12 September 2015

Tips Hemat Makan Di Holycow

Assalamualaikum dear pembaca blog ku :)
Sehat selalu ya. Aamiin
Semua pada tau kan ya Holycow steak house? sudah ada 15 Camp (cabangnya) di kota Jakarta-Jogjakarta-Bali-Surabaya dan yang terbaru, di Makassar. kalau kita googling wahhh akan nampak banyak blog yang menuliskan review-nya tentang makan di Hoycow, dan semua bilang ENAK!!! Di Indonesia, steak masih jadi makanan nomor kesekian-sekian, jauh dari makanan pokok. Beda dengan negara luar san ayang makanan hariannya memang dibuat steak. Orang makan steak musti pikir duakali baru jadi, karena range harga steak itu berkisar antara Rp. 100.000,- sampai Rp.500.000,- kok mahal gitu sih kan daging sapi di pasar segini-segitu aja harganya. Hehe, harga tidak akan menyalahi rasa. Untuk diketahui steak yang harganya mahal itu karena daging sapi yang digunakan adalah daging Wagyu.

Nah Holycow ini, dengan mengusung tagline "Wagyu for Everyone" adalah steak house yang didirikan oleh seorang chef bernama Aafit, yang dulunya kerja di stasiun TV nasional, tapi dapat pencerahan pengen buka steak house yang enak, mewah, tapi harga terjangkau. Kenapa prioritas utamanya adalah daging Wagyu? apasih daging Wagyu itu?

Wagyu adalah jenis ras sapi Jepang, yang sapinya sejak berumur 3 bulan, mulai masuk peternakan dengan desain khusus. Jauh dari keramaian, sepi, dan tenang, supaya sapi bebas dari stres. Suhu di dalam kandang terjaga agar tidak dingin atau panas saat terjadi perubahan cuaca. Sedemikian eksklusifnya, bahkan bagi setiap orang yang masuk ke dalam kandang wajib disterilkan supaya sapi tidak kena kuman. itu demi apa? demi daging yang empuk dan enak itulah. 

Yang sudah jadi pecinta steak, makan steak di holycow ini aslii lebih enak daripada kita makan steak di hotel-hotel bintang lima lainnya menurut saya dan teman-teman yang lain, paling utama juga ya karena lebih murah tapi Kualitas tetap dijaga sekali oleh Chef Afiit. di Holycow range makan steak mulai dari harga Rp.60.000,- sampai dengan Rp.300.000,- tetap aja mahal untuk seonggok 200gram daging sampai 400gram. ?? 

Sering saya biasanya ngajak teman, tapi beberapa bilang, "Duh... mahal ah, mending ke cafe ini aja" sama loh, biasanya kalo kita ke cafe, mesen makan minum, ujungnya juga harus berbayar Rp.100.000an kan? dan porsi makanan di cafe juga "gaya" banget alias gak cukup mengenyangkan, sedangkan di Holycow, makan 200gram daging dengan kentang tebal gurih, hoaamff mumbassoro' jadinya :D Tapi tenang, berikut saya akan kasih tips hemat makan di holycow. 

1. Datang bersama orang yang rela bayarin

Serius dong qi... !!! hihihi ini ya emang serius, tips pertama ya musti ngajak orang yang syaang dan cinta sama kita dan rela membayar semua makanan yang kita pesan dengan tulis ikhlas. kita gak perlu keluarin duit kan? yang doyan haratisaaaannnn manahhhh saranya? (ngacung*) wkwkwkw. Jadi waktu itu saya mengajak ayahzam makan di holycow, dia bukan pecinta steak tapi saat makan di holycow dia lahaapsss sekali. Alhamdulillah ya saya jadi bisa makan wagyu gratis :p hehehey

2. Perhatikan Menu dan Kenali Steak Pilihanmu

Ini yang penting, kebanyakan orang yang baru pertamakali berkunjung, kebingungan memilih steaknya. Kayak saya dulu, nanya-nanya aja ke mas-mas nya bilang "yang recomeded apa ya?" nyatalah dikasih tau yang mahal, wkwkwk. Tapi enak banged sih. Bisa juga kok pilih yang enak tapi lebih murah dibanding minta rekomendasi mas-masnya. Menu di holycow ini diurut menurut daging yang paling empuk dan harga yang paling mahal ke harga yang lebih murah. Jangan takut memesan yang murah, karena keempukan daging tetap dijaga, dan rasa sama enaknya. Tergantung pilihan tingkat kematangannya, mau reguler (masih agak mentah), medium (setengah matang), atau welldone (matang sematang-matangnya). pilihan sauce dan sayur juga. 

