27 February 2015

Persiapan Materi Workshop

Assalamualaikum wr.wb 
kali ini lagi galau. hihihi ..... ceritanya awal bulan nanti, yang terhitung sisa 3 hari lagi, pas di tanggal satu +MAYSA COURSE (Tempat kursus modeling muslimah pertama di Makassar) akan mengadakan serangkaian event. event ini bertajuk graduation sebenanrnya, dimana setiap 3 bulan habis masa belajar, akan diadakan penamatan. sampai sekarang ini @maysacourse sudah mencetak 2 angkatan alumni, sistem penyelanggaraan graduationnya simple saja, event hiburan, kenangan, testimoni, dan pemilihan the most untuk sertivikat dan selempang. dan itu hanya khusus kalangan keluarga Maysa saja. Tapi di graduation yang ke Tiga ini, berbeda.

Runding punya runding usut punya usut banyak yang menanyakan "kapan buka kelas untuk angkatan ke empat?" pertanyaan itu belum bisa founder jawab (Riny, +dara alvira  dan saya sendiri +Zilqiah Angraini) kenapa? karena memang pada awalnya kesepakatan kami hanya akan membuka sampai angkatan ke tiga saja berhubung karena saya sudah tidak sempat lagi berkecimpung sebagai mentor photography class nya maklum sudah jadi emak-emak dan harus ikut suami pula, Riny yang sebagai mentor catwalk dan makeup juga sudah sulit membagi waktu ditengah kesibukannya melanjutkan kuliah dan statusnya sebagai seorang pengajar di sekolah dasar. Dara pun begitu, kontrak kerja di kota Makassar sebagai brand manager butik Dianpelangi sudah ia selesaikan dan tahun ini akan kembali hijrah ke kota asal, Jakarta.

berangkat dari pertanyaan lewat inbox fanpage Facebook Maysa itulah pada akhirnya Maysa Course membuat event graduation yang dirangkaikan dengan Workshop! bagi setiap sahabat muslimah di Makassar yang mau belajar bagaimana caranya menjadi model muslimah yang baik,karena di workshop satu hari bersama Maysa ini sahabat muslimah akan diajarkan bagaimana caranya berjalan ala model, makeup, styling hijab, bepose ala model muslimah dan photo sesion. juga sebagai sponsor organizer akan ada fashion show koleksi terbarunya Dian Pelangi juga Tropiculture yang insyaAllah akan dibawakan oleh model-model Maysa yang telah lulus di angkatan ke tiga ini. dan..... Workshop ini juga terbuka bagi sahabat muslimah yang belum berhijab lhooo (siapa tau selesai ikut workshop ini jadi ingin benar-benar berhijab )
lalu kegalauannya dimana? :D jadi saat perencanaan event ini sampai waktu ditentukannya pelaksanaan, posisi saya ada di Jakarta waktu itu. sudah bilang ke Dara dan Riny kalau tidak bisa hadir nanti, cuma bisa membantu dari segi publikasi aja. memang sejak awal kelas maysa tiga saya sudah tidak turut serta, untuk mentor photography class dara dan riny jadi merangkap menggantikan saya :) kadang juga di isi dengan teman fotografer di Makassar yang sedia membantu. 

Tapi karena saya sudah di Makassar,

25 February 2015

Sky Blue After Rain

salaam :) ini sebenarnya late post OOTD waktu di event Hari Hijab di Makassar  saya mengenakan basic abaya dari brand mbak +Lya Sunrise di instagram nya @sunriselovers (again) hehe abaya berbahan cerruti ini lebar dadanya all size yaitu 104 cm dan panjangnya 140cm kalau saya dengan tinggi 160cm lumayan panjangnya ya menutup kaki, disini saya gak pakai heels telanjang kaki karena pelataran masjid, jadi ada batas suci. dan babybump juga 26 minggu ga keliahatan karena abaya ini gak nyemplak dibadan ^_^ awal liat di instagram abaya ini ditulis warna electric blue, digambarnya sih begitu juga biru electrik tapi setelah barangnya datang ternyata jadinya nge skyblue gitu. gpp deh tetap suka kok :D saya termasuk yang masih plin plan dalam hal menentukan ciri khas berbusana istilahnya fashion style saya masih campur-campur :D kadang masih pake kulot, hareem pants, jeans, atau skirt dan top. hanya saja sekarang ini lebih mau membiasakan menggunakan dress. selain simple satukali pasang dibadan juga termasuk syariat berbusana muslimah.
walau realitanya sehabis hujan langit tak langsung biru, tapi putih redup dan kadang masih bersisa mendung, namun harihari kita semoga tercerahkan seperti cerahnya langit biru. 

