27 February 2015

Persiapan Materi Workshop

Assalamualaikum wr.wb 
kali ini lagi galau. hihihi ..... ceritanya awal bulan nanti, yang terhitung sisa 3 hari lagi, pas di tanggal satu +MAYSA COURSE (Tempat kursus modeling muslimah pertama di Makassar) akan mengadakan serangkaian event. event ini bertajuk graduation sebenanrnya, dimana setiap 3 bulan habis masa belajar, akan diadakan penamatan. sampai sekarang ini @maysacourse sudah mencetak 2 angkatan alumni, sistem penyelanggaraan graduationnya simple saja, event hiburan, kenangan, testimoni, dan pemilihan the most untuk sertivikat dan selempang. dan itu hanya khusus kalangan keluarga Maysa saja. Tapi di graduation yang ke Tiga ini, berbeda.

Runding punya runding usut punya usut banyak yang menanyakan "kapan buka kelas untuk angkatan ke empat?" pertanyaan itu belum bisa founder jawab (Riny, +dara alvira  dan saya sendiri +Zilqiah Angraini) kenapa? karena memang pada awalnya kesepakatan kami hanya akan membuka sampai angkatan ke tiga saja berhubung karena saya sudah tidak sempat lagi berkecimpung sebagai mentor photography class nya maklum sudah jadi emak-emak dan harus ikut suami pula, Riny yang sebagai mentor catwalk dan makeup juga sudah sulit membagi waktu ditengah kesibukannya melanjutkan kuliah dan statusnya sebagai seorang pengajar di sekolah dasar. Dara pun begitu, kontrak kerja di kota Makassar sebagai brand manager butik Dianpelangi sudah ia selesaikan dan tahun ini akan kembali hijrah ke kota asal, Jakarta.

berangkat dari pertanyaan lewat inbox fanpage Facebook Maysa itulah pada akhirnya Maysa Course membuat event graduation yang dirangkaikan dengan Workshop! bagi setiap sahabat muslimah di Makassar yang mau belajar bagaimana caranya menjadi model muslimah yang baik,karena di workshop satu hari bersama Maysa ini sahabat muslimah akan diajarkan bagaimana caranya berjalan ala model, makeup, styling hijab, bepose ala model muslimah dan photo sesion. juga sebagai sponsor organizer akan ada fashion show koleksi terbarunya Dian Pelangi juga Tropiculture yang insyaAllah akan dibawakan oleh model-model Maysa yang telah lulus di angkatan ke tiga ini. dan..... Workshop ini juga terbuka bagi sahabat muslimah yang belum berhijab lhooo (siapa tau selesai ikut workshop ini jadi ingin benar-benar berhijab )
lalu kegalauannya dimana? :D jadi saat perencanaan event ini sampai waktu ditentukannya pelaksanaan, posisi saya ada di Jakarta waktu itu. sudah bilang ke Dara dan Riny kalau tidak bisa hadir nanti, cuma bisa membantu dari segi publikasi aja. memang sejak awal kelas maysa tiga saya sudah tidak turut serta, untuk mentor photography class dara dan riny jadi merangkap menggantikan saya :) kadang juga di isi dengan teman fotografer di Makassar yang sedia membantu. 

Tapi karena saya sudah di Makassar,
jadilah saya diajak kembali sama Dara untuk mengisi workshop photoclass. tentunya saya tidak serta merta mengiyakan bisa apa tidak. saya memang sudah biasa berdiri dihadapan teman-teman untuk sekedar sharing pengalaman fotografi muslimah modeling ataupun memotret langsung modelnya dan membantu sesi pemotretan lainnya. yang saya khawatirkan adalah apakah nanti saya bisa maksimal sharingnya dengan keadaan "baru lagi kembali" setelah beberapa bulan lamanya vacum hahahaha..haha.. :D selain itu juga saya harus izin suami dulu (ini penting) hehe. setelah di izinkan suami, saya kemudian berpikir lagi, materi apa yang harus saya berikan nanti ya? ehhehe ...

barulah kepikiran tentang updatean status facebook saya yang beberapa bulan lalu
Fotografer yang motret model, kalau tau modelnya berjilbab (muslimah) sebaiknya jg harus mengerti jenis pose yang pantas, biar kalau modelnya "lupa" bisa diingatkan, dan juga angel dan komposisinya harus mengimbangi... Sama-sama saling kerjasama mengingatkan lah dan mengatur bagaimana hasil foto bisa punya esensi amar ma'ruf. Tidak hanya asal jepret.
Dari status saya itu ada komentar yang muncul, "Iya ya kadang suka bingung kalau liat model berjilbab tapi posingnya sexy mengundang..." tring.... langsung deh saya buat kerangka materi untuk hal ini. sebenarnya sudah sering saya ingatkan sahabat modeling muslimah di Maysa tentang hal ini dalam bentuk peragaan langsung tidak lewat teorinya. mudah-mudahan nanti pas hari H saya bisa memberi materi tersebut, minimal 5W1H nya dan saling sharing-sharing pengalaman. sampai jumpa di event nanti ya insyaAllah. 
“Ilmu itu ada tiga langkah, barangsiapa yang baru masuk pada langkah pertama ia sombong, langkah kedua akan tawadhu’ dan langkah ketiga akan mengetahui dirinya tidak mengetahui…” (Kitabul ‘ilmi Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin)

Padahal kesombongan tidak selayaknya terdapat dalam hati seorang muslim, apalagi penuntut ilmu.

saya bukan profesional, masih sangat banyak pengetahuan tentang fotografi yang belum saya dalami. juga pengetahuan tentang muslimah yang belum saya pahami. kita sama-sama saling sharing untuk kebaikan dengan tujuan bersyiar, bahwa menjadi seorang muslimah bisa memegang profesi apa saja. tingkatkan derajat Islam, bangun budaya Islam di bumi Timur, negeri kita. Indonesia. khususnya Makassar, sehingga yang belum berhijab menjadi terinspirasi untuk segera berhijab dan mengetahui kewajiban mengenakan hijab. setiap wadah punya ladang dakwah berbeda. 
wassalam :)

No comments:

Post a Comment