25 February 2015

BabyZAM 7 Month

Alhamdulillah tak terasa abangZAM sudah menginjak ulangbulannya lagi yang ketujuh bulan. dan sudah selama dua bulan MPASI. dari awal mulai MPASI saya sedikit was-was terhadap menunya, ini bagus gak ya kalau di campur begini, enak gak ya? mau dimakan gak ya sama abangZAM? hehe makanya saya tanya-tanya kebeberapa teman yang sudah memberi MPASI lebih dulu. dari berbagai varian menu selama dua bulan ini akhirnya sudah bisa tau juga kesukaan abangZAM apa dan bagaimana. rangkumannya yaitu :
  • abangZAM gak suka ikan. pernah beliin ikan salmon untuk dicampur dibuburnya, belinya memang sepotong dulu. kemudian saya rebus dan blender lalu dicampur ke bubur saringnya yang sudah ada sayurnya. dua hari menunya itu makanannya ga pernah habis dan kebanyakan abangZAM sering GTM (gerakan tutup mulut) kata ummi sih mungkin saja cara saya mengolah salah, mungkin abangZAM ngerasa anyer sama ikan salmonnya. kalau kata ayahnya sih selera abangZAM sama kayak ayah, ga suka ikan yang mahalan dikit, sukanya ikan tongkol aja kali sama kesukaan ayah hehehe.
  • Suka banged daging Ayam dan Hati ayam.
  • Bosan kentang wortel 
  • Nggak suka kalau makanannya di blender. maybe karena terlalu encer atau bagaimana ya dia ngerasanya jadi gak cruncky kalau makan makanannya yang diblender. tapi kalau di saring dia jadi lahap,,hap,,hap,, makannya :d
  • Lumayan suka menu Belut. ummi kemarin dua hari bikinin makan abangZAM pake belut yang direbus. dan hasilnya alhadulillah semangkok penuh makannya dihabisin. saya rada khawatir siapa tau abangZAM alergi tapi syukurlah sampai saat ini tidak ada gejala yang menunjukkan dia alergi terhadap ikan belut.
  • Minta Stop makan sambil tidur. yeahh sekarang abangZAM lebih suka makan sambil digendong dan jalan-jalan depan rumah, atau dikeretanya. 
Makanan yang sehat penting untuk pertumbuhan fisik dan kecerdasan anak, karena itu asupan makanan ini harus sesuai dalam hal kualitas dan kuantitasnya. saat MPASI sebenanrnya yang dilihat bukanlah soal banyak makannya anak. tapi bagaimana cara dia makan. jangan ada paksaan. kalau nggak suka atau udah gak mau makan pas disuap. singkirkan segera makanannya kata kak Unna (Mrs.awaluddin) jangan sampai anak trauma sama yang namanya makan. kalau sampe jam makan anak jadi seperti takut atau bagaimana. itu yang harus lebih diperhatikan sih saat anak MPASI :) yup bentuk kebiasaannya sejak dini mungkin.

dan alhamdulillah dua bulan berjalan MPASI nya abangZAM bikin dag dig dug serrr juga.. satu hari kadang ngga habisin makannya, perasaan kecewa dan takut, gimana kalau seterusnya begini? malas makan? tapi jadi seorang big mama itu harus positif thinking sama anak :D harus berpikir yang baik-baik, "anak ku rajin makan kok, besok pasti habis makanannya, cara makannya pasti bagus" tanamkan itu terus dipikiran. karena itu juga termasuk suatu doa. jadi mama jangan terlalu sering uring-uringan dan membanding2kan anak dengan anak teman/sodara/atau keluarga yang lain. karena setiap anak itu pertumbuhan motorik kasar dan halusnya berbeda-beda. yuk yuk positif thinking :D

selamat ulangbulan yang ke tujuh bulan ya abangZAM, si dede aco dikandungan usianya 26W ini semoga kalian berdua selalu dalam lindungan dan rahmat Allah subhanawata'ala. sehat walafiat kian usia. 
aamiin ^_^

No comments:

Post a Comment