31 July 2013

Sholat Dhuha


Barang siapa shalat Duha 12 rakaat, 
Allah akan membuatkan untuknya istana disurga” (H.R. Tirmiji dan Abu Majah)

"Siapapun yang melaksanakan salat duha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan." (H.R Tirmidzi)

"Rasulullah bersabda di dalam Hadis Qudsi, Allah SWT berfirman, “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat salat duha, karena dengan salat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR Hakim & Thabrani)

"Barangsiapa yang masih berdiam diri di masjid atau tempat salatnya setelah salat shubuh karena melakukan iktikaf, berzikir, dan melakukan dua rakaat salat dhuha disertai tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun banyaknya melebihi buih di lautan.” (HR Abu Daud)

"Dari Abi Zar r.a. dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Setiap pagi ada kewajiban untuk bersedekah untuk tiap-tiap persendian (ruas). Tiap-tiap tasbih adalah sedekah, riap-tiap tahlil adalah sedekah, tiap-tiap takbir adalah sedekah, dan menganjurkan kebaikan serta mencegah kemungkaran itu sedekah. Cukuplah menggantikan semua itu dengan dua raka'at salat Dhuha.” (HR Muslim)

Shalat Dhuha lebih dikenal dengan shalat sunah untuk memohon rizki dari Allah, berdasarkan hadits Nabi : ” Allah berfirman : “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang ( Shalat Dhuha ) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya “ (HR.Hakim dan Thabrani).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Shalat Dhuha itu dapat mendatangkan rejeki dan menolak kefakiran. Dan tidak ada yang akan memelihara shalat Dhuha melainkan orang-orang yang bertaubat.” (HR. Turmuzi dan Ibnu Majah, hadis hasan)

Manfaat atau faedah salat duha yang dapat diperoleh dan dirasakan oleh orang yang melaksanakan salat duha adalah dapat melapangkan dada dalam segala hal terutama dalam hal rizki, sebab banyak orang yang terlibat dalam hal ini. Dr. Ebrahim Kazim -seorang dokter, peneliti, serta direktur dari Trinidad Islamic Academy-menyatakan bahwa gerakan teratur dari shalat menguatkan otot berserta tendonnya, sendi serta berefek luar biasa terhadap sistem kardiovaskular.  Terlebih lagi shalat Dhuha tidak hanya berguna untuk mempersiapkan diri menghadapi hari dengan rangkaian gerakan teraturnya, tapi juga menangkal stress yang mungkin timbul dalam kegiatan sehari-hari, sesuai dengan keterangan dr. Ebrahim Kazim tentang shalat, "Ada ketegangan yang lenyap karena tubuh secara fisiologis mengelurakan zat-zat seperti enkefalin dan endorfin. Zat ini sejenis morfin, termasuk opiat. Efek keduanya juga tidak berbeda dengan opiate lainnya. Bedanya, zat ini alami, diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga lebih bermanfaat dan terkontrol."


[http://id.wikipedia.org/wiki/Salat_Duha]

24 July 2013

MIWF 2013

DAY 1 Assalamualaikum ini late post lagi di event Makassar International Writers Festival yang kedua kalinya saya ikuti sejak tahun lalu.seperti biasa selalu ada suprise di tiap eventnya. gak hanya komunitas penuli saja yang berkumpul dalam satu lokasi, Benteng Rotterdam tapi juga bahkan Rapper dan para pemusik yang mencintai puisi juga ikut andil menghidupkan event ini. pembukaannya sejak tanggal 25 juni tapi saya hadir di tanggal 26 karena event ini berlangsung selama 4 hari kok dan menghadirkan banyak sekali penulis penulis kondang dari seluruh penjuru dunia. oke hari kedua itu saya langsung minta jadwal rundon acara, dan hari itu akan ada musikalisasi puisi dan hadir juga pak Sapardi Djoko Damono. aaaaakh,. saya pengen banged ketemu beliau si pencipta puisi "Hujan di bulan Juni" . tiba disana saya masuk ke ruang pembacaan puisi dulu oleh sejumlah para penulisnya langsung. termasuk om Muhary WN juga tentunya, idola saya hehehe.
Paling favorite : Amanche Franck

