28 February 2013

Bukankah begitu ? ^_^


Peran Komunitas Hijabers

Assalamualaikum wr.wb 
Postingan kali ini saya pribadi mau menjelaskan, sesuatu, sbnrnya tidak begitu detail mungkin seperti yang kalian harapkan, tapi satu hal, Lebih baik Indonesia berbudaya ketimuran memakai hijab sebagai Fashoin daripada menjadikan busana orang barat menjadi fashion di Indonesia kan? Mungkin keinginan muslimah untuk berhijab didatangkan dari keinginan fashion semata dan nantinya akan bersungguh-sungguh mengenakan.lebih baik memulai berhijab meski belum sempurna daripada tidak memulai sama sekali bahkan malah menolak karena merasa belum pantas. sampai sekarang masih banyak yang sering nyinyir komunitas hijabers, dan mirisnya itu datang dari sesama muslimah! bukan karena menolak kebenaran, komunitas hijabers juga punya perannya sendiri, yaitu mengajak muslimah untuk tau wajibnya berjilbab. 

coba liat sekarang sudah gak ada yang merasa "berat" memakai jilbab karena jilbab diangkat menjadi trend oleh komunitas Hijabers. itu peran. justru komunitas hijabers yang memerangi jaman pamer-pamer aurat di dunia fashion, khususnya di Indonesia yang hoby adopsi fashion barat. untuk kalian ketahui, stiap komunitas hijabers mmbuat event/acara, di undangan akan sllu ada NB : "jilbab menutup dada, no jeans, no laging". Komunitas hijabers tidak serta merta ngumpulin muslimah di sekitarnya hanya untuk ajang kumpul2 foto2 tapi ada edukasi didalamnya. misalnya disini ada member yg mau gabung,datang bajunya masih ketat,jilbabnya cuma se-leher, lengannya seperempat lengan, kita ttp rangkul. kemudian kita tarik hatinya untuk menggunakan busana yang longgar, panjang dan tebal tapi tidak membuatnya terlihat kuno. Itu peran kedua. 



dan mereka yang berpakaian ketat,pasti akan merasa risih sendiri ketika hadir ditengah2 hijabers lainnya yg berpakaian longgar2. Sesungguhnya agama Islam memerintahkan setiap orang muslim agar mencintai saudaranya bagaikan mencintai dirinya sendiri. sudah tidak ada yg malu lagi untuk berjilbab di mnpun tempatnya sehingga jilbab benar-benar telah membudaya di masyarakat & dianggap lumrah Namun di sisi lain jilbab yg sesungguhnya harus memenuhi prasyarat jilbab syar'i kan? itu juga yg komunitas hijabers sedang canangkan. sekarang misalkan ditanya, ldi Indonesia masyarakatnya akan ebih senang banyak trend fashion seksi2 pamer aurat atau fashion Hijab? sadar atau tidak gaya hidup ditularkan ke dlm brbagai aspek kehidupan.Pemicu gaya hidup butuh model yg punya pengaruh luas pada masyarakat. komunitas Hijabers berkembang dengan asumsi gaya hidup yang diadopsi dari ajaran Islam. memerangi gaya hidup barat yang pamer aurat. kenapa Hijabers brkembang? krn mampu mwadahi upaya aktualisasi diri muslimah metropolitan dari berbagai kalangan. dan dekat dgn ajaran islam. ada anak bayi lgsg diberi makan nasi ikan sm orgtuanya? ga ada kan? semua makan bubur dulu, yang lembek dulu, begitu peran komunitas hijabers. 