photo by : my besties Dara Alvira Munggaran 
muaacchh :* thanks darl

BabyZAM 7 Month

Alhamdulillah tak terasa abangZAM sudah menginjak ulangbulannya lagi yang ketujuh bulan. dan sudah selama dua bulan MPASI. dari awal mulai MPASI saya sedikit was-was terhadap menunya, ini bagus gak ya kalau di campur begini, enak gak ya? mau dimakan gak ya sama abangZAM? hehe makanya saya tanya-tanya kebeberapa teman yang sudah memberi MPASI lebih dulu. dari berbagai varian menu selama dua bulan ini akhirnya sudah bisa tau juga kesukaan abangZAM apa dan bagaimana. rangkumannya yaitu :
  • abangZAM gak suka ikan. pernah beliin ikan salmon untuk dicampur dibuburnya, belinya memang sepotong dulu. kemudian saya rebus dan blender lalu dicampur ke bubur saringnya yang sudah ada sayurnya. dua hari menunya itu makanannya ga pernah habis dan kebanyakan abangZAM sering GTM (gerakan tutup mulut) kata ummi sih mungkin saja cara saya mengolah salah, mungkin abangZAM ngerasa anyer sama ikan salmonnya. kalau kata ayahnya sih selera abangZAM sama kayak ayah, ga suka ikan yang mahalan dikit, sukanya ikan tongkol aja kali sama kesukaan ayah hehehe.
  • Suka banged daging Ayam dan Hati ayam.
  • Bosan kentang wortel 
  • Nggak suka kalau makanannya di blender. maybe karena terlalu encer atau bagaimana ya dia ngerasanya jadi gak cruncky kalau makan makanannya yang diblender. tapi kalau di saring dia jadi lahap,,hap,,hap,, makannya :d
  • Lumayan suka menu Belut. ummi kemarin dua hari bikinin makan abangZAM pake belut yang direbus. dan hasilnya alhadulillah semangkok penuh makannya dihabisin. saya rada khawatir siapa tau abangZAM alergi tapi syukurlah sampai saat ini tidak ada gejala yang menunjukkan dia alergi terhadap ikan belut.
  • Minta Stop makan sambil tidur. yeahh sekarang abangZAM lebih suka makan sambil digendong dan jalan-jalan depan rumah, atau dikeretanya. 
Makanan yang sehat penting untuk pertumbuhan fisik dan kecerdasan anak, karena itu asupan makanan ini harus sesuai dalam hal kualitas dan kuantitasnya. saat MPASI sebenanrnya yang dilihat bukanlah soal banyak makannya anak. tapi bagaimana cara dia makan. jangan ada paksaan. kalau nggak suka atau udah gak mau makan pas disuap. singkirkan segera makanannya kata kak Unna (Mrs.awaluddin) jangan sampai anak trauma sama yang namanya makan. kalau sampe jam makan anak jadi seperti takut atau bagaimana. itu yang harus lebih diperhatikan sih saat anak MPASI :) yup bentuk kebiasaannya sejak dini mungkin.