disitu para penulis tidak hanya sekedar membacakan puisinya tapi ada juga yang saling mendengarkan, pun ada yang membaca puisi sambil menyanyikan sebuah lagu. dalam ruangan itu setiap puisi yang dibacakan, hatiku selalu tergetas kagum :) entah kenapa mungkin karena jiwaku ikut di dunia ini, ada dalam dunia seperti ini :) Ada banyak hal yang bisa kita peroleh ketika mendengarkan pembacaan puisi. kita bisa mempertajam dan mengembangkan rasa keindahan dalam diri kita sendiri loh, hehe... Rasa keindahan itu bisa dihadirkan oleh bunyi-bunyi indah dan irama yang kita dengar dari pembacaan puisi. Bisa juga, rasa keindahan itu hadir pada saat kita mendengar peribahasa dan ungkapan-ungkapan indah yang ada dalam puisi. Lebih jauh lagi, keindahan itu timbul akibat isi puisi itu yang memang benar dan indah. kita juga bisa mengembangkan sikap berempati dan bersimpati terhadap orang lain dengan mencoba merasakan apa yang dirasakan penyair atau yang diceritakan penyairnya. tiap-tiap penyair punya caranya sendiri mengemukakan syairnya atau puisinya. sayangnya saya datang terlambat, karena baru pulang kantor jadi hanya beberapa saja penyair yang saya dengar membaca puisinya. sampai pukul 18.00 wita event di jeda dan dilanjutkan lagi dengan rundown berikutnya yaitu musikalisasi puisi dari beberapa anak band. dan kehadiran pak Sapardi Djoko Damono.
bersama bang Muhary WN penulis & fotografer Makassar
disamping panggung ada dekor pohon yang di gantungi beberapa buku buku puisi yang sejak tahun 90an, artinya pohon berbuah buku puisi. buku kumpulan puisi itu adalah buah, meski daun kering tapi buah puisi itu tetap akan selalu lahir. keren yaak :) salut sama para voulenter MIWF 2013 ini :) sistem acara malam nya keren kita duduk santai di rerumputan sambil menikmati acara., ketemu juga dengan teman-teman fotografer yang pecinta puisi.
lagi lagi terus takjub disetiap acara demi acara, malam itu MIWF menghadirkan seorang rapper dari Australia, bernama Luka Lesson. dia membawakan cerita dari negaranya. 
Malam itu yang ditunggu akhirnya tiba juga, pembacaan puisi karya Sapardi Djoko Damono, ada pemberitahuan bahwa beliau sedang sakit tak bisa naik ke panggung membawakan puisinya, sempat kecewa karena gak bisa lihat sosoknya, tapi akhirnya beliau menampakkan diri, menyapa para penggemarnya dan memberitahukan kepada kami kalau dia sedang tidak bisa membawakan puisinya, beliau juga berterimakasih atas antusias penggermarnya. beliau menyerahkan pembacaan puisinya kepada bang Muhari WN :)


Day 2 keesokan harinya, sepulang kantor saya mampir lagi ke Benteng Rotterdam, ikutin lagi jadwal acaranya, tapi sambil jalan-jalan santai di taman pelataran rotterdam banyak sekali kegiatan2 seru oleh para komunitas pecinta seni, seperti para pemusik biola, serioza, dan lain sebagainya. 

ada satu booth komunitas yang menarik perhatianku nama komunita mereka itu Penyala Makassar, saya diajak duduk dan mereka enjelaskan sedikit tentang komunitas mereka kalau mereka sedang mengumpulkan surat motivasi belajar untuk para anak-anak SD di berbagai penjuru kota di sulawesi selatan, pesannya agar anak-anak tidak patah semangat dalam menimba ilmu.
suratnya siap dikirim :) 
yang saya review di blog ini hanya sebagian kecil dari kegiatan MIWF tahun 2013 loh, sebenarnya banyak sekali kegiatan kegiatan lainnya yang saya lewatkan, seperti kehadiran beberapa para editor buku untuk  menerbitkan buku, kehadiran sutradara Riri Riza, Juga Dewi Lestari dan Benz bara. serta banyak lagi. karena saya ngantor dan pulangnya jam 5 sore pun gak bisa pulang terlalu malam jadi cuma sebatas ini partisipasinya di kegiatan MIWF tahun ini, mudah2an tahun depan bisa ngikutin semuanya dan siapa tau bisa jadi voulenternya skalian heheheh :D sukses terus MIWF semoga terus ada tiap tahunnya.