25 February 2013

Seorang Papa

Papa tidak bisa mengatakan langsung bahwa ia mencintai ummi, tapi ia bisa mengahbiskan berlembar-lembar halaman kertas surat hanya untuk mengungkapkan satu perasaan. Bukan saya terlalu memuji Papa, tapi memang sungguh di mataku, Papa bisa mengerjakan segalanya. Papa serba bisa. Papa ingin anak-anaknya punya lebih banyak kesempatan daripada dirinya,menghadapi lebih sedikit kesulitan, lebih tidak tergantungpada siapapun - dan (tapi) selalu membutuhkan kehadirannya. Papa menyuruhku mengerjakan pekerjaan yang ku sukai. tapi papa tidak ingin aku melupakan apa yang menjadi kewajibanku . Papa membiarkan ku menang dalam permainan ketika aku masih kecil, tapi dia tidak ingin aku membiarkannya menang ketika aku sudah besar.
Dia akan memegang janjinya untuk membantu seorang teman, meskipun ajakanku untuk pergi foto-foto sebenarnya lebih menyenangkan. Papa akan tetap memasang sepeda mainanku selama bertahun-tahun, meskipun aku telah bosan, atau tetap menghadiahiku crayon dan buku gambar, karena ia tetap ingin aku main sepeda dan menggambar di buku gambar yang jadi hadiah darinya itu. Papa selalu sedikit sedih ketika melihat anak-anaknya pergi bermain dengan teman-teman karena dia sadar itu adalah akhir masa kecil kamu, aku dan adik-adikku. Papa mulai merencanakan hidupku ketika tahu bahwa ummi hamil (mengandungku) , tapi begitu aku lahir, ia mulai membuat revisi. Papa membantu membuat impianku jadi kenyataan bahkan dia pun bisa meyakinkanku untuk melakukan hal-hal yang mustahil, seperti mengapung di atas air setelah ia melepaskanya.Papa juga bilang angka hoki nya adalah angka kelahiran kami.
Papa mungkin tidak tahu jawaban segala sesuatu, tapi ia membantu ku mencarinya. Papa mungkin tampak galak tetapi di mata teman-temanku dia tampak lucu dan menyayangi.Papa sulit menghadapi rambutnya yang mulai memutih…. jadi dia menyalahkan tukang cukurnya menggunting terlalu banyak di puncak kepala, kadang juga menyalahkan ummi karena salah membeli shampo. Papa akan selalu memelihara kumis lebatnya, meski telah memutih,agar aku bisa “melihat” para malaikat bergelantungan di sana dan agar aku selalu bisa mengenalinya. Papa selalu senang membantuku menyelesaikan PR, kecuali PR matematika terbaru .Papa  bersahabat seumur hidup Papa benar-benar senang membantu seseorang… tapi ia sukar meminta bantuan.Papa terlalu lama menunda untuk membawa bambino ke bengkel, karena ia merasa dapat memperbaiki sendiri segalanya.
Papa di dapur. Membuat memasak seperti penjelajahan ilmiah .Dia punya rumus-rumus dan formula racikannya sendiri, dan hanya dia sendiri yang mengerti bagaimana menyelesaikan persamaan-persamaa nrumit itu. Dan hasilnya?… .mmmmhhh…” tidak terlalu mengecewakan”  Papa akan sesumbar, bahwa dirinyalah satu- satunya dalam keluarga yang dapat memasak tumis kangkung rasa barbecue grill.Papa mungkin tidak pernah menyentuh sapu ketika masih muda, tapi ia bisa belajar dengan cepat. dan sluruh bagian luar rumah adalah hasil kreasi papa. Papa sangat senang kalau seluruh keluarga berkumpul untuk maka nmalam…walaupun harus makan dalam remangnya lilin karena lampu mati .Papa paling tahu bagaimana mendorong ayunan cukup tinggi untuk membuatku senang tapi tidak takut.

Papa akan memberiku tempat duduk terbaik dengan mengangkat ku dibahunya, ketika pawai lewat. Papa tidak akan memanjakanku ketika aku sakit, tapi ia tidak akan tidur semalaman. Siapa tahu aku membutuhkannya. Papa menganggap orang itu harus berdiri sendiri, jadi dia tidak mau memberitahuku apa yang harus aku lakukan, tapi ia akan menyatakan rasa tidak setujunya. Papa percaya orang harus tepat waktu. karena itu dia selalu lebih awal menungguku di depan rumah , dan dulu dengan kendaraannyaa, untuk mengantarkanku di hari pertama masuk sekolah Papa itu murah hati .. Ia akan melupakan apa yang ia inginkan, agar bisa memberikan apa yang aku butuhkan…. .Ia membiarkan orang-orangan sawahku di lahan Datok memakai sweater kesayangannya. . Ia membelikanku lollipop merk baru yang aku inginkan, dan ia akan menghabiskannya kalau aku tidak suka… Ia menghentikan apa saja yang sedang dikerjakannya, kalau aku ingin bicara…


