04 March 2015

Workshop & Graduation Maysa 3

Assalamualaikum wr. wb
alhamdulillah akhirnya tiba masa Penamatan Model Muslimah Maysa angkatan yang ke tiga. dan akhirnya baru bisa saya posting di blog :D acara graduation yang dirangkaikan dengan workshop sehari bersama Maysa Muslimah Modeling Course dan Fashion Show koleksi terbaru Dian Pelangi (Tropical Dress) alhamdulillah berjalan dengan lancar. tiga bulan masa belajar di Maysa course tentu saja menyisakan banyak kegiatan yang bisa dikenang oleh siswi-siswi yang mendaftar. angkatan ke tiga Maysa Course ini lebih banyak daripada angkatan pertama dan kedua tahun lalu, jumlah siswinya ada 30 sehingga dibagi menjadi dua kelas, kelas A dan kelas B. materi pelajaran yang mereka dapat adalah : 
  • fashion and Styling class yang di mentori oleh +dara alvira  
  • makeup dan catwak class dimentori oleh +Riny Ilyas 
  • Modeling Photography class oleh saya +Zilqiah Angraini yang angkatan kali ini lebih digantikan dan di isi oleh dara dan riny atau teman-teman fotografer Makassar yg bersedia membantu proses kelancaran foto class.
  • dan sebagai tambahan pembelajaran ada Manner class dibawakan oleh +Ikmal Hudzaifah 
setiap bulannya di tiap pembelajaran kelas ada ujiannya masing-masing, semacam review bagaimana mereka menanggapi apa yang sudah di sharing oleh mentor mereka masing-masing. setelah tiga bulan, dianggap selesai deh semua materi. dan diadakan lah graduation dan pemberian sertifikat agar supaya teman-teman yang ingin melebarkan sayapnya diluar sana bisa mendapat "nilai tambah" untuk jenjang menuju Model Muslimah yang lebih profesional lagi. seperti halnya Maysa angkatan pertama dan kedua kemarin :) nah, siang itu .....
nah, siang itu acara dijanjikan mulai pukul 13.00 wita. dengan perundingan dresscode yang sudah disetujui yaitu pink-hitam sesuai dengan nuansa warna yang terlihat pada logo Maysa. peserta workshop pun sudah hadir sebelum acara dimulai, memilih lokasi event di EatOut memang tidak salah karena letaknya strategis dan berada ditengah kota, pun penyediaan venue dan pelayanannya sangat baik. saya, dara dan riny telah siap untuk mengisi acara workshop nya. alumni Maysa angkatan pertama dan kedua juga turut serta hadir meramaikan. 
sponsor event yang sebagian besar adalah butik Hijab fashion juga hadir membuka tenant loh. salah satu diantaranya adalah Moschaict butik yang brand ambasadornya model kece indah nada. Moshaict membawa jualannya berupa pashmina, square hijab, dan beberapa bross cantik. salah satu tim moshaict makassar juga ikut serta mendaftar workshop modeling. selain Moshaict, ada tenant alat makeup Wardah dan yang utama adalah Dianpelangi butik Makassar yang tenantnya diskon loh.
tepat pukul 14.00 wita acara dibuka oleh Moderator yang kemudian......
dilangsungkan dengan Tarian Paddupa oleh beberapa siswi Maysa tiga. tari paddupa memang dikenal sebagai tarian pembuka acara di sulawesi selatan. dan see? berhijab juga bisa membawakan tarian dengan busana pakaian adat baju bodo seperti yang dibawakan siswi model muslimah maysa angkatan ke tiga ini :) 
seperti biasa setiap acara ada ketua panitia acara disitu dan karena ini adalah acara Maysa tiga, makanya ketua panitianya juga dari mereka. Sandra, kembali membuka acara dengan sambutan-sambutannya yang berterimakasih kepada seluruh pendukung acara. Mulai dari tempat, sponsor, peserta yang hadir, sampai mentor-mentor maysa. Moderator kemudian memberi hiburan dulu sebelum langsung ke Workshop, yaitu Fashin show DianPelangi butik Makassar.
Koleksi dress terbaru Dian Pelangi ini diberi judul Topiculture, yang kata Ikmal (Manager Butik Regional Makassar) adalah penggabungan seluruh buah Asia yang memiliki iklim Tropis, antaranya adalah Nanas, semangka, anggur, dan lain sebagainya. berangkat dari inspirasi itu jadilah dress dengan warna dan motif yang terlihat lebih segar, plus bermaterial nyaman dan dingin. tambah lagi kesegarannya karena diperagakan oleh model-model Maysa :D hehe
selanjutnya masuklah ke sesi Workshop yang dimana para peserta sudah tidak sabar menunggunya. Makeup class by WARDAH kosmetik halal pertama di Indonesia khusus untuk para muslimah.
Kurang lebih 30 menit tim wardah kosmetik membawakan kelas makeupnya dan menyulap para peserta jadi berwajah ceria dan fresh. selanjutnya langsung deh workshop photography class yang saya isi setelah peserta diperkenalkan tentang saya oleh moderator. diiihh gaya ibu hamil bawa materi sambil duduk yaa hehe maklum kalau berdiri lama langsung suka pegal-pegal. usia kandungan disini udah masuk 27 weeks soalnya, udah berat hihi. tapi alhamdulillah apa yang rencana saya ingin sharing kepada teman-teman peserta yang hadir bisa saya sampaikan dengan lancar. 
saya memberikan beberapa point tentang karakter seorang Model muslimah. yang perbedaannya dengan model tidak berhijab harus jelas. inti poin yang saya bawakan adalah poin ke empat yaitu tentang Paham berpose di depan kamera. jelas dong seorang model muslimah harus "paham" bukan sekedar tau saja. Paham adalah proses pengetahuan yang sudah lebih dimengerti dengan benar daripada hanya sekedar cukup tau. 
Materi yang saya bawakan tentang Muslimah di Depan Kamera memiliki beberapa poin penting juga, yaitu : 