dan alhamdulillah dua bulan berjalan MPASI nya abangZAM bikin dag dig dug serrr juga.. satu hari kadang ngga habisin makannya, perasaan kecewa dan takut, gimana kalau seterusnya begini? malas makan? tapi jadi seorang big mama itu harus positif thinking sama anak :D harus berpikir yang baik-baik, "anak ku rajin makan kok, besok pasti habis makanannya, cara makannya pasti bagus" tanamkan itu terus dipikiran. karena itu juga termasuk suatu doa. jadi mama jangan terlalu sering uring-uringan dan membanding2kan anak dengan anak teman/sodara/atau keluarga yang lain. karena setiap anak itu pertumbuhan motorik kasar dan halusnya berbeda-beda. yuk yuk positif thinking :D

selamat ulangbulan yang ke tujuh bulan ya abangZAM, si dede aco dikandungan usianya 26W ini semoga kalian berdua selalu dalam lindungan dan rahmat Allah subhanawata'ala. sehat walafiat kian usia. 
aamiin ^_^

23 February 2015

Merelakan Invitation Indonesia Fashion Week 2015

Assalamualaikum wr.wb 
hiks.. yup sesuai judul postingan saya kali ini,, saya harus merelakan invitation Indonesian Fashion Week 2015 sebagai blogger!! kenapa? hiks,, karena sekarang ini saya lagi ada di Makassar. memang pulang Makassar ini lebih cepat daripada yang direncakan. dari yang rencananya pulang akhir maret, jadinya malah tiba di Makassar di minggu kedua bulan Februari kemarin. hiks..
jadi ceritanya... saya tau soal invitation blogger Indonesi Fashion Week ini dari teman, tiga tahun lalu, ngeliat dia selalu ada di tiap event IFW pake id card "BLOGGER" gitu penasaran juga gimana sih dapetinnya? teman bilang cukup beremail aja. nah baru deh pas pindahan jadi warga jakarta di tahun ini saya baru niat beremail ke +Media Indonesia Fashion Week  untuk dapetin invitation id card blogger-nya. bebas masuk pake id card itu ngeliat eventnya yang all about fashion, bisa liat dan motret langsung fashion show para desiger ternama (terutama yang muslim/muslimah) adalah salah satu impian saya. saya seringnya motret fashion show di makassar dan biasa dipanggil jadi fotografer dokumentasi khusus di event tahunan Femme (Female On The Move) Kota Makassar. kepengen banged rasanya nyobain motret langsung panggung fashion show IFW tiap tahun itu. apalagi bisa berkecimpung sama fotogafer fashion yang muslimah lainnya. tapi sayang ternyata belum rejeki kali ya hehe...

awal bulan kemarin beremail, dan langsung fast respon. diminta mengisi formulir dulu via RSV google. tentunya ga begitu aja seorang blogger di accepted permohonan/formulir pendaftarannya, ada daftar pertanyaan yang harus di isi, seperti misalkan statistik blog, frekuensi postingan tiap mingguan dan bulanan, serta jumlah visitors dalam sebulan terahir. nah tidak begitu lama kemudian saya di Makassar tanggal 13 februari kemarin, dan tanggal 20 Feb kemarin ada balasan konfirmasi
hikshis.. ngebaca inboxnya rada lemes juga hahahahaha,, pengen banged masang badge itu langsung ke blog saya ini. tapi sayang seribu sayang ya gak bisa hadir jadi ga pasang.. sebenarnya bisa sih pasang sekedar pasang aja tapi karena crew media IFW punya lik blog saya kan ga enak kalau pasang badge dan samasekali gak posting apa-apa soal IFW2015 sementara itu yang jadi timbal baliknya. 
hari berikutnya, eh hari ini maksudnya... datang lagi email dari Media IFW yang bikin saya tambah mewek dan mupeng abis. isinya itu loh di bold di tulisan KAMU TELAH LOLOS MENJADI BLOGGER INDONESIA FASHION WEEK 2015. dan tinggal langsung ngambil id card pas datang kesana nanti (kalau misalkan datang) huaaahh.. uhuh apa mau dikata lah. sebenarnya juga kalau saya masih di jakarta harus ikutin jadwal on duty suami, saya sudah cek cek jadwalnya dan nandain kalender saya cuma bisa datang 2 kali di event IFW di tanggal 26 dan 28 aja yang IFW2015 selama 4 hari mulai tgl 26-01 maret itu. itupun ya kalau ga ada halangan. maklum emak-emak muda yg punya baby masih blm bs jalan itu biasanya kalau berencana kesuatu tempat ada aja halangannya :D apalagi saya yaa skalianan juga lagi hamil. hhaha tapi kadang tetap juga usaha :D
sekarang cuma lagi pelototin jadwal-jadwal acara di IFW2015.. 
dan ternyata diluar invitation langsung dari Media IFW ada juga loh dari IHB (Indonesian Hijab Blogger) yang bakalan membagikan 12 invitation spesial untuk IHB
sumber foto dari fanpage IHB
 ahh bakal seru ayo yg berkesempatan untuk hadir segera juga cek instagram +Indonesian HijabBlogger  untuk infonya @Ihblogger 
***