Ia selalu berfikir dan bekerja keras untuk membayar spp ku tiap semester, meskipun aku tidak pernah membantunya menghitung berapa banyak kerutan di dahinya….Bahkan dia akan senang hati mendengarkan nasehatku untuk menghentikan kebiasaan buruknya menonton tivi terlalu dekat… Papa mengangkat beban berat dari bahuku dengan merengkuhkan tangannya disekeliling beban itu…. Papa akan berkata „ "tanyakan saja pada ummimu" Ketika ia ingin berkata "tidak” . Papa tidak pernah marah, tetapi mukanya akan sangat merah padam ketika anak gadisnya menginap di rumah teman tanpa izin .Papa mengatakan „ tidak apa-apa mengambil sedikit resiko asal kamu sanggup kehilangan apa yang kamu harapkan”
Pujian terbaik bagi seorang Papa adalah ketika dia melihatku melakukan sesuatu persis seperti caranya….Papa lebih bangga pada prestasiku, daripada prestasinya sendiri… Papa hanya akan menyalamiku ketika  dia pergi merantau meningalkan rumah, atau pergi karena pindah tugas karena kalau dia sampai memeluk mungkin ia tidak akan pernah bisa melepaskannya. Papa mengira seratus adalah tip..Seribu adalah uang saku..Gaji pertamaku terlalu besar untuknya…Papa tidak suka meneteskan air mata ….ketika aku lahir dan dia mendengar ku menangis untuk pertamakalinya, dia sangat senang sampai-sampai keluar air dari matanya (ssst..tapi sekali lagi ini bukan menangis)
ketika aku masih kecil, ia bisa memelukku untuk mengusir rasatakutku…ketika aku mimpi akan dibunuh monster…tapi…..ternyata dia bisa menangis dan tidak bisa tidur sepanjang malam, ketika dia jauh dirantau dan anak gadis kesayangannya tak memberi kabar selama hampir satu bulan. Kalau tidak salah Papa pernah berkata :” kalau kau ingin mendapatkan pedang yang tajam dan berkwalitas tinggi, janganlah mencarinya dipasar apalagi tukang loak, tapi datang dan pesanlah langsung dari pandai besinya. begitupun dengan cinta dan teman dalam hidupmu, jika kau ingin mendaptkan cinta sejatimu kelak, maka minta dan pesanlah pada Yang Menciptakannya, Allah SWT.”


Dan Untuk masa depan anak gadisnya Papa berpesan :” jangan cengeng meski kau seorang wanita, jadilah selalu bidadari kecilku dan bidadari terbaik untuk Papa dan anak-anakmu kelak! Anggrek tak punya alasan untuk layu. dan jika nanti ada laki-laki yang lebih bisa melindungimu melebihi perlindungan Papa, jangan pernah kau gantikan posisi Papa di hatimu

Papa bersikeras,bahwa anak-anakku kelak harus bersikap lebih baik daripada aku kini….Papa bisa membuatku percaya diri…karena ia percaya padaku..Papa tidak mencoba menjadi yang terbaik, tapi dia hanya mencoba melakukan yang terbaik….Dan terpenting adalah…Papa tidak pernah menghalangiku untuk mencintai Allah, bahkan dia akan membentangkan seribu jalan agar aku dapat menggapai cintaNya, karena dia pun mencintaiku karena cintaNya. 


