10 May 2015

Marugame Udon Makassar

Tanggal 03 Mei kemarin, Resto ala Jepang "Marugame Udon-Udon & Tempura" ini resmi dibuka di Lantai 1 Mall Panakkukang (venuenya dekat dengan Solaria dan Bumbu Desa) sebelumnya sudah ada di Jakarta dan Bandung juga (entah di Kota lain mana lagi) sejak dibuka, postingan teman di sosial media juga sudah rame soal resto baru ini. Seperti biasa karena penasaran juga jadi pengen coba juga. Kalau soal makanan korea sudah pernah di Gokana-Jakarta, nah mau coba lagi dong makanan Jepang ini. Tempura dan Udon. 

Saya termasuk buta mengenali makanan-makanan Jepang, biasanya cuma liat di J-dorama (drama Jepang) yang setiap shoot gak pernah ketinggalan adegan makan-makannya. Tempura itu apa? Udon itu apa? Rasanya bagaimana? Terbuat dari apa? Harganya berapaa ? Sama sekali blum pernah tau.

Nah akhirnya tadi, ada kesempatan saya jalan ke Mall Panakkukang. Sembari berniat belanja juga, saya mampirlah ke Marugame Udon. Saya juga janjian sama Kak Vita Masli, salah satu Blogger Makassar yang Hits :D penyuka drama Korea, Jepang, Taiwan dkk yang juga salah satu co founder situs review film Korea.


Yup, jadi pertanyaan paten juga tentang ke-HALAL-an Chinesse food dan kawan-kawannya. Syukurlah Marugame Udon sudah punya sertifikasi Halal MUI jadi tidak khawatir deh. Rata-rata pengunjung juga Muslim tidak kalah banyak dari warga-warga china/Tiongha di Makassar. Dan pelayannya juga rata-rata berjilbab semua. 

Proses pemesanan, kita order langsung didepan pintu masuk, begitu mengorder langsung dibuatkan dan langsung disajikan. Sambil menunggu kak Vita, saya dan sepupu mengorder duluan.
Tidak lama setelah mencicipi orderan Udon dan Tempura yang saya pesan, kak Vita juga sudah datang dan langsung juga mengorder menu pilihannya sendiri. 
Ini dia list menu yang saya order, terdiri dari Nasi-nasian, Mie (udon), dan goreng-gorengannya (Tempura)
Di sini cuma ada 3 jenis tag menu minuman, Ocha tea, Air Mineral, dan soft drink. Ocha tea nya sebenarnya free isi ulang tapi harus ambil gelas ocha nya dulu. Biayaya gelas ochanya itu Rp.10.000,-  per gelas.
Selesai makan, kita foto-foto hihi serasa di Jepang :)
Sekarang mah tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk mencicipi bagaimana rasa Udon dan Tempura, tidak juga harus di Jakarta baru bisa nyoba :D di Makassar sudah ada, masuk Mall Pabakkukang dan ketemu deh.. suasana ala-ala Jepang.

Oh iya sampai lupa soal rasa dan perbandingan harganya. Rate harga mulai dari 40ribu sampai 50ribu untuk menu Nasi dan jenis udonnya, pilihan Tempuranya mulai dari 10.000 sampai 15.000 saja. Menurut saya sih porsi iya besar dan mengenyangkan. Soal rasa kembali lagi ke asaz selera yang tidak bisa dipertentangkan :D dan sebagai penutup review, karena sudah kenal bagaimana makan Udon dan Tempura, jadinya ya merasa cukup satu kali saja lah kesininya. Hihihiih.

2 comments:

  1. marugame udon beneran udah dapet sertifikat halal MUI mba?
    udah pernah liat sertifikatnya?
    soalnya saya search di google dia masih terkendala penggunaan mirin di beberapa sup nya

    ReplyDelete
  2. FYI, menurut beberapa sumber blogger penikmat kuliner yang mewawancarai manajer marugame udon setempat, memang benar MU tidak menggunakan produk olahan babi (daging, lard, minyak babi dsb). Namun demikian ternyata MU masih menggunakan "MIRIN"... dikutip dari wikipedia " bumbu dapur untuk masakan Jepang berupa minuman beralkohol berwarna kuning, berasa manis, mengandung gula sebanyak 40%-50% dan alkohol sekitar 14%. Mirin digunakan pada masakan Jepang yang diolah dengan cara nimono (merebus dengan kecap asin dan dashi) dan campuran untuk berbagai macam saus, seperti saus untuk kabayaki (tare), saus untuk soba (soba-tsuyu), saus untuk tempura (tentsuyu) dan saus teriyaki"
    Pertanyaannya sekarang, dengan mengandung mirin apakah MU tetap bisa dibilang halal?

    ReplyDelete