  • Nyaman dengan penampilan : dalam artian agar setiap model muslimah bisa aktif berkreasi dengan posenya tanpa terganggu dengan pakaian yang dia kenakan. tentunya tidak membentuk lekuk tubuhnya atau tidak sampai membuat aurat terlihat atau tersingkap. kalau sudah nyaman berpakaian, akan ada rasa aman. dan hasil foto juga feel nya dapat.
  • Perbanyak latihan di depan Kaca
  • Ekspresi dan Fokus mata : Sering kita melihat beberapa model muslimah yang berfoto dengan ekspresi yang kurang etis, yakni memonyongkan bibir, sengaja mengangkat bibir, mengeluarkan lidah dan ekspresi memberi kesan "mengejek" lainnya. saya menyampaikan himbauan ini agar janganlah sampai model muslimah sering mengekspos foto dengan ekspresi tersebut. apa salahnya tersenyum dengan manis ? :D
  • Percaya Diri
  • Bekerjasama dengan Tim Pemotretan : setiap model muslimah dan fotografernya yang tau kalau pemotretan ini bersama dengan model muslimah, harus ada kordinasi dibelakang layar untuk bersama-sama menghasilkan suatu foto yang tidak memunculkan kesalahan kaprah tentang pose model muslimah yang sexy mengundang. ini penting, agar fotografer dan modelnya harus saling ingat mengingatkan.
Workshop selanjutnya tentang Styling class oleh Dara, point penting yang dara sampaikan di workshopnya adalah tentang kreasi mengaplikasikan Fashion agar tidak ada lagi model muslimah yang berpakaian serba ketat hingga menonjol seluruh bentuk tubuh. ada banyak tips dan tricknya yang dara sampaikan dengan gayanya yang stunning dan seru. peserta jadi lebih takjub dengan pemanfaatan pashmina yang bisa jadi outer (baju luaran) 
kemudian Riny dengan materi Catwalk class nya. menyampaikan bahwa seorang model muslimah di atas panggung/catwalk, ketika berjalan tidaklah harus terlalu melenggak-lenggokkan badannya. cukup dengan berjalan anggun, bersahaja dan tetap berkharisma. Riny juga langsung mengajak peserta workshop untuk mmpraktekkan bersama cara jalan ala model di atas catwalk.
serunya peserta langsung prakter berjalan ala model bersama kak Riny

