25 August 2015

Prenagen Education Journey 2015

Assalamualaikum wr.wb.
Ibu semua tau Prenagen kan? Prenagen adalah rangkain susu untuk Ibu hamil dan menyusui, disaat Ibu hamil memerlukan banyak nutrisi untuk membantu kesehatan Ibu dan Bayi untuk tumbuh dan berkembang dengan sempurna dan sehat. Prenagen mengadakan sebuah event yang bertajuk "Pregnancy Education Journey" yang merupakan acara dengan konsep interactive talkshow bertema ““Momen Indah Menanti dan Merawat Si Kecil”, kita para Ibu akan mendapatkan banyak sekali informasi berharga langsung dari ahlinya, dr Nasrudin AM SpOGdr. Boy Abidin, SpOG dan Irene F. Mongkar sebagai pakar stimulasi anak. 

Acara ini diadakan di 10 kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Bandung, Semarang, Denpasar, Pekanbaru, Palembang, dan Makassar. Untuk Kota Makassar, event ini dilangsungkan pada hari Minggu, tanggal 09 September lalu. Rupanya event ini adalah event tahunan loh buibu. Dan event Prenagen ini diadakan dibawah nama Kalbe Nutritional yang sudah sejak 2011 tiap tahunnya di beberapa kota di Indonesia. Saya tau informasi tentang event ini dari seorang teman, Kak Unna, mama anak satu yang tengah hamil anak kedua, Kak Unna menginfokan lewat postingan Path. Dan jadilah akhirnya saya berkesempatan untuk hadir di acara tersebut di Sandeq Ballroom Hotel Grand Clarion. 

Acara mulai pagi itu pukul 09.00wita tapi saya baru bisa hadir jam 10.00 wita. Sebelumnya saya sudah registrasi online jadi tinggal membayar HTM sebesar Rp. 100.000,-  on the spot itu dapat satu goodiebag dan snackbox serta yang paling penting lagi, dapat pelajaran baru dan pengetahuan baru tentang tumbuh kembang anak. Terlebih saya yang baru jadi ibu, harus banyak-banyak meraup kesempatan menambah ilmu tentang Parenting.
Ini seminar parenting yang paling ramai yang pernah saya ikuti, paling seru dan paling keren eventnya loh!! ada ratusan ibu-ibu yang datang, ada yang mendapat info lewat telpon dari prenagen, koran, dan lain sebagainya. Kita juga bisa bawa anak dan suami, karena ini tentang bagaimana menjadi orangtua luarbiasa, jadi Ayahnya anak-anak boleh ikut. Tapi saya datang sendiri aja hihi.


Prenagen memang wajar dibilang minuman nutrisi ibu hamil nomor satu di Indonesia. Acara tidak langsung dimulau begitu saja dan space event tidak hanya tentang pembawaan materi. Disana kita bisa konsultasi prakehamilan, hamil, dan menyusui, bersama pakar kesehatan, juga berkesempatan belajar melalui demo menarik seperti mempelajari tangisan bayi, cara dan fungsi memijat bayi, dan masih banyak lainnya.

Saat masuk ke ballroom, karena telat ya dapat kursi dibelakang, dan ternyata materi dari dr Boy Abidin yang sekaligus sebagai dokter spesialis & penyakit kandungan dan konsultasi fertilitas Endrokemologi Reproduksi, sudah hampir selesai, untung saja meski begitu masih ada yang bisa saya serap untuk saya share disini, yaitu tentang :
Periode emas yang sangat penting dalam masa pertumbuhan anak. Faktor-faktor yang mempengaruhi di periode emas yakni selain stimulasi dan nutrisi juga kesehatan fisik ibu dan imunitas. Dimana kesehatan fisik ibu sangat mempengaruhi berhasilnya periode emas ini. Katanya, sebagi seorang calon ibu, tidak boleh stress atau cemas dalam tiap bulan pertumbuhan bayi dalam kandungannya. Pertumbuhan otak anak memerlukan gizi atau nutrisi. Apa yang kita masukkan dan makan akan menjadi diri kita. Bayi baru lahir serabut saraf otak belum banyak tapi sudah terbentuk semakin lama akan makin banyak, mulai dari 1000 hari pertama atau 3 tahun pertama sejak pembuahan sangat penting. Semakin banyak serabut otak maka imajinasi dan kreatifitas anak makin tinggi.
Kemudian masuklah materi yang dibawakan oleh Bubun (sapaan akrab*)  Irene F. Mongkar. Beliau membuka materinya dengan bertanya kepada para peserta, "Bu, mau gak naknya lucu kayak begini...?" kemudian di layar ditampilkan video seorang bayi berusia 4 bulan yang lucu mengikuti gerakan ayahnya, ayahnya bergerak, dia bergerak, ayahnya diam, bayinya diam. "Mau gak?" tanyanya lagi. Sontak seluruh peserta bilang "Mau...!!!"
"Kalau mau, ayooo dirangsang dong anaknya, berikan stimulasi yang baik dan benar!" 
Bubun Irene begitu atraktif menerangkan materinya tentang stimulasi anak.
Ringkasnya, hal penting yang disampaikan bubun Irene disini adalah tentang gerakan anak, tahap tumbuh kembang anak jangan sampai ada yang terlewatkan, yaitu : 
  • Merayap
  • Merangkak
  • Berdiri
  • Berjalan
Sekarang banyak orangtua yang langsung senang kalau anaknya langsung berjalan, tanpa melewati proses merayap dan merangkak. Mengatakan kalau anaknya hebat sudah bisa langsung jalan. Padahal itu tidak baik loh. "No, No, No... jangan dibiarkan anak kita melewatkan proses merayap dan merangkak, sedapat mungkin semua naak harus melewati proses Merayap dan merangkak, kenapa ?? 

Karena apabila tahap merayap dan merangkak dilewati, maka akan timbul masalah dikemudian hari, seperti :
  • Kurangnya konsentrasi
  • Tidak mudah fokus
  • Tulisan tangan akan jelek
  • Kordinasi Tangan dengan Mata tidak sinkron
  • Mudah jatuh
  • Tidak suka membaca
  • Lemahnya kemampuan memahami tiga dimensi
Selanjutnya tentang pertumbuhan dan perkembangan otak, adalah suatu proses yang dinamis dan terus berkembang, anak haru terus bergerak aktif agar orangtua dapat mengetahui sejauh mana tumbuh kembang anak. Bubun Irene juga berujar, 
  • "Anak jangan mau sengaja digemukin bu!! anak gemuk itu orangtuanya yang senang, tapi anaknya gak senang dia gemuk! kenapa? dia akan susah bergerak, keslel dia!" 
  • "Kita kalau ajak anak main, kita sebagai orangtua harus heboh seheboh-hebohnya, jangan pelan suaranya harus kenceng, biar anak semangat!!"
  • "Tugas ayahnya nih ajak anak olahraga kalau pagi, ayuin-ayunkan tubuhnya ke atas dan kesamping"
  • "Anak cerdas, ceria itu karena orangtuanya yang pinter menstimulasi"
Lalu berlanjutlah ke sesi tanya jawab, kebetulan yang bertanya waktu itu adalah sepupu saya, Irma. dia menanyakan tentang gejala babyblues. katanya "Apakah ibu yang melahirkan lewat proses sesar itu rentan mengalami gejala babyblues?"  
Pertanyaan itu dijawab oleh dr. Nas "Tidak ada pengaruh babyblues dengan melahirkan lewat sesar, melahirkan normal pun bisa terkena babyblues karena penyebab utama postpartum blues adalah faktor fisiologis, yaitu perubahan hormon yang sangat drastis dalam tubuh ibu pasca melahirkan. 

Saat hamil, hormon estrogen dalam tubuh memuncak. Namun setelah melahirkan, hormon tersebut langsung menurun secara drastis. Nah, perubahan drastis inilah yang menyebabkan perubahan mood alias postpartum blues. Jadi sebagai ibu kita harus menjaga moodagar lebih stabil stabil dan dengan begitu babyblues berangsur-angsur hilang.

Selanjutnya terkahir sebelum materi di tutup, Bubun Irene berpesan lagi, 
"Anak gak butuh mainan yang banyak dan mahal, anak cum abutuh waktu kedua orangtuanya yang ajakin main. Orangtua adalah tempat anak bermain dan belajar, jangan sia-siakan keberadaan anak dengan menitipnya di tempat penitipan bayi. Orangtua lah yang harusnya menyempatkan waktu untuk ajak anak bermain." 
Suasana di ballromm berubah sepi, pesan dari bubun Irene seperti menyentuh kami semua sebagai orangtua yang mungkin kemarin agak lebih mementingkan keperluan sendiri dibanding menyempatkan diri mengajak anak bermain. Bubun Irene meminta kami semua berpegangan tangan, yang abwa suami, merangkul istrinya yang sedang hamil. lalu bersorak lantang mengucap "Kita adalah orangtua yang Luar biasa," :) ya setiap orang yang menjadi orangtua, adalah orang yang luarbiasa.