Nah kalau memesan juga, usahakan pesan steak seporsi yang agak mahalan, satu porsi aja, yang lain pesan yang lebih murah sedikit. trus, Enakan Sirloin, Tenderloin atau Rib Eye? Yang lemaknya paling sedikit mana? Apa sih bedanya primary cut dan secondary cut? Tingkat kematangan yang paling pas apa? Medium, Medium Well atau Well Done? 

Nah steak yang paling banyak lemaknya sekaligus yang paling gurih adalah Sirloin. lemaknya ada di sepanjang daging. Steak yang paling sedikit lemak sekaligus paling lembut dan harganya tinggi adalah Tenderloin. Steak dengan jumlah lemak yang tidak sebanyak Sirloin tapi lebih gurih daripada Tenderloin adalah Rib Eye. Lemaknya biasanya terletak melintang di tengah2 daging.

Dari menu diatas saya merasa hemat kalau pesan, Wagyu Sirloin, Wagyu Bolar blade, Prime Sirloin, Prime Rib eye. Dan enaaaaak mengenyangkan. kenapa dibedain harganya kalau sebenarnya kurang lebih sama aja enaknya? bedanya ada pada ke empukan daging, sekali iris langsung sreet kepotong, dikunyah sekali dua kali langsung hancur, yang menu diatas pesanan saya, agak sedikit memakai kekuatan tangan untuk motong, tapi disitu seninya makan steak kan? hehe :D kasih menu sekali iris sama orang yang males motong atau males ngunyah lama aja. #behihik

3. Manfaatkan Pembayaran Debit Mandiri

Holycow steakhouse sudah kerjasama dengan bank mandiri yang juga ikut memudahkan dan menghemat makan di holycow, dengan poin fiesta tentunya. Seperti saya waktu itu makan dengan ayahzam, pesanan kami, di bill untuk Wagyu Sirloin dan Prime Sirloin (include minuman) Rp.288.000,- bayar debit mandiri, ada fiesta poin Rp.150.000,- jadi cuma bayar Rp.138.000 aja yeaaayy. 

Tapi hari kemudian saya mau pakai fiesta poin lagi sudah tidak bisa sih, karena syarat dan ketentuan juga berlaku, bill pembayaran minimal diatas Rp.200.000,- Kalau cuma seratusan ribu lebih, gak bisa pakai fiesta poin. Jadi kalau mau manfaatkan debit fiesta poin, ajak teman juga ber-empat atau lebih, biar bisa dipotong fiesta poinnya sampai 30% bahkan 70% waktu promo agustusan kemarin. 

4. Datang Pada Hari Senin dan Selasa

Naaaaaah ini kesempatan yang luas seluas-luasnya, yang diberikan chef Aafit sama para carnivores pecinta holycow steak, karena di Menu tadi ada Paket combo yang cuma ada di hari senin dan selasa. Itu combo berdua dapat prime sirloin looooohh... nyaaaaaamssssss... include siftdrink juga. Combo berdua ini harganya Rp.158.000 ajaa, lebih hemat tentunya dibanding harga menu normal di hari lain. Saya waktu itu datang malam, dan masih ada!! lucky guest hhihohho karena kata mas-masnya biasanya sorean sudah habis paket combonya. 

5. Datang saat Hari Ulangtahunmu

Ini namanya berkah hari ulangtahun, kenapa? Holycow punya promo paten yang dari tahun ke tahun ngasih Free makan steak di setiap pelanggannya yang makan disana. Untuk tiap #camp berbeda-beda steaknya. Kalau di #campmakassar, free prime sirloin saja pilihannya. Tanggal 6 september lalu, kebetulan ulangtahun suami, memang rencana dinner di holycow mau buktiin beneran gak yaaa dikasih gratis? Gak pake "asal beli ini dulu, dengan syarat dan ketentuan biaya segini...bla..bla..bla.." tapi karena kami sudah gak di Makassar, jadi cari Holycow yang dekat dari rumah di Jakarta. Yang deket itu Kalimalang dan kelapa gading. Jadinya malam itu ke #campkalimalang.