memulihkan kesehatan memang lebih penting. selalu ada hal baik dibalik keputusan Allah, kita sebagai manusia kan cuma bisa rencana ini itu hehe :) dari sini cukup mendoakan saja semoga IFW2015 kali ini lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya. pokoknya IFW2015 spektakuler disetiap jadwal acaranya!! semangat ya untuk para fashion designer. semangat juang juga untuk semua yang ada dibalik layar IFW2015. dan havefun buat kalian yang hadir disana.
semoga lah ya di tahun depan IFW2016 masih bisa berkesempatan lagi untuk jadi Blogger Indonesian Fashion Week 2016. aamiin ^^

21 February 2015

DAILY STYLE : Earth Laughs In Flowers

Assalamualaikum
kembali OOTD an lagi :) ini ootd waktu nganter babyZAM checkup ke dokter. make gamis kembang-kembang ini. awalnya mau pake kerudung hitam tapi kok ya kurang sreg hehe jadi pake yang warna mustard. suka sama gamis ini, selain motifnya rame cantik (ada motif rame gak cantik*haha penilain sendiri :p) pake ini juga babybump jadi ga terlalu nonjol. bahannya katun ima, gak nerawang juga ^^ varian lainnya bisa di kepoin di instagramnya +Lya Sunrise @sunriselovers ukuran dadanya juga 104cm dan panjangnya pas banged meski babybump udah masuk minggu ke 26
Yup,, senyuman dan tawa bumi bisa disaksikan pada kemekaran bunga-bunga
meski setiap bunga akan layu, dia akan selalu tumbuh kembali dengan kemekaran yang lebih indah. seperti wanita, mekar dengan caranya sendiri dan pada waktunya masing-masing.

20 February 2015

BabyZAM Kangen Ayahnya

6 bulan tiga minggu usianya, dia sudah pintar mengunkapkan emosinya. mungkin juga termasuk merindukan ayahnya. kalau liat hape yang ada foto ayahnya dia langsung tersenyum tertawa. babyZAM termasuk juga lebih dekat dengan ayahnya, mungkin karena ayahnya sering meluk dia kalau lagi telanjang, pas juga ayahnya ga pake baju hihi dalam dekapan saling mendengar denyut jantung. mungkin ayahZAM ga begitu yakin, apa babyZAM memerlukannya atau tidak. Percayalah, babyZAM tetap memerlukan ayahnya. ayahZAM merupakan seseorang yang penting di dalam kehidupannya dan berada bersama ayahnya sepanjang hari membuat rasa nyaman baginya. 
ayah menggendongnya, mencium, dan membelainya. begitu babyZAM sudah mulai makan, ayahnya akan mendapatkan perhatian penuh darinya karena membantu saya mengajaknya main biar mau makan kalau disuap hehe.. ayahZAM juga memberikan waktu ke saya untuk beristirahat, dan memberikan kesempatan untuk mengembalikan energi. ayahZAM yang selalu melantuntkan lagu atau ayat2 suci ke telinga babyZAM. pokoknya ayahZAM membuat perubahan besar dalam keluarga kecil ini :)


dear babyZAM, ayahmu memang bukan yang melahirkanmu nak, tapi daging dan darahnya lah yang mengalir di dalam tubuhmu....   
dear ayahZAM,. semangat ya ayahZAM kita yakin ayahZAM bisa menjadi orangtua yang bijaksana dan berhasil mendidik anak-anak dengan baik :) 
we miss you ayahZAM. 
semoga keluarga kecil kita in senantiasa di limpahkan Rahmat Allah subhanawata'ala hamisha and forever :*

