03 November 2015

Family Weekend : Ragunan

Assalamualaikum wr.wb
Salam semua, gimana kabarnya weekend kemarin kemana? hehe saya dan keluarga weekend ke Ragunan marga satwa di jakarta. Dua hari yang lalu, ummi dan sepupu saya datang ke Jakarta, cerita kedatangannya tuh buat menjemput kami yang sebentar lagi akan pindah ke Makassar, kan suami udah Mutasi ke Makassar tuh jadi sisa menghitung hari nih tinggal di Jakarta, tentu mau dihabiskan buat rekreasi dulu ke tempat-tempat rekreasi yang hits di jakarta (Weekend tanpa ke Mall) bosen sama mall, di Makassar juga banyak Mall katanya hahaha.


Sebenarnya agak galau juga mau datangin yang mana dulu nih? Taman mini, Ancol, Monas? rencananya hari sabtu kemarin mau ke taman mini, bawa semua anak-anak, tapi Papa nelpon katanya jangan dulu lah si dede di ajak kemana-mana biar rehat dulu, kan kemarin abis demam, jadi ummi gak ikut, tinggal di rumah aja, Suami siap sih nganter kemana aja, tapi dengan pertimbangan kalau ke taman mini pagi-siang itu puanaaassnya poll, hahaha... disaranin, ke Ragunan aja kan banyak pepohonan, abang juga bisa liat margasatwa Indonesia, karena selama ini cuma tau anjing-kucing-burung-cicak hahahaha!

Jadilah hari itu kita ke Ragunan, dari durensawit memakan waktu 90 menit, kita sempat lewatin jalan masuknya, jadi mutar balik deh hihi. Biaya masuk per orang dewasa Rp.4.500,- anak-anak termasuk bayi itu Rp.2.000,- di Pintu masuk ada peta ragunan dan petunjuk arah mau liat hewan apa. Ternyata Ragunan itu luassssssssss minta ampooooon!! harus jalan kaki kelilingin semua?? no way lah! jadi kami cuma sempat liat 4 jenis margasatwa saja, beruang, harimau, gajah dan onta. Kaki sudah pegel gak tahan jalan. Tapi bahagia sekali liat abangzam excited sama margasatwa yang dilihatnya.

"Kucing.... !! kucing...!!" teriak abang, padahal yang dilihat harimau dan macan*
ayahnya bilang "Itu harimau nak..." barulah abang bilang, "emauu...emau..."

"Anjii,,,anjiiii,.." padahal yang dilihat beruang. saya bilang, "Beruang nak..." abang lanjut, "Uam...uam..."

Lihat gajah, melongo... dia gak tau itu apa. hahahha! "Haloo gajah...gajah.. gajah.. halooo.." kata saya heboh. abang kemudian langsung ketawa riang juga, "Haoooo gajaaa.. gajaaa..."
Liat patung ikan, dibilang tetap ikan! iiiiiih pinter masyaAllah hehehe ^,^

capek jalan, kami ambil tempat untuk makan siang bersama, sebelumnya dari rumah bawa bekal. sehabis makan, rencananya mau lanjut jalan liat aneka jenis primata kayak orangutan, gorilla, monyet dan kawan-kawannya. tapi melihat jalannya, bikin kaki langsung kram. yaudah kita pulang, abang juga udah capek, ngantuk dia! hihih.
Mainan dan tempat bermain anak-anak zaman sekarang bisa dibilang banyak. Apalagi, harganya juga pasti mahal. Kalau masih seumuran abangzam, cepet bosan mereka sama mainan.

Saat ini memang banyak orangtua cenderung memilih mall sebagai tempat hiburan untuk keluarga, saya juga begitu, kalau weekend, pikirannya ngajak anak mall. Sesekali gak apa-apa memang, tapi ternyata kita tidak perlu menghabiskan banyak uang hanya untuk membuat anak-anak terhibur,. meski pun memang bilangnya "buat anak, apa sih yang nggak?!" tapii.. ada rulesnya kan?  jangan jadiin kebiasaan karena sebenarnya anak-anak akan cepat terhubung dengan apa pun di sekitarnya.

