma Azura sambil tersenyum. Hehe kata kak Umma Azura, penulis buku "Berpikir Positif" ini, menjadi seorang penulis itu niatnya jangan karena mengharapkan royaliti besar. Karena royaliti penulis itu biasanya diberikan setiap 6 bulan setelah buku terbit. Kenapa lama? Karena proses pihak penerbit untuk mengetahui seberapa laku kah buku kita? Dan proses penghitungan juga terhadap berapa persen royaliti yg berhak penulis dapatkan. Berbeda lagi kalau kita menerbitkan kemudian menjualnya sendiri, jadi bisa tau berapa penghasilan dari situ. Jadi biarlah royaliti itu menjadi suprise bagi si penulis itu. Kalau kita menulis mengharap royaliti, royaliti tidak kunjung datang, otomatis semangat menulis kita akan menyusut sepanjang penantian itu. Hihihi. Jadi niat penulis menerbitkan bukunya bukan untuk royaliti ya teman-teman, tapi untuk mendapatkan apresiasi masyarakat terhadap karya kita. 
Hampir sama juga dengan tanggapan kak Umma Azura, penulis buku "Merajut Benang Cahaya", Diena Rifa'ah menambahkan kalau ada banyak hal yang tidak ternilai dengan royaliti bagi seorang penulis yang menerbitkan buku. pada dasarnya pekerjaan menulis itu bukan suatu pekerjaan yang bisa kita kerjakan sambil berleyeh-leyeh atau bermalas-malasan. harus rajin membaca juga, harus banyak punya referensi. pada awalnya memang kalau mau menulis tinggal menulis saja, tidak perlu memperhatikan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), tidak perlu memperhatikan logika berbahasa, pembendaharaan kata dan lain sebagainya, 
DIENA ARRIFA'AH as a NARASUMBER : PENULIS BUKU MERAJUT BENANG CAHAYA
tapi untuk berikutnya untuk belajar tetap kita harus belajar tentang tekhnis menulis bagaimana, tetap kita harus megupayakan input diri kita agar supaya tulisan yang kita tulis bisa lebih berkualitas. dan kata Diena lagi, dia sebagai penulis baru, sering menerima email dan message dari orang yang belum pernah dikenal, dengan isinya "tulisannya bagus, bukunya bagus, saya mendapatkan sesuatu yg bermanfaat dari buku anda..." itu sudah menjadi kesenangan tersendiri yang tak ternilai sama dengan jumlah royaliti atau honor yang akan didapatkan nanti. 
ihihi benar juga ya. menjadi Penulis itu niatnya jangan mau dapat honor, tapi niatkan untuk memberikan atau membagikan suatu pengetahuan atau menulis agar oranglain mendapatkan manfaat dari tulisan kita. saya dulu juga sempat bertanya-tanya, apakah menerbitkan buku itu banyak honornya tidak ya? pengeluaran kita terganti tidak ya nanti ? tapi ternyata ada yang jauh lebih penting dari itu dan jauh lebih memuaskan, yaitu niatnya. agar semangat menulis kita tetap bertahan jauhkan niat menulis buat dapat honor.

pertanyaan selanjutnya dari seorang Guru Bahasa Indonesia di SMA Nasional Makassar, Ibu Abby Onety yang hari itu mengajak beberapa siswa siswinya yang tergabung dalam komunitas atau kegiatan ekstrakulikuler sekolahnya di bidang Jurnalistik. Ibu Abby bertanya tentang : 
Apa sih Kiat-kiat agar anak-anak sekolah rajin menulis? 
diluar dugaan saya, ternyata siswa-siswi SMA Nasional yang hadir sebagai audience di acara ini, ditugaskan untuk meliput acara ini dan kemudian harus di tuangkan ke BLOG nya masing-masing. wah keren ya ibu gurunya, blogger juga hehehehe... jadi setiap siswa siswi sekarang wajib punya blog untuk melatih kegiatan menulisnya. saya pun melihat antusias beberapa siswi SMA yang duduk disamping saya, mencatat dan merekam, serta memfoto sepanjang sesi talkshow kepenulisan ini. dan sememangnya ke tiga penulis ini menerbitkan buku berawal dari kesuksesannya nge Blog, dan menjadi kontributor di beberapa media online. 