Saat tiba di #campkalimalang , tempatnya ramai sekali loh, padahal sudah dua lantai #camp nya. Jadi kita disuruh menunggu dulu diterasnya. Untunglah saya gak terlalu menunggu lama. Saat memesan menu, saya tanya mas-masnya, 

"Mas ini dree prime sirloin-nya buat yg lagi ultah?" 
Mas-masnya mengangguk dan bertanya kembali, "ada yang sedang ulangtahun? Boleh lihat KTPnya?" suami mengeluarkan KTP, "Bisa silahkan langsung isi data disini". 
Ternyata itu aja syaratnya. Jujur memperlihatkan KTP kita dan mengisi form birthday holycow steakhouse.
"Pilihan free birthday-nya mau yang mana ibu? Prime sirloin atau Hokubee sirloin?" tanya masnya.
Hmmm... Saya belum familiar dengan daging hokubee, jadi saya pesan prime sirloin aja untuk suami. Tapi katanya daging hokubee ini daging sapi australi yang sudah dioleah sedemikian rupa dengan tekhnologi jepang, dijamin empuk juga. Untuk saya sendiri, tetap wagyu heheheheh, tapi kali ini saya memesan wagyu Petite tender, lagi pengen makan lemak yang juicy hehehey. 
Setelah pesanan kami datang, pelayannya membawa sebuah bandana lucu, bandana party tanduk domba bentuknya. "Untuk yang sedang ulangtahun, wajib dipersilahkan untuk memakai ini selama makan..." aaahahaha rupanya ada tantangan dibalik gratisan jiga yak hihihi. Awalnya kupikir suami ogah pakai itu, soalnya doski pemalu banget orangnya, tapi ternyata dipakai selama makan loh, untung waktu itu kita dilantai satu aja, tamu lain yang dekat meja tidak seramai yang dilantai dua. Hihihihihhih. Lucunya.
Baiknya pelayananya disana, kita bisa dibantu fotoin hihihhi, katanya jg kalau bawa cake, bisa dibantu nyalain lilinnya. Dan kalau gak ada cake, bisa bawa lilin, kasih ke mas-masnya nanti masnya pasang lilinnya dipinggir piring saji free steak-nya. Seru yaaa heheheh.. 
Setelah makan, yang dibayar cuma pesananku. Prime sirloin suami, beserta minumannya benar free!!! :) jadi yang ultah, segera ke holycow makan steak gratis hihihi.

Oh iya untuk sekedar diketahui, steakhpuse holycow sudah halal MUI, memang daging impor, tapi chef aafit memastikan pemotongan sapi dilakukan sesuai dengan syariat islam. Soalnya kan Chef Aafit juga muslim yang taat, insyaAllah. Setiap buka #camp baru, chef Aafit mengadakan pengajian :)

Sekian beberapa tips hemat makan di holycow steakhouse ala saya. Hehehe ^•^ salam carnivores

43 comments:

  1. Makkala' ka' liat foto "pucing pala Ayahzam" hahaha. Bisa-bisanya itu dapat pas mimiknya begitu, baru Qiah siap sekali posenya :D

    ReplyDelete
  2. Kak Niar: hahahah iya kak sengaja dia itu,, na tau bilang mauka selfie langsung na kasih lain2 posenya dia ugh. hahahaa

    ReplyDelete
  3. Sayang di Semarang belum buka cabangnya ya, kan bisa ikutan ngerayain ultah suami bulan ini hihiii

    ReplyDelete
  4. Di Yogya aku malah belum pernah makan di Holycow, jadi belum tahu rasanya apa sama dengan di Jakarta :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba indah.. Secabang lain diluar sama saja sepertinya rasanya mak indah hehe, kemarin makassar sm jakarta, sama semua.

      Delete
  5. Seru juga ya kalo pas Ultah ke Holycow..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak emma : haaha iya mba, nih diniatin bakal tiap ultah ke holycow.. Wkwkwk

      Delete
  6. Belum pernah ke holycow. Mainnya ke RnB di Jogja. Nyummy...

    ReplyDelete
  7. Kalau disini yang ultah pake topi king gitu disusurh pake xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak icha : iyaaa ada jg topi the kong itu tp dipakai duluan sama yg samaan ultah di lantai dua hihihik

      Delete
  8. di BEkasi kayaya belum ada ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Lidya " iya Blum ada mbak,, biasanya yg di bekasi kalau mau ke #campKalimalang deket .

      Delete
  9. Nuker fiesta pointnya gmn ya? Kmrn pingin ke holycow tp blm keturutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Linda : nanti saat bayar dikasir mbak, bayarnya pakai debit mandiri, kasirnya nanti kasih tau kalau kita punya poin fiesta, jd bisa ditukar (didiskon) bgitu aja mbak :)

      Delete
  10. Mauuuu saya jg maunya datang makan dg orang yg rela bayarin hehe

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah sudah halal MUI..gak ragu lagi mau ke sana

    ReplyDelete
  12. Untung yang buka di Makassar itu yang Senopati punya Chef Afit, jadi benar2 enak. Hahaha. Kalau yang satunya #suram soalnya.
    Tips dariku, coba pesan hokubee tenderloin, medium, dan pake blackpepper. :9

    ReplyDelete
  13. Wooow...steaknya menggodaaa...belum pernash cobain steak Holicow nih. Soalnya harganya bikin kantong bolong

    ReplyDelete
  14. salah satu favorit saya nih Holy Cow :)

    ReplyDelete
  15. Belom pernah nyobaaa, ntar nunggu diundang aaahh

    ReplyDelete
  16. Ya ampuuun lengkap banget tipsnya. Kami sekeluarga demen steak tapi kalau sering2 ya bangkrutlah krn anak2 sdh besar2, makannya banyak hehehee. Thanks infonya.

