28 April 2015

Bisa Memimpin Karena Terbantu Oleh Layanan Operator Efisien

Yang namanya pemimpin, dibenak kita pasti terlintas sosok lelaki. Jarang ada yang langsung membayangkan sosok perempuan. Memang sih lumrahnya lelaki memimpin perempuan. Tapi kalau dalam suatu komunitas yang anggotanya hanya khusus perempuan, jelaslah ketuanya atau pemimpinnya perempuan juga :)  saya pernah diamanahkan untuk mengetuai sebuah komunitas. FM3 (Fotografer dan Model Muslimah Makassar) namanya.

Karena seorang ketua komunitas bertugas menggerakkan anggota-anggotanya, maka sudah barang tentu saya harus memiliki kriteria dan sikap yang lebih dari anggota-anggota lainnya. nah kriteria ketua komunitas yang khusus perempuan ini bagaimana? yang utamanya haruslah yang "Lincah" dan punya banyak "Koneksi".

Namanya juga ketua harus berada di depan untuk menangkap semua informasi yang masuk. Berkomunitas tidak hanya duduk ngumpul bersama orang yang memiliki hoby yang sama kan? harus ada inovasi yang menggerakkan bahwa komunitas tersebut layak dan bermanfaat bagi masyarakat. Salah satu kontent tugas pentingnya adalah Publikasi dan Komunikasi.

Komunitas yang saya pimpin ini kadang menuai anggapan "dianggap enteng" oleh beberapa komunitas lain yang anggotanya bercampur dengan lelaki. Ada beberapa yang bilang , "Bisa apa aja sih mereka, cewek semua?" maka dengan ini saya akan membuat satu pembuktian bahwa komunitas yang saya pimpin ini bisa selangkah lebih maju daripada komunitas lain yang anggotanya kebanyakan lelaki.

Sudah sejak tahun 2011 saya mepimpin komunitas tersebut, hingga kini komunitas itu masih dengan ke eksistensiannya membuat sebuah event yang bertajuk edukasi, hiburan, dan sosial. Semua karena apa? karena itu tadi, Koneksi harus bagus ke masyarakat. Layanan komunikasi ke masyarakat harus aktif.

Jaman sekarang yang dimaksud komunikasi tidak perlu turun ke jalan menghadiri suatu pertemuan atau bertatapan langsung untuk menyampaikan apa yang ingin disampaikan. Sekarang lebih efisien pola komunikasi virtual dong lewat sosial media. Sejak dulu saya termasuk orang yang aktif di sosial media, terhubung dengan banyak orang, sekota atau tidak, senegara atau tidak. Semua itu tidak akan seberhasil sekarang mendirikan komunitas tanpa konek ke sosial media. Dan yang membuat semuanya jadi lancar adalah adanya .........................
yuuupp ... karena sekarang ada XL Unlimited , saya sudah menemukan tarif layanan operator yang pas untuk saya dan anggota-anggota komunitas, serta masyarakat lain yang tertarik terhadap visi misi komunitas kami. Dengan penemuan inilah saya membuktikan, bahwa perempuan juga bisa memimpin, membawa sebuah komunitas berada di depan, setingkat, sederajat kualitasnya dengan komunitas lain yang pemimpinnya lelaki.

XL Axiata sebagai salah satu penyedia jasa layanan selular terbesar di Indonesia juga turut ambil bagian dalam proses penyiapan pemimpin masa depan ini. 

Tahun 2015 adalah angkatan keempat pelaksanaan XL Future Leaders, sebuah program dari XL Axiata yang mengkhususkan pada penyiapan anak-anak muda terbaik negeri ini untuk menjadi pemimpin masa depan.

Tiga pilar utama yang disusung XL Future Leaders adalah; komunikasi efektif sebagai kunci calon pemimpin untuk menyampaikan pendapat dan bernegoisasi, Jiwa Kewirausahaan dan Inovasi termasuk kepekaan dalam melihat peluang yang akan mengantar pada keuntungan ekonomis; serta Kemampuan Mengelola Perubahan yang di antaranya mampu beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi dan menjadikan hal ini sebagai peluang emas untuk dimanfaatkan. (dikutip dari website resmi XL Axiata)

foto by me : event launching hotrood XL 2012 @benteng rotterdam


 Internet bersama XL mempunyai beberapa dampak positif terhadap saya, yaitu:
  • Sebagai media komunikasi, saya bisa berkomunikasi dengan teman-teman yang lainnya yang mempunyai minat yang sama terhadap visi misi komunitas yang saya bangun. Tentunya untuk meraup anggota-anggota dan menjalin kerjasama.
  • Sebagai media pertukaran data, saya bisa saling bertukar informasi dengan waktu yang cepat. Bisa menemukan beberapa sponsor untuk pelaksanaan event komunitas. Oh iya dan PT. XL axiata Tbk juga sudah beberapakali menjadi sponsor event komunitas kami.
  • Sebagai penambah wawasan dan pengetahuan, saya dapat mengambil banyak informasi mengenai pelajaran dan tidak didapatkan di sekolah atau dikampus, di komunitas banyak sekali yang lebih muda dari saya, nah saya sebagai yang tertua tentu harus bisa juga mengedukasi adik-adik :)
  • Sebagai bisnis, misalnya bekerjasama dengan beberapa Perusahaan yang ada kaitannya dengan visi misi komunitas, sehingga dapat menjadikan sumber pendapatan. 
Beruntung sekali yaa,, komunitas saya eksis karena XL axiata :) 
Postingan ini dalam rangka mengikuti lomba menulis untuk wartawan dan blogger dari XL Axiata khusus untuk regional Makassar


No comments:

Post a Comment