Dari Diena Arifa'ah : 
membentuk komunitas, bergabung bersama dengan kawan-kawa yang memiliki minat dan semangat yang sama. saling memberi saran agar tulisan berkualitas. harus memiliki rasa percaya diri terhadap tulisan sendiri untuk dikirimkan ke penerbit atau media online. karena tulisan bisa disebut selesai apabila tulisan itu sudah dikirimkan ke penerbit atau media dengan tujuan orang lain membacanya.

Dari Ibu Arniyati Shaleh : 
Walaupun kita tidak berminat menjadi seorang penulis, tapi Ilmu menulis itu perlu dicanangkan sejak dini. apalagi sebagai pelajar. menyusun laporan, membuat essai, sampai skripsi dan thesis pastilah perlu ilmu menulis. jadi sebaiknya membiasakan agar anak-anak rajin menulis. dimulai dari mengajaknya rajin membaca. karena dari rajin membaca itu akan timbul sendiri keinginan untuk membiasakan menulis

Dari Kak Mugniar :
Pernah membaca buku seorang Profesor dari Korea, judulnya : Time Of Your Life, dikatakan bahwa, Apapun bidang pekerjaan kita, harus belajar menulis. menulis itu menstruktur apa yang ada dalam pikiran kita, karena semua profesi itu diharuskan berkomunikasi dengan orang lain. dengan terbiasanya kita menulis, logika kita lebih terlatih untuk menyampaikan pendapat kita ke oranglain. Nah memiliki blog untuk menuangkan apa yang ada dalam pikiran kita lewat tulisan adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk melatih kepenulisan kita. luangkan lah waktu untuk sehari membuat satu postingan di blog.
KAK MUGNIAR as a MODERATOR
kak Mugniar adalah salah satu blogger aktif di Makassar, yang dalam sehari bisa membuat 5 tulisan hanya dengan melihat keadaan sekitar yang terjadi dikesehariannya. beliau ini adalah penginsirasi saya juga untuk lebih giat menulis di blog. hhehee :)

Tak terasa waktu sudah hampir habis, tim IIDN hanya diberi waktu sampai jam 15.00 oleh pihak gramedia, tapi masih ada satu lagi pertanyaan yang diterima. dari seorang siswa SMA Nasional yang menghadiri acara ini, bertanya tentang "
Bahasa apa yang sebaiknya digunakan kalau kita menulis? bahasa sehari-hari atau bahasa yang sesuai dengan EYD?
Nah iyaaa ya, saya juga biasa bingung kalau soal "yang sebaiknya digunakan" karena ada juga beberapa buku, lebih tepatnya Novel yang saya baca itu menggunakan logat "elo-gue" dan bahasa-bahasa betawi kekinian :D dijelaskan oleh Diena, tentang bahasa penulisan itu hanyalah soal kesepakatan dengan pembaca juga penerbitnya. seperti penulis tersohor Salim.A.fillah yang sekarang bahasa penulisannya banyak di gunakan para penulis lain padahal gaya tulisannya kalao dilihat dari EYD banyak yang tidak sesuai, tapi para pembaca paham dan penerbitnya mau menerima. yang penting tulisan kita komunikatif. karena jadi salah satu tugas penulis juga untuk membuat para pembaca paham akan apa yang disampaikan penulis itu sendiri.