19 February 2015

Iya... Rindu

Assalamualaikum wr.wb
Kamis kemarin tiba di Makassar, masih ada suami yang menemani sampai hari minggu, dan kemudian suami balik lagi ke Jakarta. tinggallah saya dan babyZAM di Makassar. kembali lagi kami menjalani Long Distance Marriage (LDM) sampai waktu yang belum ditentukan lagi kapannya bisa bersua kembali, mungkin bulan depan, sebulan seminggu kemudian, atau bahan sampai duabulan kemudian lagi baru bisa bertemu. dan itupun pasti hanya sebentar, paling lama seminggu. suami gak bisa terlalu lama ambil cuti karena cutinya disimpan untuk bulan Mei nanti saat saya proses lahiran putra kedua kami (insyaAllah) juga karena kerjaan suami makin padat, jadi agak susah curi-curi waktu libur atau waktu offduty nya. memang ini bukan pertamakalinya kami menjalani LDM. 

tahun lalu setelah menikah, meski kami sempat liburan bareng selama sebulan, saya dan suami menjalani LDM karena tempat tugas suami di Jakarta. saya belum bisa ikut karena waktu itu masih berstatus sebagai karyawan. berpikir sih untuk resign dan ikut suami ke Jakarta tapi di Jakarta, suami masih tinggal kosan belum dapat rumah. alasan keduanya saya alhamdulillah langsung diberikan amanah untuk mengandung. nah karena hamil itulah saya jadinya resign dikantor yang dulu. sempat juga nemani suami di Jakarta selama menjalani masa kehamilan diusia tiga bulan dan enam bulan kembali ke Makassar untuk lahiran. saat lahiran pun suami tidak sempat mendampingi, nanti esoknya baru suami datang karena proses lahiran juga diluar prediksi kami. bagaimana rasanya LDM ? 
huaaahhh... jangan tanya pertanyaan itu susah jawabnya. rasanya...? rasanya susah diungkapkan. mau menuliskannya di blog juga entah bagaimana. tulisan ini saja gak karuan karena saya sempat lama tidak menulis-nulis, paling cuma sekedar membuat caption saja. yang jelas LDM itu menguras hati. dan itu nasib. iya nasib! kalau diminta memilih kami sudah lama memilih untuk hidup bersama-sama, mandiri berkeluarga sejak awal menikah. tapi karena fase kehidupan itu berproses dan bertahap makanya ada yang namanya "menunggu sampai indah pada waktunya" :) 
empat bulan sempat bersama tinggal di Jakarta. sampai akhirnya harus kembali lagi ke Makassar (alasannya ada di postingan saya yang lalu lalu) dan LDM kali ini terasa berbeda dengan yang dulu :( lebih banyak hal yang dirindukan. kebersamaan kami dirumah, dan kali ini sudah ada babyZAM ditengah-tengah kami menjalani LDM dan calon adiknya yang saya kandung .. terenyuh hati ... 

sebiasanya tiap pagi bangun tidur saya sudah bisa menyaksikan babyZAM dan ayahnya bermain di kasur, kadang juga membangunkan saya. kami bertiga bercengkrama, bernyanyi-nyanyi dan bercanda sampai babyZAM tertawa terkekeh karena ulah ayahnya yang menciumnya. aktifitas pagi membuatkan teh untuk ayahZAM sebelum berangkat ke kantor, peluk dan cium untuk berpamitan kekantor, menunggunya pulang dan menyiapkan makanan. melihat ayahZAM menggendong dan mengayun-ayun babyZAM. nonton bareng, atau jalan-jalan bersama ke mall terdekat dirumah, sholat berjamaah, mendengarkan ayahZAM mengaji. sebelum tidur berdiskusi tentang apa saja, termasuk tentang finansial dan masa depan keluarga kecil kami, merencakanan segala persiapannya. pun membicarakan tentang calon adik babyZAM dan banyak lagi.

