Kuliner : Bakso Boeing Gowa

27 March 2015
Assalamualaikum wr.wb
kuliner kali ini mau ngebahas tentang bakso yang terkenal enak di Kabupaten Gowa. awal saya tahu tentang bakso ini ya dari testimoni teman-teman yang tinggal di Gowa, rata-rata teman SMA ya kan dulu saya SMA nya di Gowa, (SMA Neg.01 Sungguminasa) saya kurang begitu tau sejarahnya kapan bakso boeing ini ada dan menarik hati teman-teman saya yang sampai sebegitu hebohnya update di sosial media tentang bakso ini. penasarannya sudah lama sih, tapi bar berkesempatan kemarin mampir untuk membuktikannya. 
yuuuup,, ini gerobak khas dari bakso boeing, gerobak merah 01 yang jadi tanda kalau ini lah bakso boeing. lokasinya juga bukan seperti kios bakso kebanyakan. cuma satu meja dan bangku panjang yang memuat 4-6 orang makan ditempat. jadi, ngantri yaaa pak ibu :)) tapiii rela deh orang-orang ngantri demi makan bakso ini di tempat. ada juga loh yang bahkan mesen tapi duduknya cari tempat lain, atau sekedar makan di mobil. jam-jam baksonya rame tuh sekitar jam 12 siang sampai jam 3 sore, kalau sudah ashar sudah agak sepi. nah saya datang kesana pas ashar tapi ya gitu, udah habis bakso halus dan tahu putihnya. ini penampakan bakso boeing dalam seporsi.
sudah khas bakso Sulawesi selatan, texture baksonya kasar, yang sejarahnya dimulai dari bakso Toraja, alih-alih disebutnya menjadi bakso kasar. kalau di Jakarta/solo biasanya disebut bakso urat gitu. tapi masih beda texturenya dengan khas bakso kasar sulawesi ini. apalagi soal rasanya pada bakso boeing. kuah beningnya dengan rasa yang khas ditambah "Lombok kuning" nya yang juara pedesssssnya. untuk satu porsi bakso harganya Rp.10.000,- dan kerupuk/gorengannya Rp.1000,- sebiji. disediakan juga kacang goreng dan burasa untuk menambah varian. ngilerr yaa.. sekarang jd tau kenapa bakso boeing begitu rame dibicarakan di sosmed sama teman-teman.
ada juga teman yang lama diperantauan, rela kembali ke Makassar dan langsung meluncur cari bakso boeing ini loh. hihihi makanan wajib katanya kalao ke Makassar. Oiya, Bakso boeing Gowa itu cabang, awalnya ada di Makassar jl. bontomangape (sekitar alauddin) untuk yang tinggal di Gowa nggak usah jauh ke Makassar turunnya, berikut saya sertakan mapsnya. gak tertulis sih tapi letak bakso boeing Gowa ini ada di dekat rumah kopi k.one (sebelah kiri) selamat mencoba mengunjungi 

Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature