31 December 2014

Real Parents

Assalamualaikum wr.wb.
Menikah... bagi seorang wanita memang merupakan sebuah pilihan dan sebuah keputusan. ketika saya mengambil keputusan untuk menikah, artinya saya harus siap dengan apa yang akan menjadi kodrat saya sebagai wanita selanjutnya. setelah menikah, belum sempat fokus baik-baik mempelajari  lebih dalam tentang menjadi istri yang baik dalam mengurus suami, eh ALHAMDULILLAH sudah diberikan amanah sama ALLAH untuk jadi seorang ibu di tahun pertama pernikahan kami.

hectic ya waktu berjalan begitu cepat, pasca melahirkan, membesarkan anak bulan demi bulan, pindah rumah, hijrah ikut suami ke Jakarta, akhirnya saya beneran jadi orangtua, jadi ibu, ngurus anak suami dan berumahtangga sungguhan >_< hohohehehe,..
Orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam membesarkan anak, Menurut Thamrin Nasution, orang tua merupakan setiap orang yang bertanggungjawab dalam suatu keluarga atau tugas rumah tangga yang dalam kehidupan sehari-hari disebut sebagai bapak dan ibu.Jika menurut Hurlock, orang tua merupakan orang dewasa yang membawa anak ke dewasa, terutama dalam masa perkembangan. Tugas orang tua melengkapi dan mempersiapkan anak menuju ke kedewasaan dengan memberikan bimbingan dan pengarahan yang dapat membantu anak dalam menjalani kehidupan. Dalam memberikan bimbingan dan pengarahan pada anak akan berbeda pada masing-masing orang tua kerena setiap keluarga memiliki kondisi-kondisi tertentu yang berbeda corak dan sifatnya antara keluarga yang satu dengan keluarga yang lain. Yup! mari kita mengemban amanah tersebut. 
saya juga sempat membaca sebuah artikel, tentang bagaimana menjadi orangtua yang sesuai dengan anjuran Alquran. didalamnya ada kutipan dari ustadz Budi. 
“Sangat sulit jika orang tua belajar menjadi orang tua sambil jalan. Seharusnya, ia memahaminya sebelum menikah dan berketurunan,’’ ujar Ustaz Budi. 
Alquran, sudah mengajarkan semuanya, mulai dari cara membentuk keluarga hingga cara yang tepat bagi orang tua untuk mendidik anak-anaknya. Alquran juga mengajarkan bagaimana pola hubungan yang baik antara orangtua dan anak. Quranic Parenting berusaha mengkaji ayat demi ayat dalam Alquran, yaitu ayat-ayat yang membahas pendidikan sebagai orang tua dan bagaimana pendidikan orang tua pada anaknya,’’ katanya. kalau kupikir iya sih memang benar, seharusnya sebelum menikah, setiap wanita sudah haru SIAP kan atas apa yang harus dipelajari dan dijalaninya, tidak hanya sekedar bilang "pelan-pelan belajar..." tapi bersungguh-sungguh akan terus mengkaji dan mempelajari tentang menjadi orangtua yang baik sesuai dengan anjuran alquran. 
 
dilanjut katanya pasangan suami-istri harus kompak, sepaham, tentang pola pendidikan anak. Tentu saja jadikanlah pedoman Islam sebagai dasar pembinaan anak. menuurtu saya juga kita harus banyak berdoa kepada Allah agar diberikan keturunan yang shaleh. kita Mencintai anak dengan tulus Wujud kasih sayang seorang ibu maupun ayah kepada anaknya tidak hanya dalam bentuk pemenuhan kebutuhan materi saja kan? tetapi juga dalam bentuk sentuhan-sentuhan halus kepada anaknya. Dalam Islam, sentuhan kasih sayang dan ciuman kepada seorang anak tidak hanya menunjukkan kecintaan seorang ayah kepada anaknya, tetapi juga bisa mengantar menjadi ahli surga. seperti Rasululllah SAW bersabda :

“Perbanyaklah kamu mencium anak cucumu karena imbalan dari setiap ciuman adalah surga” (HR. Bukhari)

Ya Rabbi,. semoga saya dan suami saya mampu membangun keluarga shaleh. Masyarakat Islam bagaikan bangunan kokoh. Keluarga bukan saja sebagai sendi terpenting dalam bangunan tersebut, tetapi juga menjadi unsur pokok bagi eksistensi umat Islam secara keseluruhan.
“Orang mukmin yang paling sempurna adalah yang paling baik akhlaknya dan paling lembut pada keluarganya” (HR. Tirmidzy)

Aisha dress by @sunriselovers from reseller @ananda_widia (ig)


No comments:

Post a Comment