kesemuanya itulah kebersamaan di tiap hari selama empat bulan, semua itu yang saya rindukan. meski dibilang "kan ada telppn dan video call" ya jelas lah berbeda kalau bisa saling memandang langsung dan menyentuh hehe. kadang sambil bercanda sambil berdiskusi saya suka sambil mencubit atau memukul manja ke suami, atau mendorong-dorong punggungnya untuk menyuruhnya mandi, menarik-narik lengannya yang kekar untuk memintanya segera bangun, menggaruk kepalanya, mengacak-acak rambutnya yang belum rapi, mengorek-ngorek jenggutnya. dan banyak lagi. 
kadang, kalau menatap mata babyZAM, dalam hati saya berujar "rindu ayah ya nak...?" disini memang banyak orang, ada nenek, tante, om dan kakek,.. tapi tak ada yang menyamai hangat tangan dan kuatnya lengan ayahmu ya nak.. nafas dan doa-doanya untukmu juga ketika menjelang tidur ya nak.. juga saya biasa mengelus si babybump yang udah 26 minggu, pasti juga rindu sentuhan tangan dan suara ayahnya serta kecupan kecupan kecil yang dilayangkan untukmu.
iya Rindu ...
aaaaahh,, sudah ah menuliskannya, ga sanggup! soalnya sambil menulis ini sambil saya membayangkan kebersamaan kami, sambil nangis pun karena rinduu.. cengeng yaakk!!! huhuhu iya sih saya termasuk orang yang gampang nangis. hiks... udahan ah nulisnya.. nanti tambah menjadi-jadi pula keresahan hati ini. hehehhehe.. 

 Allah yang maha menyayangi adalah tempat mengadukan rasa dan rindu itu. Sungguh Dia adalah sebaik-baik tempat mengadu. Kekuatan Allah ada di atas segalanya, begitu mudah bila Ia menghendaki, apapun itu! Ia mengubah malam menjadi siang dan sebaliknya siang menjadi malam. Ia menjadikan hidup dari yang mati dan menjadikan mati setelah hidup. Yakinlah, Allah bersama orang-orang yang sabar.

18 February 2015

My First Give Away For Blogger Friends

Assalamualaikum wr.wb
hmm..apa ya, hehe sebenarnya ini gabisa kusebut sebagai give away, ini cuma semacam latihan untuk mengasah bakat graphicdesign saya maklum saya masih amatiran, jadi harus banyak berlatih mendesign. dengan apa? dengan cara ini deh, membuatkan header blog untuk teman2 blogger yang mau didesignin header blognya sama amatiran kayak saya ini hehehe. jadi awalnya saya buat postingannya di group facebook Kumpulan Emak Blogger dan group Angnging mammiri.
tapi saya batasin dulu sampai 5 orang untuk masing-masing group takut kalau designin kebanyakan malah gak ada yang suka.

