25 November 2014

4 Month BabyZAM

Rasanya baru baru kemarin saya meninggalkan rumah sakit dengan membawa pulang bayi mungil yang baru lahir. Dan sekarang saya sampai pada serangkaian perkembangan baru bayi saya, babyZAM yang menyenangkan. Alhamdulillah berat badannya di usia yang ke 4 bulan ini 6,4KG dan panjangnya 63cm. banyak yang bertanya, babyZAM sudah bisa apa aja? sudah bisa banyak :D hehehe... kalau seperti bayi pada umumnya ya fasenya dia mengeksplore suaranya, berteriak kencang melengking dan sering :D. soal tengkurap dia kini sudah bisa menopang tubuhnya sendiri dengan kedua lengannya dan lehernya sudah bisa diangkat tegak. sebenarnya sudah bisa sejak 3 bulan tapi dia masih setengah mati kelihatannya hehe masih butuh bantuan dan kepalanya susah tegak, sekarang 4 bulan dia Mulai belajar mengguling-gulingkan tubuhnya ke kanan dan ke kiri.Lengan, tubuh bagian atas dan leher babyZAM semakin kuat, dan sebentar lagi dia mungkin akan bisa duduk tanpa bantuan. hihihihi.

nah kalau soal Perkembangan motorik, perkembangan motorik itu adalah proses tumbuh kembang kemampuan gerak seorang anak. katanya kalau pada 2 bulan pertamanya gerakan refleks masih dominan, di usianya yang menginjak 4 bulandominan bayi sudah lebih bisa mengekspresikan dirinya dengan cara menggerak-gerakkan tubuhnya atas kemauannya sendiri. Tangan dan kakinya semakin bebas bergerak dan otot lehernya juga semakin kuat. babyZAM pun sudah bisa menegakkan kepalanya sejajar dengan tubuh dan menggunakan tangan untuk penopangnya. Genggamannya semakin erat dan mulai senang memindahkan mainan favoritnya dari satu tangan ke tangan yang lain. Jadi, menurut bebrapa forum bunda yang saya baca-baca katanya inilah waktu yang baik untuk memberinya banyak rangsangan.

Membedakan antara apakah perkembangan motor kasar dan halus bayi kita sudah termasuk normal atau tidak, merupakan hal yang sulit. karena tiap bayi perkembangannya berbeda-beda loh... Ada yang lebih cepat perkembangannya, ada juga yang lambat. Jadi, kalau ngeliat bayi kita perkembangannya tidak secepat bayi teman-teman yang lain, jangan buru-buru dianggap sebagai ada kelainan... Sangat mungkin hal ini terjadi cuma karena bayi tersebut kurang mendapatkan stimulasi sehingga kemampuan motoriknya tidak terasah dengan baik. semakin baby mulai berkembang mengeksplore banyak hal yang dipelajarinya, semakin kita sebagai ibunya ekstra mendampingi dan mengawasi :) 
Ingat bahwa bayi adalah mahluk kecil “yang tidak berdaya” dan sangat bergantung kepada orang lain, dalam hal ini Anda sebagai orang tuanya. Sudah merupakan tugas sebagai orangtua untuk terus memantau perkembangan motoriknya dan memberikan rangsangan yang sesuai dengan usianya agar si kecil berkembang secara optimal.
babyZAM ku termasuk bayi yang sangat aktif, suaranya tidak bisa diredam hehe, dan gerakan tangan dan kakinya susah diam, nanti tidur baru deh dia diam hhihi.. dan juga babyZAM  akan melihat, tersenyum, menggerutu kepada siapa saja yang memerhatikannya. sistem emosinya katanya sudah lebih tajam, karena babyZAM diusia 4 bulan perlahan Mengenali suara orangtuanya dan tidak suka saat ada yang berkata “tidak” atau "jangan", "gak boleh!" walaupun dia belum paham maksudnya. hihihihihi,...babyZAM juga akan cepat marah kalau botol susunya di ambil padahal dia belum selesai menyusu haha,. atau marah menangis mengungkap kekecewaannya karena masih pengen main tapi sudah di naikkan di ayunan untuk di tidurkan :D Suka juga keluarin air liurnya, mainin air liur, menggigiti mainannya sambil ngoceh-ngoceh tidak jelas kadang juga teirak. sudah gampang diajak tertawa.
Subhanallah... Alhamdulillah.. MasyaAllah, tidakberhenti ku ucap syukur tiap melihat perkembangan my babyZAM :)
Ya Allah, Jadikanlah dia anak yang sehat dan sempurna, berakal yang cerdas, yang alim, dan mau mengamalkan ilmunya. Ya Allah, Panjangkalah umurnya, sehatkanlah tubuhnya, baguskalah akhlaqnya fasihkanlah
dan merdukanlah suaranya untuk membaca Al-Quran dan Al Hadist dengan berkah Nabi Muhammad SAW

No comments:

Post a Comment