23 July 2013

My 13 July 2013

Assalamualaikum wr. wb
Ulangtahun di Bulan Ramadhan, semoga berkah usiaku ya Allah. aamiin
banyak doa yang kupanjatkan untuk diriku sendiri sebenernya heheheeh tapi utama doaku adalah semoga Allah membalas semua doa doa teman-teman, keluarga, saudara2ku untukku di hari lahirku yang ke 25 ini alhamdulillah. Ada banyak sekali kado terindah di tahun ini. di ajar semakin dewasa dengan bertambahnya usia, di ingatkan untuk lebih taat beribadah dan lebih menjaga kesehatan.


ulangtahunku karena bertepatan dengan 7Ramadhan, saya dan teman-teman janjian untuk buka puasa bareng, kenapa gak saama keluarga karena papa saama ummi lagi diluar kota jengukin adikku yang kedua yg sudah pindah tugas ke kota Sengkang. jadinya sama teman-teman saja. pizza alauddin jadi piihan tempatnya. hari itu sahabat saya si Violen di bbm suruh datang tapi dia nolak, gak bisa ikutan katanya soalnya mau keluar kota gimana gitu sempet sih kecewa, tapi dasaaar dia datang ngasih suprise kue ulangtahun tadi bareng Nia. hehehehe gak ketinggalan juga sahabat dari Maysa (Muslimah Modeling Course) yg ngehadiahin aku kue tart pelangi juga praying dress dian pelangi, senangnya alhamdulillah.
terimaakasih sahabat-sahabat terhebatku, tanpa kalian mungkin usiaku tidak berarti lebih 
karena kalian di usia ini aku jadi semangat berkarya. banyak cerita kita ukir bersama.
doaku untukmu semua sahabat tersayangku ^_^


10 July 2013

Behind The Scene : Muslimah Community CelebesTV

Assalamualaikum wr.wb
suatu sore bersama para fotografer muslimah kami sedang mengadakan gathering dan hunting baeng menjelang ramadhn 1434H, kita berupaya mengkonsep foto dengan tema tersebut. tapi dilain jadwal ada liputan dari celebes tivi yang katanya untuk keperluan segmen acara mereka di bulan ramadhan nanti dalam acara tentang komunitas. jadi bulan ramadhan tema mereka ya mencari komunitas-komunitas muslim/muslimah di kota Makassar. jadilah FM3 (Fotografer & Model Muslimah Makassar) diajak untuk review :) gimana serunya hunting kita? silah dilihat eehehhe.

location eatout karebosilink makassar
ayoo gabung bersama kami, caranya gampang tnggal kontak @Moccachinta di 085255096961
sampai ketemu di kegiatan berikutnya .
wassalam

09 July 2013

Roadshow Lomba Foto Piala Presiden 2013

Assalamualaikum wr.wb
ini juga late post nih heheheh tanggal 13-14 juni kemarin sebenarnya ini event tahunan loh, lomba foto Naional yang memperebutkan piala presiden ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang mengambil dasar bahwasannya Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan 34 provinsi yang berjajar dari Sabang sampai Merauke. Setiap provinsi mempunyai identitas dan keunikan dalam hal alam, ciptaan manusia, adat istiadat dan budaya yang berbeda-beda. Perbedaan yang terdapat di masing-masing provinsi merupakan keragaman dan kekayaan bagi tumbuh-kembangnya Nasionalisme.Untuk itulah, kekayaan alam, ciptaan manusia, adat istiadat dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia harus didokumentasikan dan diinformasikan kepada seluruh masyarakat. Baik sebagai wahana untuk menanamkan karakter dan jati diri melalui Lomba dan Pameran Foto Indonesia 2013 dengan tema "Indonesia di Hatiku". Tahun lalu dengan tema yang sama saya juga ikutan workshopnya, liputannya nih : Piala Presiden Lomba Foto 2012 perbedaan tahun lalu dengan sekarang ini itu mulai dari banyaknya Narasumber, juga tahun ini pelaksanaannya tidak memakan begitu banyak waktu. hanya dua hari dan tidak dikarantina seperti tahun lalu. 