sebelum membuatkan, saya blogwalking dulu ke blog teman-teman yang 5 orang masing-masing ini untuk mencari tau direktori dan deskripsi blognya tentang apa dan juga mungkin bisa tau type orangnya bagaimana, penyuka warna apa dan stylenya seperti apa. karena saya yakin benar tiap pemilik blog punya ciri khas tersendiri dan komitmen tersendiri terhadap blognya :D sembari blog walking juga sembari menginbox mereka, nanyain mau header kayak apa dan ternyata juga jawaban mereka beda-beda ada yang suka kalau banyak hiasan, ada yang so simple, dan ada juga yang catchy. via inbox komunikasinya saya pun memulai mendesign dengan bismillah berharap sekali design mereka pada suka langsung hihihi tapi gak apa-apa juga sih seandainya ada revisi jadi saya merasa tertantang. well ini dia 8 orang blogger yang sudah pasang header barunya :D terimakasih ya
sipemilik blog yang ini katanya suka warna-warna kayu. 
mbak pemilik blog ini so simple :) suka warna hijau dan konten blognya berisi info dan tips2
pemilik blog yang girly :)
pemilik blog ini menamai blognya sebagai rumahnya, simple dan loveable
konten blog khusus wisata dan kuliner indonesia
pemilik blog ini seorang model muslimah yang feminim
empunya blog ini memberi kesan misterius, konten isi blognya kebanyakan puisi yang indah. puitis sekali ^^
mbak pemilik blog ini menegaskan untuk deskripsi blog yg memberikan info seputar negeri Belanda & Eropa
melihat komentar di postingan saya di group KEB malah ada yang minta saya buka gelombang kedua hihih karena ada beberapa yang gak kebagian atau telat komen atau telat baca postingan saya, spontan saya merasa agak gimana gitu hahaha sistem mendesign saya juga masih belum sempura, jauh malah. berbeda dengan para profesional graphic design yang sudah bisa menjual hasil designnya dengan harga yang mahal karena designnya yang sistematik. tumpukan gambar yang saya semat juga sebagian masih course googling. penggunaan font masih bia dikata belum pas. tapiii..... alhamdulillah pemilik blog yang saya designkan headernya mengaku suka :D terimakasih yaaa. dan oh iya mohon maaf kepada emak-emak yang sudah komentar di group yang belum kebagian design header free dari saya ya.. insyaAllah dilain kesempatan akan saya buka lagi dengan nama "give away" hihihihi :)

ps : terimakasih untuk mak +atanasia rian yang menambahkan link blog saya ke blogrollnya
dan mbak +Etika Maria yang membuatkan review di postingan blognya, juga mbak +harjanti dede atas testimoninya di timeline group facebook KEB :)
kalian menambah semangat saya untuk terus mengasah dan melatih kebisaan saya dalam design mendesign ^^

17 February 2015

Instagram Hastag #KompakersMakassar

Assalamualaikum wr.wb
kali ini saya mau memperkenalkan satu komunitas lagi yang saya gabung didalamnya. namanya #KompakersMakassar. kok pake hastag ya? yup yang dikenal pakai hastag adalah fitur social media Instagram. nah di instagram ada akun @UploadKompakan yang mewadahi seluruh pecinta fotografi dan foodphotography. mewadahi dalam artian berbeda loh, begini.. admin @UploadKompakan tiap hari menentukan sebuah tema foto. dan yang boleh upload foto adalah yang sudah follow dan sudah di accepted oleh admin. cara upload fotonya mengikuti rules paten :
  1. Yang boleh upload adalah member kompakers yang sudah follow akun ini (@uploadkompakan), jangan pakai dua akun
  2. Upload foto hanya satu saja, dan harus karya sendiri jangan pakai karya oranglain
  3. Jangan memberi hastag di foto lama
  4. tidak diperkenankan mengupload foto yang didalamnya terdapat wajah, tubuh, kaki,baik itu obyeknya nenek2 atau anak kecil, apalagi laki2. bagian tubuh yang boleh tampak hanyalah garis tangan
  5. No hewan, no patung, no boneka, no miras
  6. Jangan ada upload foto yang memperlihatkan gambar manusia/makhluk bernyawa
  7. pengumuman tema dilakukan setiap malam
  8. waktu mulai upload adalah jam 5 pagi sampai jam 20.00 wib
  9. upload foto disertakan hastag sesuai tema yang diberikan.
nah seperti itu, jadi yang nge follow akunnya merasa tertantang dan lambat laun merasa asyik mengupload foto di instagram. setelah upload foto apa yang dilakukan admin @uploadkompakan ? mereka meng-Grid foto-foto yang menurut mereka bagus dan punya citarasa seni yang tinggi terhadap tema yang diberikan, setelah di grid fotonya, diupload... lalu? dapat hadiah? No... ini hanya sekedar have fun :) semua just for fun. sekedar berbagi bersama, saling sharing sesama pecinta foodphotography. waktu berlalu, sudah semakin banyak followersnya dan bahkan ada hastag kompakers tiap daerah. termasuk makassar :) kumpulan follower akun @UploadKompakan yang berdomisili di Makassar, hastagnya #KompakersMakassar :) awal saya menemukan hastag itu saya lagi gak di Makassar sebenarnya, tapi di jakarta. dan memang sebelumnya yang tertag di akun instagram saya kebanyakan akun yang #kompakersJakarta . 