itu tadi sharing terakhir sebelum acara di tutup dengan informasi kalau yang bertanya tadi dapat hadiah buku dari kak Umma Azzura, buku karyanya yang berjudul "Berpikir Positif" senanngnya........ bertanya, dapat jawabannya, motivasinya, plus bukunya. heheheh.... di akhir acara ga pernah kelupaan sesion foto-fotonya hehe.
FOTO BARENG KAK UMMA AZZURA & ARIFAH : mereka meminta agar wajah mereka di samarkan :)
foto bareng dengan member-member IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) Makassar bersama tim Gramedia Mall Ratu Indah. dan... kenalkan juga kak Ida Basarang, yang pada akhirnya membawaku ke group IIDN ini, berawal lewat kenalan di member @UploadKompakan instagram, dan chit chat di sosial media LINE. terimakasih kak ida .... aslinya lebih cantik loh.. cheerfull orangnya. yuk foto kita, cheeeeeeersssss... 
oh iya sharing kepenulisan ini baru sesion pertama loh, kata kak Mugniar akan ada dua sesion lagi, dan sesion berikutnya insyaaAllah akan dilaksanakan pada 11 April mendatang. Info tentang sesion selanjutnya bisa dilihat disini--> blog IIDN. sampai jumpa di event IIDN Makassar berikutnya semoga bisa hadir lagi dan bisa lebih lama cipika cipiki dan ngobrol-ngobrol barengnya ^_^
wassalam.



27 March 2015

Kuliner : Bakso Boeing Gowa

Assalamualaikum wr.wb
kuliner kali ini mau ngebahas tentang bakso yang terkenal enak di Kabupaten Gowa. awal saya tahu tentang bakso ini ya dari testimoni teman-teman yang tinggal di Gowa, rata-rata teman SMA ya kan dulu saya SMA nya di Gowa, (SMA Neg.01 Sungguminasa) saya kurang begitu tau sejarahnya kapan bakso boeing ini ada dan menarik hati teman-teman saya yang sampai sebegitu hebohnya update di sosial media tentang bakso ini. penasarannya sudah lama sih, tapi bar berkesempatan kemarin mampir untuk membuktikannya. 
yuuuup,, ini gerobak khas dari bakso boeing, gerobak merah 01 yang jadi tanda kalau ini lah bakso boeing. lokasinya juga bukan seperti kios bakso kebanyakan. cuma satu meja dan bangku panjang yang memuat 4-6 orang makan ditempat. jadi, ngantri yaaa pak ibu :)) tapiii rela deh orang-orang ngantri demi makan bakso ini di tempat. ada juga loh yang bahkan mesen tapi duduknya cari tempat lain, atau sekedar makan di mobil. jam-jam baksonya rame tuh sekitar jam 12 siang sampai jam 3 sore, kalau sudah ashar sudah agak sepi. nah saya datang kesana pas ashar tapi ya gitu, udah habis bakso halus dan tahu putihnya. ini penampakan bakso boeing dalam seporsi.
sudah khas bakso Sulawesi selatan, texture baksonya kasar, yang sejarahnya dimulai dari bakso Toraja, alih-alih disebutnya menjadi bakso kasar. kalau di Jakarta/solo biasanya disebut bakso urat gitu. tapi masih beda texturenya dengan khas bakso kasar sulawesi ini. apalagi soal rasanya pada bakso boeing. kuah beningnya dengan rasa yang khas ditambah "Lombok kuning" nya yang juara pedesssssnya. untuk satu porsi bakso harganya Rp.10.000,- dan kerupuk/gorengannya Rp.1000,- sebiji. disediakan juga kacang goreng dan burasa untuk menambah varian. ngilerr yaa.. sekarang jd tau kenapa bakso boeing begitu rame dibicarakan di sosmed sama teman-teman.
ada juga teman yang lama diperantauan, rela kembali ke Makassar dan langsung meluncur cari bakso boeing ini loh. hihihi makanan wajib katanya kalao ke Makassar. Oiya, Bakso boeing Gowa itu cabang, awalnya ada di Makassar jl. bontomangape (sekitar alauddin) untuk yang tinggal di Gowa nggak usah jauh ke Makassar turunnya, berikut saya sertakan mapsnya. gak tertulis sih tapi letak bakso boeing Gowa ini ada di dekat rumah kopi k.one (sebelah kiri) selamat mencoba mengunjungi 

