07 October 2015

Workshop Blogging by Indonesian Hijab Blogger

Assalamualaikum,wr.wb
Bulan lalu di instagram @IHBlogger ada postingan yang nanya kalau seandainya IHB ngadain workshop bagusnya tentang apa dan siapa blogger yang pengen didatangkan untuk mengisi workshop tersebut? saya ikut nimbrung bilang tentang design, photo, atau layout gitu dong dan pengen banget kalau yang hadir tuh mbak Fifi Alvianto. Blogger idola saya yang udah sejak 2006 ngeblog dan saya ngefans sama hasil design graphicnya. Secara mbak Fifi juga founder majalah Laiqa. Lihat kan majalah laiqa designnya kece badai berkat sentuhan tangan mbak fifi di software editing graohic design. Dan pada akhirnya beberapa minggu lalu ada infonya tentang workshop ihb blogging part 1 yang speakernya tuh mbak Fifi alvianto. Yeaaaaaaaay!!! saya langsung daftar segera. 

Sebenarnya saya terancam gak bisa datang ke event ini karena mau balik Makassar dulu, tapi untunglah adik saya mau aja nungguin saya barengan ke Makassar nanti tanggal 4 nya karena tanggal 3 saya mau hadir dulu di acara yang saya tungguin banget ini hihihiw. Perjalanan dari Pondok bambu ke Menteng Square di bilangan Matraman ini memakan waktu kurang lebih satu jam. Suami sempat bete karena gak nemu jalan masuk, ada tanda larang mutar, belum tau musti mutar dimana, jadi bolak-balik dulu, baru setelah bertanya ternyata ada jalan lewat situ dulu baru bisa langsung mutar, masuk deh ke Menteng Square hihihi. Akhirnya sampe meski telat setengah jam. 
Pas masuk ke Nutrifood Inspiring Centre (yang letaknya dalam Menteng Square tower A) saya disapa sama beberapa tim IHB dilantai bawah, mereka langsung meminta saya mengisi daftar hadir lalu mempersilahkan ambil minum, HiLo Soleha rasa coklat dan langsung naik ke lantai dua
Saat itu mbak Fifi sudah membahas tentang layout sebuah blog, bagusnya bagaimana? menurut mbak Fifi, layout atau template blog itu haruslah yang SEO friendly dan mobile friendly. Yang simple dan eye catchy. perpaduan warna design blog juga jangan terlalu full color sampai warna tabrak sana tabrak sini. Mbak Fifi ngasih tips tentang komponen keseusaian warna, color palletenya gitu, misalnya monochrome, dan pastel. 

Gak ketinggalan juga mbak Fifi membongkar semua design blog yang jadi tren saat ini, tren blog ditahun 2015 yang paling banyak dan bagus untuk dipakai. mulai dari soal koposisi, fokus blog, side bar, komponen blog dan lain sebagainya.

Berlanjut lagi sesi tanya jawabnya. Suasananya homey sekali dengan settingan ruangan yang lesehan ini, jadi dibuat supaya makin akrab aja ngomong sama sang speaker dan tim Ihb serta peserta lainnya. Jadi nanya-nanyanya itu semacam curhatan sama teman sekamar hahaha! kita juga bahas soal Html, pagerank, domain dan hosting. 
Setelah sesi tanya jawab, mbak Suci Utami yang selaku moderator memberi arahan kepada peserta untuk rehat sejenak sembari menyiapkan perlengkapan untuk sesi praktek membuat moodboard. Saat sesi istirahat itu, saya turun kebawah dulu nengokin suami, nunggu dimana dia? hihih ternyata nunggu di cafe sebelah. Jadi lanjut lagi naik keatas untuk memulai sesi berikutnya. Goodie bag juga sudah dibagikan. Di dalam goodie bag tersebut, isinya : tumblr & voucher dari cantik.com, print artwork dari @besinikel, hijab dari @hijab_20k, jarcake dari @agitacakes, pudding dari @milliecakery, serta cheesestick dari @warungpakiyo.
Saat sesi kedua membuat moodboard ini, saya membawa spidol warna-warni dan gunting sendiri, karena sebelumnya memang sudah diinfokan di email tapi tim ihb tetap menyediakan perlengkapan tambahannya, seperti majalah bekas, sticker, dan lain sebagainya. Ada mbak Tiananda yang menjelaskan tentang untuk apa sih moodboard ini dibuat?

Sesi membuat moodboard layout blog yang diinginkan oleh masing-masing peserta. Jadi ceritanya abis dapat teori/ sharing & penjelasan dari Kak Fifi, ada prakteknya juga kan? nah sebagai prakteknya inilah sesi moodboardnya, membuat layout blog ke dalam kertas yang dianggap sebagai blog kita masing-masing. Bikin template blog gitu dari bahan majalah bekas dan sticker tagging yang sudah diberikan. Jadi ingat jaman SMA waktu jadi bagian dari tim mading (majalah dinding) hihihiw. 
Saya pun membuat moodboard saya, saya selalu suka kalau ada hal-hal beginian nih hahah, gunting kertas, dan lem. Sebelum memulai blog saya juga awalnya bikin sebuat moodboard, biar tau apa aja yang mau saya posting nanti di blog saya biar blog gak keteteran. Saya bikinnya menyesuaiakan dengan blog saya, ada header, page, dan side bar. menggunting majalah bekas, menyesuaikan ukurannya, jadi kayak ala-ala begitu deh. 