Setelah pembawaan materi selesai, acara ternyata belum selesai juga loh, masih ada sesi belly dance untuk memperlancar kehamilan ibu hamil. kenapa musti nge-belly dance ? 

Ada banyak manfaat yang bisa didapat oleh ibu hamil dengan melakukan belly dance untuk kehamilan. Yang pertama adalah mengurangi dan membakar kalori. Memang, ibu hamil membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak, karena bisa dikatakan, saat ibu hamil, mommy memberikan makan tidak hanya untuk tubuh ibu sendiri, tetapi jua untuk bayi didalam kandungan ibu.


Oleh karena itu, banyak kasus dimana ibu hamil mempunyai tekanan darah yang sangat tinggi, karena kalori yang dimakan 2 kali lebih banyak dari biasanya. Dengan melakukan olahraga ini, maka sebagian besar kalori tersebut akan terbakar. Selain itu, Belly Dance banyak menggunakan otot disekitar perut dan pinggul, artinya tarian ini melatih otot daerah tersebut. 

Hal tersebut sangat penting untuk memperkuat otot perut yang menunjang bayi didalam kandungan. Ini juga menyebabkan rasa nyeri yang biasanya ibu rasakan saat mengandung, khususnya pada bagian punggung hilang. Kemudian pada saat persalinan, latihan yang didapat Mommy hamil dari belly dance akan mempermudah keluarnya bayi. Selain pengaruh pada kondisi fisik Mommy yang sedang hamil, tarian ini juga dapat membuat pikiran Mommy menjadi lebih nyaman dan rileks. 

Lucu loh liat ibu hamil nge belly dance gitu hihihi. Saya gak ikutan lagi, yang gak ikut belly dance boleh keluar untuk berfoto booth. Lalu menunggu pengumuman doorprize dan mengambil box Lunch, than... pulang :)
Terimakasih Prenagen
semoga semakin banyak event parenting berikutnya yang bisa saya hadiri
insyaAlllah. aamiin ^^











14 comments:

  1. goyang blly dance nya ko g di video padahal pengen tahu gerakan nya mbak he

    ReplyDelete
  2. Kaosnya bagus unyu2 :) godie bag isinya juga banyak dan dapat ilmu banyak. Di sby saya ngelewatin acaranya nih :(

    ReplyDelete
  3. @sinta: iya mbak ada videonya cuma belum aku edit dan masukin sini, nanti ya insyaAllah hehehe

    ReplyDelete
  4. @Diarysivika: iyaa goodie bag nya seabrek
    dapat snack box sama lunch enak banged hihi
    wah padahal surabaya yang pertama tuh

    ReplyDelete
  5. Wah aku mau coba bellydance ahhh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa segera dwii hihi
      Terimester akhir itu bagus
      ~(^з^)-♡

      Delete
  6. Acaranya seru... sayang Jogja nggak kebagian acaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal jogya masuk daftar kok mbak..
      Apa gak jadi yaa..
      Seru n bermanfaat skali acaranya :)

      Delete
    2. Padahal jogya masuk daftar kok mbak..
      Apa gak jadi yaa..
      Seru n bermanfaat skali acaranya :)

      Delete
    3. Padahal jogya masuk daftar kok mbak..
      Apa gak jadi yaa..
      Seru n bermanfaat skali acaranya :)

      Delete
  7. cantiiiikkk
    jadi ke event prenagen ini sekaligus mau nambah lagikah? :D *nyengir

    ReplyDelete
  8. cantiiiikkk
    jadi ke event prenagen ini sekaligus mau nambah lagikah? :D *nyengir

    ReplyDelete
  9. @suria riza: hahaha ke evetnnya kan buat bibu muda juga hihihi nambah lagi ya boleh tapi insyaAllah 10 tahun kedepan yaaaa hihihiks

    ReplyDelete
  10. Waah bandung udh lewat ya mba?
    Seru banget itu kayanya >,<
    Mksh ya mba udh share :)

    ReplyDelete