26 March 2015

Meeting Branding : Inovasi Jajanan

Assalamualaikum wr.wb
kemarin ketemuan sama sahabat saya, Chintasih Masnitarini. selain kangen-kangenan meetup, rupanya juga chinta mau bahas soal branding dan inovasi bisnis kuliner yang baru hendak di gelutinya. Chinta mempercayakan saya untuk mendesign logo dan headpromotion picture comingsoon-nya. 

berawal dari rasa empati yang dimiliki calon Dokter Muda ini terhadap tetangganya. tetangganya seorang ibu rumah tangga yang suaminya tidak pernah pulang, jadi si ibu itu harus bekerja keras sendiri untuk membiayayi anak-anaknya yang masih sekolah. dengan cara berjualan jajanan-jajanan pentol, gorengan, es cendol dan lain sebagainya. tapi Chinta melihat jualan si ibu itu tidak laku dan kelihatan tidak sehat. mungkin karena dijualnya hanya disekitar rumahnya saja yang mungkin saja kurang peminat untuk belanja jajanan seperti yang si ibu jual itu.

Chinta pun kemudian berpikir, bagaimana kalau si ibu itu dia ajak join untuk memulai bisnis kuliner, si ibu yang pintar masak membuat jajanan harus di beri inovasi untuk membuat jajanan laku dan menguntungkan, paling penting inovasi tentang sehat tidaknya jajanan tersebut.
Jajanan Pentol adalah yang utama jadi target Chinta. semua kalanagan sudah kenal pentol sebagai jajanan terenak, murah meriah. tapi banyak penjual pentol yang menjual dengan cara tidak higiness dan kurang bervarian. 

Chinta bilang : "Sering juga kita khawatir sama anak-anak, adik-adik kita jajan pentolan sembarangan ? atau mungkin kita sendiri bosan dengan rasa jajanan pentol yang itu-itu aja.."
inovasi yang Chinta ciptakan adalah mendirikan gerai pentol dengan menjadikannya pelopor jajanan pentol sehat dan bergizi. membuat pentol bervarian rasa, menggunakan bahan dasar daging sapi asli tanpa campuran bahan kimia dan pengawet, tersedia beberapa variant rasa dengan Topping yang lezat dan lumer di dalam mulut, juga tentunya kaya zat gizi. nanti akan ada Pentolan isi keju, isi alpukat, isi sosis, pentolan isi telur, pentolan isi ikan. Pentolan isi sayuran : Isi Wortel, isi kentang, isi bayam, dan pentolan isi sayur campur. dan di nikmati dengan saus yang rasanya nampol : Saus kacang, saus barbeque, saus mayonaise pedas. 

membayangkannya saja sudah pengen mencobanya yaaaaa.... hmmm......yummy... chinta juga memberitahu kalau gerainya nanti insyAllah akan beralamat di Jl. Muhammadiyah Makassar, dekat dengan SMA Muhammadiyah, area anak sekolah. jadi pas banged. selain gerai dibuka juga pemesanan via online. lewat promosi Twitter dan Instagram berharap bisnis kuliner yang Chinta mulai kembangkan ini bisa sesukses para pebisnis kuliner yang lainnya. 
logo & picture for promote by me :)
nah meskipun masih comingsoon Chinta sudah membagikan kontak informasi untuk pemesanannya loh,
Pin : 26717367
Tlp : 087840924443
Follow : 
Twitter :@RajaPentolMks
Instagram : raja pentol
KEEP CALM and EAT PENTOL !!!