Setelah workshop yang begitu dinikmati para peserta, waktunya memasuki acara inti yaitu graduation Maysa angkatan ke tiga yang dibuka dengan parade Fashion Show. terlebih dahulu membawakan busana sponsor. diantaranya adalah Yetz boutique, PinkHana butik, MyRin by Ririn, Moschaict Hijabstore, dan Hijabstory butik. seluruh siswi Maysa angkatan ke tiga yang hadir graduation tampil dengan karakteristik yang mewakili label butik masing-masing tadi.
setelahnya barulah Graduation dibuka dengan sambutan perwakilan mentor Maysa dan penyerahan kategori "The Best Student" di lima bidang kelas. Kelas A dan B kategori the bestnya masing-masing terbagi atas The Best Makeup, The best photogenic, The best catwalk, The best Manner, dan The best Style.
ini dia mereka yang terpilih dan layak mendapat selempang "The Best"nya masing-masing. sayangnya The best photogenic dua orang tidak bisa hadir graduation. selamat ya untuk kalian. barakallah atas penghargaan yang kalian terima.
untuk angkatan ke tiga kali ini ada lagi satu di tautkan "The best" yaitu THE BEST MAYSA III dimana siswi yang mendapatkan kategori the best of the best ini adalah yang terbaik nilainya untuk seluruh kelas yang telah diikuti. baik dari segi style, catwalk, makeup, photgraphy, dan utamanya adalah manner. suatu kehormatan bagi saya untuk diberikan wewenang atau giliran untuk menyematkan selempang THE BEST MAYSA III tersebut kepada siswi yang terpilih. selamat untuk Nur Afiah
Afiah, The best Maysa III tampil membacakan puisi dengan tema Sahabat.
Empat siswi maysa III menyanyikan lagu bersama yang judulnya "Arti Sahabat" 
di Maysa mereka menemukan sahabat barunya :) 
alhamdulillah, barakallah atas graduationnya semua ya adik-adik maysa
semoga silaturrahim tidak hanya sampai disini. diluar maysa kalian tetap bisa saling menjalin silatturahim bersama, berkegiatan bersama dan tetap menambah ilmu bersama. tetap semangat dan terus berusaha lagi untuk menjadi profesional memang penting tapi lebih penting menjadi baik dimata publik, karena model muslimah itu santun dan ramah. tetap rendah hati.
terkhusus untuk dua sahabatku, Dara dan Riny. selamat atas prestasi kalian mencetak tiga angkatan Model Muslimah Di kota Makassar ini dengan nama Maysa. kalian lah kuncinya. semoga kalian terus senantiasa didoakan adikadik alumni Maysa untuk kebaikan.
untuk adikadik alumni Maysa, maafkan segala kesalahan dan kekurangan yang mentor-mentor kalian miliki, jika selama berjibaku dengan kalian ada salah kata yang sengaja ataupun tidak disengaja. jangan menyimpan dendam di hati. sebaik-baik muslimah ialah yang hatinya memaafkan. bagaimanapun mentor-mmentor kalian hanyalah manusia biasa. saling menghormati dan sayang menyayangilah. terimakasih untuk telah mempercayakan Maysa Course sebagai tempat kalian menimba ilmu tentang Modeling Muslimah. jazakillah khairan katsir.

wassalamualaikum wr.wb


No comments:

Post a Comment