30 June 2013

My Proposal Mappetuada' (Engaged)

Assalamualaikum wr.wb. 
Alhamdulillah.... adalah kata yang harusnya tak pernah berhenti saya panjatkan, puji pujian dan rasa syukur yang tiada bertepi untuk kemurahan Allah yang sememangnya benar maha Penyayang. Hari ini, 30 Juni 2013 aku resmi dilamar kak Mardiansyah Mannan, seseorang yang sejak bulan Maret lalu mengirimiku salam perkenalan lewat temannya (seniorku) dan menyampaikan salam dan niat baiknya pada Papaku sekaligus. hngga kemudiannya hari ini dia melamarku dan menaruh kepercayaan serta keyakinannya padaku untuk menjadi calon pendamping hidupnya, calon istrinya kelak. sebenarnya sebulan sebelum acara mappetuada' ini keluarga kami berdua telah resmi berkenalan dan akhirnya memutuskan untuk melaksanakan jenjang berikutnya. awal berkomunikasi dengan kak Man (begitu panggilannya dgn teman2nya) tentang langkah besar ini sebenarnya tidak ada kendala, hanya saja mengenai keyakinan hati kami berdua, kak Man mengaku telah siap dan akupun berusaha demikian karena pihak keluarga telah merestu atas ini semua. 

Sehari sebelum hari ini, saya dan kak Man sempat menemui kendala, hal yang saya banggakan pada kak Man adalah dia selalu jujur dalam meyampaikan kabar tidak ada yang dia tutup-tutupi, sempat kami berdua tidak bisa fokus karena masalah lokasi yang situasinya tak diketahui, soalnya kak Man tugas di Jakarta, sedangkan keluarganya domisili di Kota Pare-Pare. jadi agak ribet, kak Man selalu mengurus sesuatunya lebih banyak, dan selalu bilang padaku "tenang... tidak ada masalah..." semua clear di urusnya. kemudian pada akhirnya pagi itu datang. pagi saya menyapa kak Man, yang dalam getar dada sy bertanya dia sedang apa disana, eh jawabnya "Lagi nonton shincan....!" hahahah -_-" bisa dia santai. sejak pagi semua keluargaku sudah bekumpul dirumah, rumah sudah mulai ramai.... saya juga sempat menelpon seorang teman membagi kabar gembira ini. ucapan selamat berdatangan di BBM ku. dan tepat pukul 15.00 wita pihak perwakilan keluarga kak Man sudah datang :)
papa 
Bagi masyarakat Bugis Makassar yang masih menjunjung adat istiadat sebelum pernikahan, terlebih dahulu dilakukan acara ini yang di sebut Mappetuada' atau meminang secara resmi, yang dilakukan beberapa kali hingga ada kata sepakat. Tidak ada manusia normal di dunia ini yang tidak ingin menikah, kemudian membangun sebuah rumah tangga yang sakinah. Berbeda dengan daerah lain, masyarakat Bugis Makassar masih menjunjung tinggi nilai-nilai tradisi dalam penyelenggaraan penikahaan. kak Man asli Bugis dan saya Asli Makassar :) Sebelum janur kuning dipasang, petanda pesta pernikahan dimulai (Mappabotting), banyak tahapan yang harus dilewati dan acara hari ini adalah tahapan yang ke tiga yg sudah kami lewati. Mappettu Ada yang biasanya juga ditindak lanjuti dengan (mappasierekeng) atau menyimpulkan kembali kesepakatan­kesepakatan yang telah dibicarakan bersama pada proses sebelumnya. Ini sudah merupakan lamaran resmi dan disaksikan oleh keluarga besar saya dan para kenalan/kerabat keluarga.
Pada saat inilah akan dibicarakan secara terbuka segala sesuatu terutama mengenai hal-hal yang prinsipil. Ini sangat penting karena kemudian akan diambil kesepakatan atau mufakat bersama, kemudian dikuatkan kembali keputusan tersebut (mappasierekeng). Pada acara mappettu ada ini, pihak laki-laki membawa kue kue tradisional yang manis-manis :) langsung dibawa ke kamarku.

dan Alhamdulillah dari kesepakatan bersama kedua pihak keluarga kami, pernikahan kami insyaAllah akan dilaksanakan bulan Oktober di Tanggal  18 dan 21 (setelah Lebaran Idul adha)
Ya Allah….Andaikan semua ini layak bagi kami, cukupkanlah permohonan ini dengan ridha-Mu, beri kami kemampuan untuk saling menjaga kehormatan dikala jauh, saling menghibur dikala duka, saling mengingatkan dikala suka, saling mendoakan dalam kebaikan dan ketaqwaan, saling menyempurnakan dalam beribadah. serta mudahkan kami untuk mencapai hari dimana kami menyempurnakan ibadah kami. 