Jangan Sampai Kenyang

Assalamualaikum wr. Wb 
Apakabar nih ukhti & akhi sekalian semoga senantiasa dalam lindunganNYA dan tetap istiqomah dalam menjalani keseharian. Amin 
saya akan berbagi cerita kepada kalian, zaman dulu kala (halah.dramatisir*) tentang saya yang “dulu” lebih tepatnya. Sebenarnya malu menceritakan sebagian dari diriku tapi karena kesalahan yang ditutup-tutupi akan membuat hati kita menghitam dan mudharatnya tak akan pernah bisa merasa lagi atau lebih tepatnya menunda-nunda tobat alias mengakui kesalahan. Begini, saya tinggal berdua saja dengan adik saya dirumah yang disediakan orangtua kami sebagai persinggahan selama beraktifitas dikampus, kalau oranglain mengibaratinya sebagai mahasiswa yang nge-kost*padahal bukan*) 


nah... setiap pagi sebelum berangkat kampus, saya selalu sarapan lebih dulu, tak jarang saya sarapan dengan makanan sereal, roti yang isinya berlapis-lapis coklat ataupun keju, susu yang kental-kental. Kenyang. 

Lalu setiba diruangan melewati kantin, membeli lagi beberapa permen, mulai dari permen karet, permen strubucks, wafer, coklat batangan, pokonya snack-scnak yang macam-macam, bahasa terkenalnya itu “ngemil” tiba waktu makan siang, saya kekantin memesan menu yang tersaji, makan sesuai mood, memesan seporsi tapi tak pernah menghabiskannya, selalu menyisakannya, kemudian jam pulang, sore hari mampir ke sebuah cafe atau tempat perkumpulan bersama teman-teman saling cerita sambil menunggu ruas kemacetan kota selesai. Berkumpul itu tak asyik kalau tak memesan apa-apa, jelas saya pun memesan lagi milk shake chocolate dan roti bakar yang dimenu cafe itu. Mencomotnya dan meminumnya lagi. Sesampainya saya dirumah, makan malam bersama adik sayapun begitu, makan dengan lauk yang membumbung.




Suatu hari libur kuliah, saya dan adik berkunjug kerumah orangtua kami, tentu saja membawa kebiasaan-kebiasaaan saya tersebut. Malam hari, ummi sudah menyiapkan makanan untuk makanan malam kami bersama, saya masih asyik didepan laptop sambil ber-haha-hihi, didepan laptop saya. umi menyuruh saa memanggil papa saya di halaman depan, saya beranjak mencoba mencari beliau. kudapati beliau sedang asyik didepan pot-pot yang berisi bunga-bunga dan "bunga yang hanya daun" 

"Pa, makan malam sudah siap," sapaku .
beliau menoleh tapi masih tetap ditempat, "Ya sebentar" kemudian tampak fokus lagi. saya jadi penasaran. tapi yasudahlah. Waktu makan malam dimulai .Memang karena lapar, saya makannya banyak dan lahap sekali. Kalau sudah lapar begini, makanan apa saja yang tersaji dimeja pasti enak. Dan bikin kenyang. Sampai saya bersendawa tak sengaja.

Setelah makan, saat berkumpul diruang nonton, saya ngemil lagi.
Ternyata tingkah saya ini sejak makan tadi diperhatikan Papa.

Papa menngajak saya sholat isha.
Tapi saya bilang, “Sebentar, masih kenyang… biar makananku turun dulu”

Setelah Papa ku selesai sholat.
Dia juga ikut duduk dibelakangku sambil membaca buku.
Beliau berkata, “Sudah tau kau kenapa bunga aglonema Papa mati?”

Egh ? oh rupanya, td papa fokus ke pot-pot bunganya karena ada tanaman kesayangannya yg mati, aku berbalik, menggeleng, “Gara-gara apa?” tanyaku kembali. Papa gak bermaksud menuduhku.


Papa : “Terlalu banyak air kayaknya, Tanaman rupanya kalau disiram terlalu banyak bisa layu dan mati”

saya : “Yaiyalah pa, ada dipelajaran biologiku, cukup sekali-kali saja menyiram tanaman”

Papa : “Yah kalau manusia? kamu juga makan lahap sekali, terlalu kenyang pastinya. sekarang ngemil
lagi… Nafsumu terlalu kuat keluar jadi makan banyak sekali. Terlalu banyak makan bisa
menimbulkan kerasnya hati dan sirnahnya cahaya hikmah. Sementara kenyang hanya membuat
semakin jauh dari Allah. Gara-gara persoalan perut pula Adam dan Hawa diusir dari surga. Tau
artinya ?”

saya nyengir saja.