    ReplyDelete
  17. seringku lewati iniholycow karena dekat tempat kerjaku tapi ta sekalipun tertarikka kesana soalnya bukan makanan kelas anak kost-an bela. Tapi tisnya kak qia yang lumayanlah bikin hemat setidaknya nabung lagi nungguin 6 bulan kedepan baru kesana kalau kesampean

    ReplyDelete
  18. Tips pertama sudah aku ikutin mba hahaha...Dulu pas ke holycow di traktir pacal...Akh senangnya gratisan hahaha...

    ReplyDelete
  19. Huahhh setelah tau range harganya aku jadi pengen banget ke Holycow hehe

    Btw edit fotonya pake apa Mbak, kok ada panah2nya itu :3

    ReplyDelete
  20. mbak Kania : hahaha cuss mbak dicoba cari orangnya :>

    mbak Mrtiyarini : iya mbak, halal MUI

    Mbak Rara, : iya bener ya ada dua chef yg pakai nama holycow, yg terkenal sih memang chef aafit ini. aduuh siap mbak jd ngiler pengen secepatnya nyoba hokubee :-p

    Mbak Nunung Yuni : maka Itu mbak ada tips hematnya hehehe

    Mom Keke & Naima : sama kita mbak.

    ReplyDelete
  21. mbak irma : ayo mbak segera, bareng boleh hahah

    mbak Lusi : hahaha share pengalaman mbak :D iya bener kalau keseringan juga maaah gak tega juga sama dompet kwwkwk..

    Bimo : Iyow bimo, hahaha coba tips nomor satu saja dulu sementara ini

    mbak Handriati : asyeeeeeekkk hahah gratisan ya

    Mbak Hilda ika : segera mbak yuk. ajak dong hehe..
    itu fotonya diesdi tpake photoshop, sebelumnya download pllugin untuk brush panah2 dulu :D

    ReplyDelete
  22. hihihihi puciiing pala bapak zam, sayangnya ndak ada steak ikan diii ndak bisa ka kodong makan daging sapii *kunyah2 tisu

    ReplyDelete
  23. Aku di Holycow Kota Kasablanka pas ulang tahun bolehnya Chicken.. Kan aneh yaaa.. Padahal di web lain.. huuuuhhh ga asikk tuh.. hahahahahaa..

    Mbaaa yuuu,, aku suka liat editan fotonyaaaa.. Aku jatuh cinta balik *loh.. hahahhahahha..

    ROOSVANSIA | LOVE LIFE & MAKEUP JOURNAL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Roosvansia : yg di kasablanca itu bukan holycow chef aatif mbak, itu lain... Itu steak Hotel :D mmg ada nama holycownya tp beda sm chef aafit.

      Delete
  24. Aku juga mau posting tentang Holycow ^^ hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu postingannya dwii ~(^з^)-♡

      Delete
  25. Au juga suka makan di holicow, tapi agak suka bingung sama yang satu nya lagi, jadi gak bisa komentar banyak.. Ribet dinama nya. Soalnya aku suka dua dua nya hehehe... Sama aja menurut aku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak asti : iya mbak holycow by chef Aafit ini. Kalau yg satunya lagi itu Steak Hotel by holycow.

      Delete
  26. andai datang berdua, tapi hanya yg ulang tahun yg makan gratis

    apa bisa ya ??
    jadi steak gratisan karena ultah tadi dimakan berdua gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa kayaknya mba harus ada pemesanan satu menu lain

      Delete
  27. hahahha, berarti minimal tiap taon bisa gratis makan sekali di HC yaks....
    BTW sampe sekarang masih berlaku tidak gratis untuk yg HUT tsbt???

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh
      iya sampe sekarang masih berlaku kok,, asalkan bawa teman dan temannya yg beli steak harga normal

      Delete
  28. Mba, mau tanya dong, itu edit fotonya pake apl apa ya?

    ReplyDelete
  29. Wah bisa-bisa tipis nih dompet saya kalo makan disini hehehe. Di Semarang belum ada ya?

    ReplyDelete
  30. Butuh Berita Terbaru Tentang Otomotif..? berita otomotif terbaru Aja
    Kami Juga Bekerja Sama Dengan brand activation indonesia

    ReplyDelete