24 September 2013

Adat Mangerang Undangan

Assalamualaikum :)
mau cerita lagi inih soal prosesi selanjutnya setelah undangan udah disediakan dan siap disebar, undangan pernikahan itu gak langsung disebar gitu aja loh ternyata, di Makassar sini apalagi asli Gowa ada napanya Adat Undangan "Picuru" saya gak tau pasti arti bahasa indonesianya "Picuru" itu apa yang jelas undangan picuru itu undangan untuk sanak keluarga yang di nilai baik nama makassarnya agar menjadi doa kebaikan untuk para tamu undangan nanti. saya ngejelasinnya apa adanya yg saya tau saja ya walaupun dengan bahasa yang kurang2 begini. heheheheh duh! nah jadi undangan picuru saya itu ada 5 undangan awal yang disebar ke 5 orang yang dimaksud memiliki nama baik itu. sebelum disebar Nenek Hj. Hasniah dg Jintu (termasuk orang di tuakan di dusun keluarga kami) membacakan beberapa doa dulu. dan keluarga menyiapkan segala perlengkapannya, termasuk kue-kue tradisionalnya.seperti umba-umba dan kue lapis yang maknanya, agar segala kebaikan terus bermunculan dan berlapis-lapis, sepertinya begitu :D yang sy tau :) waktu itu juga nenek minta suatu barang sari saya yang sering saya kenakan tiap hari dan katanya yang termasuk sy senangi, sy sempat mikir apaan yaa?? yaudah jadi deh saya ngasih nenek Mukena ungu saya :) 
nah dan setelah prosesi doa dan persiapan selesai, tante dan om (adik kandung ummi dan sepupu ummi) ditugaskan untuk mengantar undangan picuru secara langsung ke 5 orang yang memiliki nama baik itu, 
  • yang pertama ke Datok Daeng Rate : arti namanya adalah "Atas" dimaksudkan agar para tamu undangan selalu menjunjung tinggi adat istiadat pernikahan Makassar. 
  • kedua Daeng Rurung : arti namanya adalah "Berbondong-bonong" dimaksudkan agar para tamu yg diundang hadir berbondong-bondong beramai-ramai memberi doa restu dan selamat.
  • Ketiga Daeng Bali' : Arti namanya adalah bantu dimaksudkan agar undangan tidak hanya sampai ditempat tapi juga ikut membantu menyiarkan kabarnya dari teman ke teman. sedangkan arti untuk kedua calon mempelai adalah agar hidup berpasangan selamanya.
  • ke empat Daeng Mangung : arti namanya adalah Membangun 
  • ke lima daeng Sijaya : artinya senantiasa berjaya , nama ke 4 dan ke 5 digabung artinya membangun rumah tangga yang baik dan jaya selalu. 
Undangan pappicuru
"battu rate na rurung-rurung toanayya, a'sibalibali buntinga, ammangung na sijaya tallasa'na "
(dari atas dan berbondong2 tamu berdatangan, saling bersatu dan mengasihi sang pengantin, agar mampu membangun rumahtangga yg baik dan jaya hidupnya berpasangan)



heheheheh jadi begitu loh teman-teman.. hahahha ribet yaaakk ^^"
saya aja juga heran ada juga yah yang gituan eehehehhe..
setelah ke lima undangan itu di berikan, undangan keluarga yang lain juga ga langsung disebar sih masih di atur-atur lagi juga kok :) malah semingguan setelah mappicuru undangan baru nyebar teratur :)
sekian dulu yaaa... nanti insyAlllah posting lagi soal prosesi preparation saya berikutnya 
wassalam wr.wb

23 September 2013

Wedding Invitation : Twitter Theme

Asslamualaikum wr.wb
apakabar semuaa :) semoga selalu dalam keadaan penuh Rahmat Allah :) Aaamin. oh iyaa alhamdulillah H-25 menuju hari penikahanku, hari terindah hehehhe persiapan sampai saat ini sudah 60% invitation wedding untuk para teman, keluarga dan seluruh kerabat juga sudah siap. 