“Terlalu banyak makan bisa membuat manusia menunda-nunda ibadah.
Sebab badan bisa berat dan mata selalu ingin tidur.
Tidak sungguh-sungguh menginginkan sesuatu kecuali baring, atau tidur.
Bagus kalau waktu kau makan kau ingat orang-orang yang tidak bisa makan seperti itu dijalanan.
Kalau tidak juga wah … di akherat nanti bisa miskin amal!


“Papa rasa kau juga tahu kalau Rasulullah meralang kita untuk kenyang kan?
Perut ada tiga bagian, diisi makanan, minuman, dan udara…”

Aku mengangguk. “Iya tapi kan Laparnya lama tadi kenyangnya Cuma sebentar…”

Papa ketawa. Lalu lanjut lagi.

“Perut itu letanya dibawah hati, ibarat belanga yang penuh dengan air mendidih, yang mana asapnya bisa mengotori hati, semakin banyak asap yang keluar. Hatipun semakin hitam. Membiasakan perut penuh juga menghilangkan kecerdasan…”


Kalau Papa sudah bicara seperti ini, dia melarang secara halus namanya, bukan melarang juga sih, Papa ku paling gak bisa bilang “Lain kali jangan seperti tiu lagi!!” haha… apa sih susahnya. Papa selalu memulainya dengan contoh-contoh. Sangat suka dengan kata “Ibarat”

saya akhirnya berdiri dan hendak sholat isha,
setelah sebelumnya berkata,
“Pa, Maaf Aglonema Papa waktu itu kelindas ban mobil…”

(^_*)">

Jangan membunuh hatimu dengan memperbanyak makan dan minum. Karena hatipun bisa mati seperti matinya tanaman yang banyak air.

==================================

Mengonsumsi makanan secara baik [seimbang] berfungsi untuk menghasilkan energi, mengganti sel-sel tubuh yang tua atau rusak, juga untuk menjaga metabolisme dalam tubuh. Ujung dari ketiga fungsi tersebut adalah untuk menjaga kelangsungan hidup manusia agar bisa menjalankan tugas kehidupannya. Tapi, apabila keseimbangan itu dilanggar, makanan tak mendatangkan manfaat, bahkan akan merusak tubuh. Dalam ajaran Islam, ada diperintahkan untuk makan makanan yang halal dan baik [halâlan thayyiban]. Allah swt berkalam dalam al-Qur’an yang artinya “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” [QS al-Baqarah [2]: 168].

=================================

Jumlah makanan yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan untuk menjaga keseimbangan bagi tubuh. Memang, memenuhi selera makan sampai perut menjadi kenyang boleh-boleh saja, tapi tetap saja ada batasnya. Ketika sudah melampai batas itu, mengonsumsi makanan menjadi kurang baik. Setiap orang punya batas yang berbeda-beda, tergantung dari kondisi tubuhnya. Bagaimana menentukan batas itu?

Al-Thabari, salah seorang ulama tafsir, mengatakan, “Meskipun kenyang hukumnya mubah, tapi ia memiliki batasan puncaknya. Jika batasan ini dilanggar, maka hal itu disebut berlebih-lebihan. Yang mutlak dalam hal ini adalah kenyang yang dapat membantu pelakunya untuk melakukan ketaatan kepada Allah, dan keadaannya tidak membuatnya berat dalam melaksanakan kewajiban.”

Kenyang dalam batasan At-Thabari dikaitkan dengan aktivitas manusia. Jika kenyang itu masih memungkinkan manusia melakukan aktivitas, kekenyangannya masih dianggap wajar. Namun jika sudah menjadikan manusia malas untuk bergerak dan beraktivitas, maka kekenyangan itu sudah melampau batas. Dalam ungkapan yang berbeda, Ibnu Qayyim al-Jauziyah menentukan batasan konsumsi makanan berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Tirmidzi. Menurut Ibnu Qayyim, ada tiga tingkat dalam hal mengonsumsi makanan. Tingkat yang pertama adalah mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan. Sabda Rasulullah: “Cukuplah bagi manusia untuk mengkonsumsi beberapa suap makanan saja untuk menegakkan tulang rusuknya”. Artinya, sudah cukup bagi manusia mengonsumsi makanan sampai pada kebutuhan dasarnya. Memenuhi selera menjadi prioritas yang tak utama.