24 March 2015

Kids Distro di Makassar : Little WW

Assalamualaikum, wr.wb
hari tadi sehabis hunting Rumah sakit Bersalin, saya lewat di Jl. Landak Baru dan menemukan toko clothing khusus baby. KIDS DISTRO namanya, kalau dari arah pettarani, posisinya sebelah kanan, tak juah dari UNM Pasca. hmmm.... Distro biasanya identik dengan kalangan remaja, dan dewasa kan ya, nah ini berbeda loh, ini khusus untuk anak-anak. mulai dari bayi hingga usia 12 tahunan. dan isinya lengkap loh mulai dari baju kaos, celana, jeans, denim, topi, sepatu dan tas. design dan style koleksinya lucu-lucu dan keren. produksinya juga limited, gak pasaran dan tiap satu design untuk usia bayi hanya ada sampai ukuran Medium. dan tentunya made in Indonesia.
pasti dibenak, ada nanya : "mahal pastinya ya...?" ihihi semua baju bayi memang dibilang mahal kan ya? di infobunda,com dan dibeberapa artikel tentang bayi lainnya juga sudah banyak menjelaskan mengapa baju bayi mahal? alasan klasiknya karena, makin kecil ukuran baju itu makin tinggi tingkat kesulitannya dalam proses jahitan/pembuatannya. tapi sebnarnya lebih dari itu loh,.
untuk membuat baju anak, biasanya material yang dipilih memang diprioritaskan bisa membuat anak nyaman dalam memakainya. nah kenyamanan itu yang harganya bikin beda drastis sama baju orang dewasa. Selain material dan rumitnya proses penjahitan, detail busana yang cukup susah dikerjakan membuat harga produksi meningkat. Apalagi, tingkah baby yang sering macam-macam, seperti menggigit kancing dan lain-lain membuat produsen busana membuatkan rancangan baju yang mengedepankan sisi keselamatan anak. Dengan segala perhatian yang mendetil tersebut, gak heran kan, kenapa baju bayi lebih mahal daripada baju ayahmama nya :)) hahah.
ternyata beli baju bayi itu nggak cuma diliat model atau designnya yang keren dan lucu, tapi ada juga warning dalam memilihkan atau membelikan baby kita baju. saya searching-searching artikel dan tanya-tanya ke teman-teman (para mama muda gitu) tentang hal ini juga. dan rangkumannya sebagai berikut :
  • Jangan membeli baju dari bahan sintetis seperti nilon dan polyester. Karena bahan-bahan itu tidak mudah menyerap keringat. Akibatnya bayi berkeringat berlebihan. Jika pori-pori kulitnya tersumbat, keringat akan merembes ke kulit di dekatnya. nah ini yang biasa bikin baby kita biang keringatan, katanya sih bagus dan nyaman itu bahan Katun.
  • Jangan membeli  terlalu ‘pas’ di badan ukuranya. Karena kulit bayi masih tipis, belum sempurna, belum ada lapisan lemak tebal seperti orang dewasa. Bahkan hingga usia 1 tahun, lapisan kulit terluarnya (epidermis) 20-30 persen lebih tipis dibandingkan orang dewasa. Sehingga, ketika tergesek, kulit mereka gmudah terluka dan iritasi. Selain itu, baju yang sempit akan membuat bayi sulit bergerak, aliran darahnya jg bs jadi terhambat.
  • Jangan memilih baju berkerah tebal dan kaku yang dapat membuat kulit leher bayi gatal-gatal. Karena baju model seperti itu kalau dipakai di udara tropis apalagi di Makassar, bisa menyebabkan keringat bayi nempel, dan menimbulkan daki.
  • Jangan memilih baju dengan aksesori kancing, tapi, pita, mote dan payet. Ketika bayi kita mulai senang berekplorasi dengan tangannya, mereka akan senang memegang sesuatu kemudian mengenalinya dengan memasukkannya ke dalam mulut. Bila payet, mote atau kancing terlepas dan tercecer, bukan tak mungkin tertelan olehnya.

