17 June 2014

Pelantikan Pengurus FFSS 2014-2016

Assalamualaikum wr.wb
kegiatan komunitas dan organisasi saya minggu ini adalah tentang pelantikan badan pengurus baru di Federasi Fotografi Sulsel. pasti pada nanya apa sih itu federasi? pake pelantikan segala? nah, sebelumnya kita banyak tau tentang komunitas fotografer di Makassar, ada banyak kan ya? nah... kenapa musti ada komunitas fotografer? kalau kamu memang suka fotografi dan ingin tahu lebih banyak tentang bidang ini, kamu hanya perlu bergabung dengan sebuah komunitas atau klub. Biasanya mereka punya jadwal pertemuan, workshop, dan hunting bareng.
Kelompok fotografi dibuat untuk keuntungan semua fotografer loh. kan setiap kelompok punya tujuannya masing-masing, berdasarkan genre, berdasarkan wilayah, peralatan khusus, dan bahkan ada yang memberikan bimbingan bagi mereka yang ingin menjadi profesional di bidang fotografi sekaligus menyediakan lingkungan belajar yang nyaman bagi mereka yang hanya ingin mengembangkan hobi.
ada juga Event umum biasanya pertemuan yang terjadwal. Dalam pertemuan ini para pengurus kelompok akan mengajak seorang ahli di bidang fotografi untuk memberikan contoh-contoh foto dan kesempatan untuk semua anggota kelompok untuk bertanya tentang apa saja seputar bidang keahliannya. Kebanyakan kelompok fotografi juga punya acara “hunting bareng” atau “photowalk”. Sejumlah acara ini dibuat agar semua anggota kelompok bisa mendapat keuntungan. Biasanya tergantung genre khusus yang didalami kelompok tersebut, tapi seringkali juga sangat umum dan meliputi seluruh genre dalam fotografi. Kelompok semacam ini juga memberikan kesempatan untuk anggotanya mengikuti kompetisi fotografi. Kompetisinya bisa diadakan oleh kelompok itu sendiri atau antarklub bahkan tingkat nasional. nah ini kesempatan buat menjadikan foto kita dinilai agar punya tolak ukur perbandingan dengan fotografer lain. Terakhir, biasanya akan ada workshop internal yang digelar secara berkala agar seluruh anggotanya bisa belajar secara praktek tentang peralatan dan teknik secara lebih mendalam. dan komunitas semacam ini ada banyak sekali di Makassar dan bagaimana kalau mereka mengadakan event dan komunitas lainnya mengadakan juga di hari yang sama? kan bentrokan jadwal tuh, bagaimana juga kalau satu komunitas biasanya hunting bareng tapi mengajak para peserta fotografer lain yang punya kegiatan lain dikomuintas lain? nahh.... disinilah fungsi adanya Federasi Fotografi Sulawesi Selatan, menaungi semua komunitas fotografer yang ada di sulawesi selatan agar satu komunitas itu punya bobot dan jadwal yang terdaftar untuk berbagai kegiatannya. semacam "Dijaga dan dilindungi" oleh FFSS ini. 
membentuk badan pengurus FFSS ini juga tidak mudah loh... tidak asal membentuk saja seperti komunitas lain yang asal kita memiliki hoby yang sama sering ngumpul bersama lalu jadilah satu wadah organisasi. pembentukan FFSS ini melewati berbagai macam kaderisasi dari Organisasi teratas, Federasi Fotografi Indonesia. atau asal mulanya itu tuh dari FPSI (Federasi Perkumpulan Seni Foto Indonesia) kalian bisa baca sejarahnya disini : www.fpsi.or.id/sejarah.php dan hingga pada akhirnya FFSS ada sejak tahun 2010 yang pertamakali di ketuai oleh Muhammad Ma'ruf periode 2010-2014 nah tahun ini sudah ada lagi pergantian badan pengurus periode 2014-2016 pada hari Minggu, 15 Juni 2014 bertempat di Kediaman Walikota Makassar. 

Acara dimulai selepas dhuhur tapi para pengurus FFSS yang berasal dari berbagai perwakilan club foto sudah datang sejak pagi untuk gladi bersih upacara pelantikan oleh bapak Walikota Makassar, Danny Pomanto yang di nobatkan juga sebagai pembina FFSS ini. kemudian tepat pukul 12.30 pembawa acara membuka acara dengan menghadirkan pembacaan ayat suci alqur'an. dan satu perwakilan dari FM3 (Fotografer & Model Muslimah Makassar) sebagai ketua panitia pelaksana untuk memberi sambutan. dan mempersilahkan bapak Tajuddin Parenta sebagai Penasehat FFSS. untuk selanjitnya pembacaan Surat Keputusan pembentukan FFSS periode 2014-2016 oleh bang Muhammad Ma'ruf sebagai mantan ketua FFSS. 
setelah upacara pelantikan selesai ada ramah tamah bersama.
terimakasih bapak walikota Makassar Danny Pomanto dan Ibu Rusmayani Madjid ketua Dinas Pariwisata Kota Makassar. atas dukungannya terhadap dunia fotografi di sulawesi selatan.

No comments:

Post a Comment