Workshop Day #1
Hari pertama dimulai dengan registrasi ulang setelah sebelumnya kita sudah mendaftarkan nama kita ke panitia pelaksana lokal di Makassar, event ini diselenggarakan di Hotel Asyra Makassar lantai 3 dan tepat pukul 10.00 wita kami semua para peserta dipersilahkan untuk menikmati breakfast sambil menunggu pemateri datang. pemateri tahun ini langsung juri lombanya loh. keren yaaaa. oh iya ketentuan lomba kemarin di informasikan di website ini  : Fotografi Indonesia Tahun ini pesertanya juga lebih banyak, ada yang peserta tahun lalu juga tetap ikut pada tahun ini, ada juga yang tidak, nah ada juga peserta baru. tapi semua dari perwakilan komunitas fotografi masing2 sih jadi masih saya kenal-kenalin lah, saling kenal gitu :)
Perkenalkan juri lomba foto nanti dan sekaligus pemateri workshop ini VE DANITHO yang rambutnya pirang, cantik yaaa dia cool banged loh.. kalian liat deh portfolionya di websitenya keren-keren, mba Ve ini fokus di soal conceptual photography semua ide-ide nya dalam mengkonsep foto keren banged. di workshop kita kenalan sama mbak Ve kemudian dia mulai menjelaskan tentang dasar-dasar konsep dalam fotografi. kata mbk Ve membuat foto itu harus ada konsepnya biar kita bisa bertanggungjawab sama maksud dan tujuan foto yang kita buat itu. juga mempermudah kita menyampaikan pesan yang ada dalam foto kepada si penikmat foto. Meski saya merasa belum seratus persen paham soal genre yang satu ini, namun saya minimal berusaha untuk tak hanya memahami saja tetapi mempratekkannya dan itu bersama-sama langsung dengan Mbak Ve loh di workshop ini. 
Setelah saling berbagi ilmu dengan mbak Ve juga pak Oscar Motuloh (Fotografer Jurnalis Antara News) kita memasuki ishoma jam 12 siang, dan kita diminta kembali ke ruang seminar itu jam 2 siang untuk melanjutkan lagi materi yg dibawakan pak Oscar. tentang jurnalis fotografi, kesukaanku juga, dengan jelas pak Oscar membahas tentang Ada yang mengatakan bahwa untuk menjadi fotografer jurnalistik itu harus mempunyai perlengkapan kamera yang cukup, lensa dengan berbagai rentang sudut pandang, lensa sudut lebar, tele pendek, tele menengah dan tele panjang.  Lalu tentu timbul pertanyaan, jadi kalau saya tidak mempuyai semua itu, saya tidak bisa menjadi fotografer jurnalistik atau wartawan foto? pak Oscar menjawab, bahwasannya fotografer jurnalis itu adalah tentang momen :) cepatlah menangkap momen jangan tunggu gear bagus.setelah itu pukul 5 sore seminar sudah selesai dan disampaikan kita diminta datang lagi besok nya (14 juni) ke tempat yg sama ini pukul 10 pagi :) 



Workshop Day #2
Hari kedua workshop kita tidak lagi diruang seminar berlama-lama duduk , teori tentu saja harus diimbangi dengan praktek kan? nah hari itu saya masih izin ngantor untuk tidak melewatkan kesempatan hunting bareng dengan Mbak Ve dan pak Oscar di Rooftop Hotel Asyra, kita diajarin mbak ve tekhnik fto konsep dalam satukali eksposure misalnya refleksi dalam fotografi, kita seringkali mengabaikan refleksi gambar yang padahalnya bisa jadi efek yang bagus dalam sebuah foto. mbak ve juga ngasih tau kalau Refleksi bisa muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari landscape yang dramatis sampai komposisi makro yang detil, tapi ada beberapa teknik dasar yang bisa membantu mendapatkan hasil yang lebih baik saat berhadapan dengan refleksi. misalnya berhubungan dengan DOF (depth of field), Tips nya itu menggunakan angka f/ tinggi sekitar f/11 atau lebih, karena akan membantu menyeimbangkan objek sehingga mata melihatnya lebih dekat dengan refleksinya dan mendukung efek pantulan untuk muncul. fokus juga sangat bergantung pada jarak antara objek dengan pantulannya. Pertama, kita harus fokus pada objek, lalu pada refleksinya. Ini akan membuat hasil yang sedikit berbeda tergantung pada seberapa banyak perhatian yang kita inginkan untuk refleksinya.
Terakhir mbak Ve juga memaparkan kalau kita harus perhatikan sudut datangnya cahaya dan bagaimana itu bisa mempengaruhi refleksi yang tampak. ada juga proses pengambilan foto konsep soal shadow yang keren banged deh itu butuh kain seprei putih dan 2 lighting. jd object utama didepan kain, objek shadow dibelakang kain masing2 didepannya dipantulkan lighting.kalian bisa liat hasil foto mbak Ve di sini
Abis motret2 di rooftop kita kembali lagi keruang seminar untuk evaluasi foto, dan dikaish tips-tips tentang tema lomba foto ini "Indonesia Di Hatiku" kata mbak ve pulang kerumah harus buat PR yaitu mikirin konsep buat lomba foto ini hheheehehe. hadiahnya jutaan loh, kembali liat website nya deh heheh semoga tahun depan ada lagi dan berkesempatan terus ikut :) juara gak juara yg penting partisipasi dan semangat jepret!