Lebih jauh, pakaian anak (terutama model pakaian baby boy) harusnya tidak membatasi gerakan badan maupun tangan dan kaki, begitu juga tidak ada tekanan yang bisa melukai bagian dada dan pinggang. Seluruh ototnya harus bebas bergerak untuk menstimulasi pertumbuhan dan aktifitas, yang pada akhirnya menjamin keteraturan dan efektifitas berbagai fungsi otot-otot tersebut. apalah lagi terhadap babyZAM ku yang superduper lincah dan banyak gerak >o< hahaha .. terkadang saya masih suka bingung soal ukuran baju babyZAM kalau lagi belanjain dia baju. biasanya ukuran baju bayi itu pakai usia, baju usia 3-6 bulan, size usia 9-12 bulan dan seterusnya. pernah saya beliin yang sesuai usianya. size ukuran 3-6 bulan eh malas gak cocok, cuma sempat dipakai satu kali. ya satu kali. karena kekecilan -_-.. jadi berikutnya di usia 4 bulan, saya sengajain beliin yang size usia 9 bulan langsung hha lumayan dipakai beneran sampai usia 8 bulan ini :D
nah di Distro Kids ini size nya udah ga pakai usia, tapi pakai S, extra S, M, biasanya pas untuk bayi usia 3 bulan sampai 10 bulan. kalau untuk 1 tahun sudh beda lagi sizenya. tapi beneran lucu-lucu loh designnya. awal berkunjung saya hanya melirik baju kaos saja, range harga untuk baju kaos mulai dari Rp.55.000,- sampai dengan Rp.215.000,- saya suka semua designnya,kalau dipakein ke babyZAM udah kliatan kayak anak muda kecil (apa deh*) gitu hahah. tapi tetap beliinnya yang pas aja buat ukurannya kali itu dapat dua lembar :D yang murah dari harga lainnya hihihi (teteup) ya toh meski baju bayi memang mahal, tapi ga serta merta kita sebagai ibu main beli-beliin aja dan boros di belanjain baju anak, harus punya trick menghemat dan menyiasati agar anak tetap dapat yang terbaik dan ternyaman :D 


22 March 2015

Friends Wedding : Irien & Uga

Assalamualaikum wr.wb
senang sekali saya mendengar kabar teman sekomunitas Hijabers dan teman arisan saya, Irien. akhirnya menikah juga diwatkut tepat pilihan Allah. dan lebih membahagiakannya lagi, irien menikah dengan kekasih hatinya yang sudah 12 tahun menjalin hubungan. yupp 12 tahun loh pacarannya mereka :D dari tahun2003, sejak mereka duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama. suatu waktu kemarin berangkat arisan bareng irin, sempat bercerita kembali soal kisah cintaya dengan seniornya, Uga'. ceritanya cukup lucu loh, jaman cinta monyet. katanya sebenarnya si Uga yang sebagai senior irin di SMP itu bikin ajang taruhan sama temannya untuk nembak cewek yang namanya "A" tapi si Uga malah salah nembak, malah nembak Irien, irien waktu itu juga mengiyakan dengan alasan biar gak di bully sama senior di SMP. sama-sama ajang-ajangan dulu haha. pada akhirnya mereka menjalaninya aja, dan eh keterusan deh sampai sekarang. akhirnya menikah.
e-invitiation wedding irin, design by me :)
di resepsian wedding irien janjian sama geng tubils, geng arisan Hijabsist periode 2014-2015 :
barakallahu laka irin dan uga.. selamat menempuh hidup barunya dan selamat menghalalkan cintanya dengan merayakannya untuk ibadah. semoga sakinah mawaddah warahmah. aamiin ^^