Saya mau sedikit cerita tentang soal undangan ini, bulan juli lalu dibulan puasa sebulan setelah lamaran, sebenernya saya sudah memesan undangan di CV Trimahadaya, jl beruang percetakan dan advertising itu punya teman kampus dulu yag skrg sudah jadi pemilik percetakan itu, dia menawarkan designernya untuk memproduksi undangan pernikahanku jadi yasudah demi pertemanan ini berlanjut dan itung itung juga mengendorse, jadi sudah deal-dealan harga dan panjar. nah selang 2 bulan kemudian tepatnya bulan september, tgl 1 saya menagih design undanganku yang sampai saat itu belum dikirimkan contoh design maupun dibuatkan dummy/mockup nya. jadi selama dua bulan itu undangan pesanan saya gak dikerjain sama sekali, malah sy disuruh nunggu lagi padahal udah september, dan acara itu bulan Oktober, siapa yg gak kalangkabut. 

Saya berusaha calmdown terhadap CV Trimahadaya ini tapi menurut papa, sy batalin aja, dan minta cari designer/percetakan lain. jadinya pikiran saya langsung mengarah ke VIOLET PHOTOGRAPHY , wedding photography yang kini sudah mulai juga memproduksi undangan. saya pun segera menghubungi ayah Amril Nuryan dan menceritakan kejadian soal undangan, alhamdulillah ayah Amril bersedia membantu, pagi saya ngorder, malamnya langsung ditanya2in soal design undangan maunya saya seperti apa, Fully Custom langsug dibuatin, sy cuma bilang "saya maunya yang elegant gitu bang tapi mau themanya twitter gitu," eh langsung deng Ayah Amril berimprovisasi :) dan hasilnyaa... taddddddddddddaaaaaaaaaaaa ^_^ 
Saya bahagia sekali tentunya designnya jadi dengan cantik ^_^ saya juga memilih warna yang gak semarak gitu saya pengennya putih abu silver yang berkesan sakral dan indah tapi tetap humble (apadeh*) ahahaha dan alhamdulillah papa sama ummi suka :) produksi undangan di VIOLET PHOTOGRAPHY cetakan 800 lembar itu nggak sampai 2 minggu loh produksi ^_^ jd buat temen2 yang kebingunan cari undangan nikahannya ke Violet photography aja jl. Masjid Raya (depan pom bensin urip makassar) disana ada contoh undangan yang ready. atau kalau kalian bosan sama design2 undangan yg standart kalian bisa ceritain pengennya kalian undangan kalian itu seperti apa.. dijamin deh ayah Amril bisa mengimproviasi dengan keren.

Oh iya undangan itu tadi undangan khusus teman papa, temenku dan & kerabat luar lainnya. 
sebenernya untuk undangan keluarga sudah ummi pesan 1000 lembar, kenapa bikin dua versi karena untuk undangan keluarga, turut mengundangnya itu banyak bangeeeddd,, hehehehehhe maklum keluarga besar :)
yaaaahhh dan untuk saat ini mari kita bersibuk-sibuk membagikan undangan :)
tungguin yaaaaaaaa :D
Doakan semoga semuanya dilancarkan sampai hari H dan yang paling penting itu di berkahi semuanya. aamiin.
wassalam :)

FireFlyes Lounge And Resto




12 September 2013

Nasi Merah Sehat Agappa fest

Beras merah dengan nama latin oryza sativa ternyata menurut riset dan penelitian lebih banyak memberi manfaat bagi kesehatan tubuh dibandingkan dengan beras putih yang biasa dikonsumsi sehari - hari loh, biasanya beras merah itu kita beli khusus dulu baru bisa makan, tapi skrg kalau nongkrong di cafe udah bisa juga loh nongkrong sambil ngunyah tapi sehat, dimana tuh? ada di Agappa Fest :) 
beras merahnya di toping dengan steak chicken tumis kecap yang enak bangettt
jadi kalau kita makan sama nasi merah itu yummy banged jadinya, soalnya kalau makan terpisah, nasi merahnya saya rasa hambar di lidah heheheheh... maklum masih belajar cara mencicip dan mereview kuliner
ada lelehan mayonise pula yg nambah selera ;) harga nasi merah chicken steak di Agappa fest ini
berkisar Rp.60.000,- dengan porsi ala ala nasi di KFC atau Mcdonald's :)

selain itu di Agappa Fest juga ada menu andalan lainnya
Sop Buntut agappa dengan Nasi Bintang nya:) yang ngebedain dengan sop buntut lain ini tuh sambelnya, agappa fest ngasih kita sambel ijo ;) bukan sambel merah yang penuh minyak tawwa :D 
harganya sekitar Rp.80.000,-

Agappa Fest 
Jl. Amanagappa . Makassar sulawesi Selatan
oh ya kali lain saya meriview tempatnya yaaa :)