23 January 2015

BabyZAM 6 Month : MPASI

Assalamualaikum. alhamdulillah babyZAM genap 6 bulan. waktunya untuk memberinya makan selain susu. istilahnya MPASI gitu ya (Makanan Pendamping ASI) tapi karena babyZAM ga ASI eksklusif lebih tepatnya jadi MPSufor aja hihihihi.  Okedeh mau cerita dikit soal cerita persiapan makan perdananya babyZAM.  Sebenarnya dulu waktu usia 4 bulan babyZAM sempat dua hari diberi makan pisang sama neneknya (swmangad amat yak.. ) tapi pas konsul ke dokter eh malah disuruh stop dulu nanti tunggu 6 bulan pas katanya hehehe.. Jadi selama menunggu usianya genap 6bulan itu saya searching2 tentang menu Makanannya. Nimbrung juga lah saya ke forum buibu muda yang berpengalaman,  cek per cek ternyata ada dua "kubu" yang memberikan pemahamannya ttg makanan pertama anak.

Kubu pertama : Puree buah/sayur
Kubu kedua : bubur nasi campur sayur/daging

Kalau saya tanya-tanya tetangga,  anak-anaknya rata2 langsung diberi bubur nasi campur sayur yang dimasak kemudian disatukan dan diblender. Sebagian teman-teman saya juga begitu, langsung memberi bubur nasi. Tapi sebagian juga ada yang kurang setuju terhadap kubu kedua ini,. Ada yang bilang untuk organ pencernaan anak bisa beradaptasi diberi Puree saja dulu. Karena bukan soal banyak makannya tapi soal penerimaan organ pencernaannya.  Kalau saya pikir, iya sih ada benarnya juga. Karena itulah sempat terjadi perdebatan antara saya dan ummi..  Saya mendukung kubu pertama dan ummi berhasrat di kubu kedua ini.  Pengen langsung memberi cucunya bubur nasi dan sayuran. Dengan alasa sudah berpengalaman. Hehehehehe.... Galau lah saya. Sambil saya mencoba untuk membujuk ummi, mencoba menjelaskan, saya dapat share juga dari Dokter Specialis Anak-nya tetangga yg katanya kalau mmg sudah 6 bulan,  itu sudah bisa kok makan lgsg bubur nasi, asalkan dihaluskan,  bisa jg dicampur sayur2an. Pun juga artikel dari rekan ibu2 di infobunda. Guide MPASi menurut WHO. 

mpasi who 

Kalau baca artikel itu kubu kedua naik tingkat soal kecocokannya dengan pemikiran ibu-ibu muda yang newbie serta dilema galau kayak saya.  Hehehe jadi baiklah. Bismillah hari itu juga neneknya langsung masak makanan perdana untuk babyZAM.
Sayuran dan ati ayam kampung yang sudah dimasak, senuanya dicampur ke bubur kemudian disatukan untuk diblender sampai halus, campur susu formulanya.  Susu formula babyZAM saya pilihkan morinaga BMT saat ini. BabyZAM disuapinnya ditidurin biar ga banyak goyang hihihi maklum babyZAM termasuk bayi yang gak bisa diam. Tapi alhamdulillah saat makan dia ga banyak gerak juga.  Mungkin karena indera perasanya bekerja jadinya agak bertanya2 gitu dalan hati hahaha... Oiya ini ga pake celemek.  Kalo dipakein celemek,  percuma juga soalnya babyZAM suka tarik2 celemeknya nutupin mukanya kemudian main cilukba!!  :p ini ekspresi dia ketika disuapin makanan perdananya :)
Alhhamumma barikhlana fi ma razakh tana wa ki na adzabannar....  Meniatkan menyuapi sebanyak 7 sendok makan aja,  tapi alhamdulillah suap demi suap,  babyZAM suka dan ketagihan.  Makannya senang dan kunyahnya pintar. Hihihi senangnya. Semoga cocok ya dan berkah ya nak makanannya bisa menyehatkan, da menguatkan. Aamiin. Semangat makan!! 

No comments:

Post a Comment