20 March 2015

Friends Meetup : Bundanya Almh. Sitti Fatimah

Assalamualaikum wr.wb
siang tadi ada kesempatan ketemuan sama sahabat saya sejak SMA sampai ke bangku kuliah. dan abangZAM bisa ikut karena tempat janjian ketemuannya deket, di Cafe London jl. alauddin. ada pepatah mengatakan bahwa : "Pada akahirnya sahabat-sahabatmu akan pergi meninggalkanmu, entah itu karena cita-cita, karena cinta. raga berpisah tapi jiwa tetap saling mendekat dengan saling mendoakan" seperti saya dan Chipiet. sejak SMA sampai kuliah selesai selalu bareng-bareng tapi semenjak kuliah selesai, kami menempuh jalan masing-masing. saya duulan sih yang menikah, kemudian chiepit menyusul 7 bulan kemudian. 

setelah melahirkan abangZAM alhamdulillah mendengar kabar juga kalau dia sudah hamil juga. dan tanggal 17 Januari lalu, harusnya dia sudah memiliki dan menimang bayi mungilnya yang diberi nama Sitti Fatimah Maulidia Mutahharik. kok Harusnya? iya Harusnya sih... tapi karena Hak Allah Subhana Wa Ta'ala bayi mungil yang lahir lewat rahim Chipit dengan berat 3,3kg panjang 48cm dengan jalan persalinan norman, hanya mampu bertahan hidup beberapa jam setelah dilahirkan ke dunia. innalillahi wa innaillaihi rodjiun. 
saya masih dijakarta waktu mendengar kabar duka itu, membayangkan chipit dari kejauhan dengan hati berdesir. mencoba memposisikan diri berada di tempat chipit, bagaimana perasaannya? setelah 9 bulan mengandung, berbahagia dalam penantiannya, tapi pada akhirnya hanya bisa menimang bayi mungilnya dalam hitungan jam saja di dunia. saya hanya bisa berbela sungkawa lewat BBM saya juga sempat menanyakan sebabnya tapi Chipit hanya bergumam "Qadarullah sayang... dokter bilang semua normal, tapi entah..." kemudian saya berhenti bertanya lagi. takut menyinggung hatinya yang begitu kempis dalam dukanya. Tapi pada akhirnya Chipid sempat BBM lagi, "Sedihku Qiah... semua teman-teman sudah gendong anaknya, sudah dipanggil mama... saya kodong? dapat nasib begini..."  Ya Rabb, airmata menetes baca BBM nya. cuma bisa bilang sabar untuknya. cuma bisa menggantungkan harapan pada doa untuk kekuatan hatinya. tapi saya yakin, Chipid wanita yang tegar. tapi setegar apapun kita, kalau soalan anak dan ibu, tidak ada yang bisa membahasakan dengan pasti perasaannya. anak sakit saja kita bilang mau semangat, tegar, dan kuat. tapi tetap hati terenyuh lemah, tidak tega...malah sering meyalahkan diri sendiri atas sakitnya anak. apalah lagi kalau di posisi Chipit seperti itu. 

jadi Siang tadi, alhamdulillah bisa berjumpa, dua hari sebelumnya kita janjian, Chipit pengen sekali ketemu abangZAM katanya. jadi deh atur waktu dan minta izin suami juga nenekZAM. abis jumatan cuss kerumah Chipit menjemputnya, trus lanjut ke alauddin cafe London. disitulah Chipit kemudian menceritakan kronolis wafatnya almarhumah bayi Sitti Fatimah. kata Chipit semua berjalan normal saja, seperti kebanyakan ibu hamil yang sudah mau melahirkan, merasakan sakit/kontraksi. sampai di Rumah Sakit Budi Mulia, diperikas masih pembukaan dua, menunggu kemudian hingga sembilan jam lamanya. saat periksa denyut jantung janin dengan menggunakan stetoskop dan dopler, didiagnosa jantungnya lemah dan tidak terdengar normal 120-140/menit. diambil tindakan di USG juga denyut jantung melemah. sempat dikirakan janinnya tidur. sampai kemudian Chipit kontraksi hebat dan proses lahiran pun dimulai. semua normal, Chipit mengaku hanya dua kali mengejan, lahirlah Sitti Fatimah dengan suata tangisannya. namun Chipit belum bisa bernafas lega, karena berselang setelah itupun, datanglah Dokter mengabarkan kalau Bayinya itu sudah meninggal. 