berawal dari mbak +Winarni (@winarniks) yang mengajak untuk membuat group line khusus kompakers makassar. pencarian dimulai dengan mengklik hastag #UKmakassar dan #KompakersMakassar akhirnya pun terkumpul lah 46 member wanita wanita pecinta uploadkompakan. kami bukan profesional seperti para fotografer hebat diluaran sana, kami hanya larut dalam kesenangan kami berbagi gambar sembari giat berusaha membuat foto itu terlihat indah dan bagus dipandang. akhirnya pun.... kami dipertemukan dalam satu waktu, kemarin, 15 Februari. Setelah chit and chat via Line group,  kenalan dan saling berdiskusi tentang first meetup ini. Hasil votingnya ttg ganggal dan waktu serta tempat di mamacafe jl. Bau mangga,  diantara 46member yang hadir alhamdulliah 30an orang. Antusias pengen ketemu sahabat baru yang punya kesenangan sama :)
Hari itu saya sebenarnya tidak bisa menghadiri karena bertepatan dengan jadwal suami kembali ke jakarta.  Jadi pengen antar dulu kebandara. Karena kita berangkat badha dhuhur,  tiba dibandara 2 jam lebih cepat dari jam keberangkatan suami,  kata suami gak apa-apa biar bisa sempat tidur di ruang tunggu. Aaaahhhh cerita balada kegalauan ditinggal suami saya switch nanti deh dipostingan berbeda hhehe. Well, merasa masih bisa sempat sekedar mampir di mamacafe untuk menyapa #KompakersMakassar kenalannya baru beberapa minggu pas ketemu kayak lagi reunian (kata kak Yeyen) hehe :) begitu sampai di mamacafe saya disambut ramah sama mereka loh... Senangnya. Tapi sayangnya saya gabisa lama-lama,  setelah saling sapa/fotofoto langsung cuss pulang soalnya babyZAM ditinggal dirumah :D 

Kegiatan meetup kami hari itu adalah tukar kado dibungkus koran (sudah disepakati di group line) dan memasang tagname masing-masing.
Kemudian ada juga loh spot sesi foto setoran untuk tema hari itu,  yaitu Bundar #UKbunderr jadi kak Leiha selaku tim kreatif menyiapkab props dan kue kue di mamacafe sebagai objek temanya hehe... Thankyou kak Leiha,  jadinya kita ga perlu lg susah2 cari objek untjk setoran tema hari itu. 
 

Suka banget sama semangatnya kak Ama yang demi kesempurnaan bird angel view, rela deh manjat-manjat kursi hihihihi..  
Pas pertama datang,  semua wajah terlihat asing bagi saya,  karena belum kenal betul kan hehe. Kecuali wajah yang satu ini,  kak Monalisa Januar...  Kakak kece yang juga gabung di komunitas instamakassar pecinta phone photography. Beliau juga gabung di #kompakersmakassar senang bs sekomunitas kembali sama kak monalisa setelah bareng di @HijabersMKS 3 tahun lalu (♡˙︶˙♡) 
Setelah sesi foto untuk setoran tema,  kami berbincang soal alas foto,  props,  lighting, dan kamera hape serta dslr. Sayangnya saya gak nyimak lama karena sudah harus balik. Sampai sesi tukar kadonya saya gak ikutin lagi. 
20menitan bersmama mereka alhamdulillah yang penting sempat mampir dan menyapa hehe..  Semoga dilain kesempatan,  atau meetup kedua bisa ikut sampai selesai kegiatannya.  Jazakillah ukhti kompakersmakassar (*´∇`*)