Saat sesi moodboard dikumpul, akan kak Fifi pilih 5 moodboard untuk dibahas bersama tentang tata letaknya. Tapi ternyata gak cuma dibahas aja masing-masing karya peserta tapi rupanya kak Fifi juga akan memilih 3 karya moodboard terbaik menurutnya, dan akan dapat hadiah goodie bag lagi. 
Dan, gak nyangka moodboardku terbaik kedua yang diumumkan kak fifi, kata kak fifi moodboardku rapi. Biar rame dan girly tapi tetap mengupayakan agar blog tampil Rapi, gak sembrawutan, kata mbak Fifi. Terimakasih mbak Fifi....... senangnya saya ihihihihiw
Terimakasih Ihb sudah mengadakan Blogging & workshop #1 ini yang dimana pada akhirnya saya jadi bisa ketemu dengan para blogger handal dan idola saya, jadi nambah teman didunia perbloggingan, tentunya nambah semangat untuk tetap ngeblog! Happy blogging all :-*
Yang paling spesial, terimakasih untuk ayahzam sayang yang sudah bersedia ngantar dan nungguin istrinya ini, sudah terus mendukung saya diberbagai aktifitas yang insyaAllah bermanfaat. muaach :* hehe.


photocredit : nianastiti.com & qiahladkiya.com

23 comments:

  1. yaa udah telat aku bacanya nih mbak. Kalau sama Mbak Fifi aku sekali pernah hadir acara di Bekasi

    ReplyDelete
  2. istri idaman :D
    Blogger hijab :)

    ReplyDelete
  3. lihat warna-warnya meja dan alas duduknya kok terbayang-bayang India ya :D

    ReplyDelete
  4. iyaa mbak design concept nya memang ala-ala leehan maroco
    kayak india gitu hehe

    ReplyDelete
  5. mbak lidya : oh iya aq liat liputannya tuh :D

    ReplyDelete
  6. Di mana-mana yang istrinya blogger banyak yang suka anter ya, hihiii

    Asik ya bisa ikut acara ini, diajak berimajinasi. Suka sama wardrobe-nya, asik gitu :D

    ReplyDelete
  7. Warna-warniii.... cantik bangeeett. itu yang punya ide dekorasinya kreatif banget ya mbak. sukaaa...

    ReplyDelete
  8. Selamat ya Mba Qia sudah menang challenge mokd board. Thankyou udah berpartisipasi di workshop IHB. Jangan ketinggalan workshop berikutnya ya, insya Allah bakal lebih seru :D

    ReplyDelete
  9. @Hidayah Sulistyowati: hhaha iya mbak, alhamdulillah hihihi ada suami nganter, kalo lg gabisa nganter ya disuruh naik taxi hahahhahaha

    @sofia zhanzabila: iya mbak ada tim decor-nya dari deluna decor party planner gitu mbak,. ala marocco, keren yaa :)

    ReplyDelete
  10. @NiaNastiti: makasiiih mbak nia say,.. insyaAllah kalau ihb bikin event, aq sempatin hadir dehh hihihiw..

    ReplyDelete
  11. Memang keren banget, suka dengan layout & designnya, juga foto2 di blog ini. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Lusi : aaaaah makasiiiy mak syg :-*

      Delete
  12. Zilqiah udah balik ke Makassar toh? Untung banget yaa timingnya pas bisa dateng :D
    Selamat yaaaa moodboardnya dipilih kak Fifi hihihiiii <3
    BTW liat poto candid eike jadi makin sadar kalo ga fotogenik wkwkwkwkwkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Tia : iya mbak aq balik Makassar dulu nih, minggu depan baru back to jekardah lagii :D heheheu makaaasih mbak syg.
      Foto candid mah yg penting aslinya glowing mbak,. Bumil glowing .. Sehat2 selalu ya mbak .

      Delete
  13. Seruuuuu ya acaranyaaaa.. Hahahhahhahaha...
    Gini nih bagus banget, ada ilmu baru yang bisa disharing, diluar pengertian tentang produk dan keistimewaanya hihihihi...

    Nice review mba Zil... Btw ada temenku disituuu, Tuty Saca hahahhahhaa.. Tar ak bilangin dia biar mampir kesiniii..

    ReplyDelete
  14. Mbak Roosvansia : brb* lgsg cek isi blog he iyaa produk review ngantri wkwkwkw.,
    Tuty temen duduk aq waktu itu, aq udah foto bareng berdua tp pake kameranya tuty,. Udah di tag di instagram haha, salamin yaaa mbak :-*

    ReplyDelete
  15. Wahahahahaahahaaa... Mana manaaaaaaa produk reviewnya *dikejer dateline hahahaahahahaaha

    ReplyDelete
  16. Wah, acaranya keren banget ya. Asyik, santai dan nggak formal XD
    Jadi kayak lagi hangout bareng gitu.
    Selamat ya kak dapat kedua terbaik! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Safira : iyaaaa lebih deket lebih akrab gitu critanya hehhe.. Makaaasih yaaaaa mbak ~_~

      Delete
  17. Heyhoo mbak Zil, ini aku tuty saca hehehe... Blog mbak baguss, aku follow ahh... Oia aku comot fotona mbak nanti aku kasih kredit ke dirimu, thanks

    ReplyDelete
  18. seruuu banget baca artikel ini, serasa ikutan hadir di acaranya :) foto2nya juga keren banget..


    ReplyDelete