"Dari sejak hamil awal terimester sampai proses lahiran, anakku itu tidak pernah menyusahkan saya, saya sehat dan baik-baik saja, anakku juga berusaha sendiri untuk jalan lahirnya ke dunia... tapi kenapa yaa Rabb.. hanya diberi usia beberapa jam..." ulasnya di hadapan saya. 

sambil tersenyum, Chipit melanjutkan, "Saya peluk jenazah anakku, pipinya tembem kayak bapaknya, jari-jari tangannya gembul, dia seperti sudah besar Qiah... kelihatan kayak bayi usia 3 bulan, padahal baru lahir" 

"Sampai sekarang kadang-kadang ASI ku masih netes, kalau netes jadi keinget lagi tentang Fatimah..."

yaa.. Hak Allah Subhana Wa Ta'ala terhadap usia manusia. almh. Sitti Fatimah di perkenankan hadir didunia untuk sekedar mengucapkan salam kepada keduaorangtuanya, kemudian kembali lagi ke pangkuan Allah dan menjadi bidadari Surga, menantikan kedua orangtuanya di gerbang Surga yang Jannah. aamiin. saya dan teman-teman hanya bisa terus menyemangati Chipit, mendukung, menemani, serta mengingatkan agar selalu Tabah, ikhlas dan Ridho terhadap Jalan kehidupan yang telah Allah siapkan untuknya dan suaminya kelak. semua yang diberikan Allah adalah yang terbaik untuk UmmatNYA.
Bunda Chipit, bundanya almh.Fatimah semoga segera menyusul lagi kehamilannya ya. banyak doa dilangitkan untuk almarhumah Sitti Fatimah Maulidia Mutahaartik :*
masih banyak yang mau diceritakan lagi sih tapi yaa karena mak-emak cuma punya waktu sampai jam 4 sore, jam makan abangZAM jadi harus cuss balik hehe. sampai jumpalagi dilain waktu dan kesempatan ya, kita nanti rencananya mau jalan kulineran dari gerobak ke gerobak, soalnya kalao cafe ke cafe udah mainstream katanya hahahaha. see u :*

18 March 2015

Sedih, Karena... ?

Apa yg bisa membuat hati kita sedih ? saat kehilangan pekerjaan? saat kehilangan yg kita sayang?saat semua berjalan tdk sesuai yg kita rencanakan ? saat mimpi tdk seperti kenyataan? saat dijahatin orang?saat dizolimi dan dikhianati orang? saat menginginkan sesuatu namun tidak mendapatkannya ? 

kita sedih karena kita tdk percaya dgn takdir Allah, kehendak Allah yg telah mengatur dinamika hidup kita sedemikian rupa, yg memberikan apa yg kita butuhkan bukan apa yg kita inginkan ...,Kita sedih karena kita tdk percaya Allah sebaik2 pengatur dlm kehidupan kita ...Kita sedih krn tdk percaya bahwa sepahit2nya jalan yg kita tempuh itu adalah jalan termanis yg Allah berikan ..., pada akhirnya kita yg harus menyadarkan diri kita ... bahwa keikhlasan adalah kuncinya, kepasrahan .. percaya bahwa semua hanya titipan, pasangan , anak, sodara, teman, org tua, harta, pekerjaan, wajah, tubuh, kedudukan semua adalah titipan yg mana seandainya diambil dari kita, mengikhlaskan adalah yg terbaik.... krn itu bukan milik kita, semua milik Allah ... 

Allah mengatur bahagia, Allah mengatur kesedihan .. Allah mengatur semuanya ... kita hanya menjalanin dgn ikhlas .., bisa kah ? secara teori, ya! Tapi prakteknya mereka yg mendapat ujian berat sering patah arang utk melewatinya ... 
bismillah, latihan terus buat ikhlas dan sabar yuk...