19 June 2013

Masyudi's Wedding


Assalamualaikum wr.wb
tanggal 10 juni kemarin adalah hari yang sangat embahagiakan buat kak Yudi, sahabat ku sejak 5 tahun lalu, bisa dibilang kak Yudi ini partnerku sejak awal saya terjun di dunia photography. kami sudah banyak kerjasama, juga sebagai teamwork. saya sama kak Yudi udah seperti saudara, udah ga lagi ada batasan hahahah pokoknya apa aja bisa diomongin, termasuk bahas suasana hati dan belahan jiwa. sejak 5 tahun kebersamaan kami, kak Yudi gak begitu banyak dekat dengan seorang perempuan alias jarang pacaran hahah tapi bukan karena kak Yudi gak laku loh hei jangan salah hahahah kak Yudi banyak model yang suka sama dia tapi kak yudi cuma menambatkan hatinya sama satu orang cewek, yaitu kak Hesti. kak Hesti dan kak Yudi menjalin hubungan sejak 2 tahun lalu. kuperhatikan mereka berdua juga gak begitu sering mempublikasikan hubungannya. kalau jalan bareng kita-kita, kak yudi jarang mengajak kak Hesti. tapi yang kami semua tau kalau cuma kak Hesti lah yang ada di hati kak Yudi hihihih cieee. dan buktinya tanggal 10 juni kemarin :) 
pagi tepat pukul 10.00 wita saya izin dari kantor sengaja untuk hadir di acara akad nikahan kak yudi dan kak hesti di gedung 45 jl urip sumihardjo. sengaja juga memang mau mengabadikan moment sakral tersebut jadi kesananya bawa kamera, sebagai fotografernya kak Yudi bukan sebagai tamu hahahha. nah begitu sampai di gedung itu pihak mempelai pria belum datang jadi saya menyapa2 pihak mempelai wanianya mencoba mengakrabkan diri dengan keluarga mereka jadi bisa enak moodnya saat motret dan mereka juga nggak malu-malu kalau di fotoin sama kita, jadi ekspresi ditingkat kewjaran, humble dan gak dibuat-buat. 
setelah itu pihak mempelai pria datang, saya pun jadi sibuk memotret, dan disini ada beberapa hasil nya. 




Kemudian di keesokan harinya barulah saya dan teman-teman hadir sebagai tamu, tgl 11 juni 2013 di Balai kencana 45 jl. ratulangi. malamm itu pakai wadrobe by Dian Pelangi :D

sekali lagi selamat untuk kak Masyudi Syahban Firmansyah dan kak Hestiawati 
semoga sakinah mawaddah warahmah. aamiin
oh iya doakan sy menyusul heheheh :D

17 June 2013

Semoga Jadi Ibadah

assalamualaikum wr. wb. 
cinta seperti musim semi,ketika embun bergelayut di ujung daun, mentari mencumbu hangat,dan waktu terasa begitu cepat. Allah berada antara hamba& hatinya, menguasai dan dpt membolak balikkannya. mengetahui hakekat yg diekspesikan dari hati. Jika hidup merupakan nikmat yang terbesar krn berkesempatan mengenalNya, meraih ampunanNya, maka apapun yg diujikan selalu tdk putus mengharap RahmatNya, kecewa menghantar kpd syukur krn diberi izin mengenalNya sebagai muslimah. 
ketika seseorang diberi, bahkan berjuang untuk mendapatkan, dia tengah mengambil resiko melepaskan atau berbagi. kehidupan seringkali tidak kompromi terhadap nafsu merasa memiliki, tidak heran jika diam-diam apa yang begitu dicengkram habis-habisan, di gerogoti diam-diam umpama rayap yang mengeroposkan tiang-tiang rumah. Allah dlm sunatullah & takdirNya, menjadikan hamba tertawa dn menangis. hingga Dia cukupkan masanya. semoga jadi ibadah.

Playing with My Camera


i taking pict by my blackberry phone with left hand
than editing in photoshop cs3
this how im counter my waiting time
wassalam :)