Tapi apalah saya masih buta soal parenting, anak masih kecil-kecil semua, bukan karena mau sok bawa-bawa teori begini begitu,  karena sebenarnya pengalaman di lapangan lah yang memberikan kita pelajaran. Sampai kini saya sudah tau kesenangan abangzam, anak saya ini memang pada dasarnya suka alam, saya dekatkanlah dia dengan apa yang dia senanginya. Orangtua gak boleh ego dong, meski saya lebih doyan di mall, adem, gak perlu capek jalan, kena debu dan lain-lain. Kali ini ke Ragunan kan bisa skalian mengedukasi akan pengenalan fauna.

Yuk sama-sama sharing soal weekend edukasi bareng anak baiknya kemana aja? :)

24 comments:

  1. Udah lama banget saya gak ke ragunan, ngeliatnya jadi pengen lagi kesana :)

    ReplyDelete
  2. Aku juga lebih suka yg ada binatangnya klo tempat piknik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak gusty benar, kalau ada hewan2nya jd lucu lucu gitu ditemenin ya hhe

      Delete
  3. ragunan emang asik ya murah dan lokasinya ngak jauh banget dari pusat kota ;)

    ReplyDelete
  4. senang rasanya berlibur sambil belajar :)
    anaknya senang ortunya lebih senang karena lebih irit, he..he.. :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak irawati : hahaha bener , iritnya bikin seneng :D

      Delete
  5. Jujur belom pernah ngerasain liburan ke kebun binatang kek gitu bareng keluarga duh :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Wida : ayoo mbak ke ragunan bareng keluarga,. Seru loh

      Delete
  6. Ortu hebat! (Y)
    Mengajarkan anak untuk lebih dekat dengan alam emang lebih bagus, biar mereka lebih peka dengan lingkungan sekitar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak ery : iya mama ficaa.. Na ikuti kakeknya dia hehaha

      Delete
  7. baaawaaa eskrim juga keragunan? ga cair itu xD
    aku pernah keragunan seneng banget itu ngeliat hewan2 ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak echa : hahah itu cuma tempatnya aja mom raffi.. Tempat ice cream dipake isi nasi wkwk

      Delete
  8. Mau pindah ke Makassar? Wiih asyik. Ternyata belum lama Qiah pindah ke Jakarta, harus segera balik ke Makassar :)

    Asyiknya ke kebun binatang yah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Mugniar : Iyaa kak suami bermohon pindah makassar, akhirnya di mutasi ke makassar heheheh

      Di makassar kebun binatang ada tp taman burung ji ya kak..

      Delete
  9. jerapahnya udah ada lagi belum mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Lidya : aq gak ke wilayah yg ada jerapah, udah ga kuat jalan hahaa

      Delete
  10. seru ya jalan-jalan lihat binatang, kalau musim panas, sama juga panas di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak astin : gerah nggak sih mbak, ttp adem karena banyak pepohonan rindang..

      Delete
  11. Heuhhh kangen ke ragunan >.< itu kenapa harimaunya kurus-kurus ih u.u

    Bawa ke ancol juga seru Qiah, ke seaworld. Kan adem tuh, si abang juga bisa lihat banyak ikan ^^ terus ke itu errrr *lupa* >.< yang anak-anak jadi profesi gitu, jadi pemadam kebakaran, jadi dokter. Tapi ku lupa nama dan tempatnya .-. #plak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dwi : sudah ke ancol jugaa tp nda masuk sea world, ngantrinya minta ampuun gak tahan abangzam, nangis2mi .. Hikss..huhuff katanya kalo mau ga antri datang malam.,

      Delete
  12. Saya juga lebih suka piknik ke alam. Kalo anak2 suka banget lah, ke kebun binatang :)

    ReplyDelete