Namun, jika manusia memang berkehendak untuk memenuhi selera makannya, maka Rasulullah melanjutkan sabdanya: “Kalaulah dia harus berbuat, maka sepertiga untuk makanannya, sepertiga lagi untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya.” Pada tingkat ini, memenuhi selera makan masih dalam tahap yang wajar, masih memerhatikan keseimbangan asupan makanan.

Jika konsumsi makanan sudah melampaui batas keseimbangan itu, dikatakan sudah berlebihan dan sangat tidak baik untuk dilakukan.

=================================

"Tidaklah anak cucu Adam mengisi wadah yang lebih buruk dari perutnya. Sebenarnya beberapa suap saja sudah cukup untuk menegakkan tulang rusuknya. Kalau toh dia harus mengisinya, maka sepertiga untuk
makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernapas." (H.R. Turmudzi, Ibnu Majah, dan Muslim).

"Makanan satu orang cukup untuk dua orang, makanan dua orang cukup untuk empat orang, dan makanan empat orang sebenarnya cukup untuk delapan orang." (H.R. Bukhari, Muslim, Ibnu Majah, Ahmad, dan Darimi).

"Sesungguhnya termasuk sikap berlebih-lebihan bila kamu memakan segala sesuatu yang kamu inginkan." (H.R. Ibnu Majah)

"Seorang mukmin makan dengan satu usus, sementara orang kafir makan dengan tujuh usus." (H.R. Muslim, Turmudzi, Ahmad, dan Ibnu Majah).

Nabi Muhammad saw. juga pernah bersabda, "Kami adalah orang-orang yang tidak makan, kecuali setelah lapar, dan bila makan, kami tidak sampai kenyang." (H.R. Abu Dawud)

Selain itu, Allah SWT juga berfirman dalam Alquran surat Al-A'raf ayat 31, "Makan dan minumlah, tapi jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan."

==================================

Kalian Seorang Ibu


Datang seorang laki-laki kepada Rasulullah, kemudian dia bertanya: 
Wahai Rasulullah, siapakah yang paling berhak untuk kuperlakukan dengan baik?” 

Beliau bersabda, “Ibumu”, Orang tersebut bertanya lagi ”Kemudian siapa?”. Beliau bersabda, ”Ibumu”. Orang tersebut bertanya lagi, ”kemudian siapa?” Beliau bersabda, ”Ibumu”. Orang tersebut bertanya lagi, ”kemudian siapa?”. Beliau bersabda, ”Bapakmu.” (HR Bukhari dan Muslim)

Hadits diatas sebagai pembuka postingan saya kali ini, sudah seminggu sejak mendapat kabar dari sahabat-sahabat saya di komunitas arisan hijabers. Sisil yang suatu malam mengupdate status di BBM bilang kalau putranya (anak pertama) yang berusia belum cukup setahun itu sedang demam. dilihat dari fotonya Zidane tampak rewel, terbayang kekhawatiran Sisil, yang biasanya dia suka menghambur kalau bbman kini jadi balas singkat dan nampak sedih. kabarnya Zidane demam tinggi dia sudah bawa kedokter dan diberi obat. yang saya salutkan, Sisil ini juga bekerja disebuah perusahaan maskapai penerbangan bagian tiketing (Merpati Air Lines) juga sambil meneruskan kuliah nya di bidang politeknik unhas. disamping kesibukannya yang cukup itu dia juga harus tetap merawat Zidane bersama suaminya. belum sembuh Zidane, anak Sisil, ada kabar lagi tentang Shafana yang dirawat di Rumah Sakit, salah satu dari anak kembar Ayu. Sama dengan Sisil, Ayu juga bekerja sebagai perawat disalah satu rumah sakit. karena punya anak kembar, Ayu juga termasuk seorang Ibu yang lincah. seperti sore ini status bbmnya bilag kalau Shaqila, kembaran Shafana yang dirawat... lagi rewel. untungnya Ayu bisa dibantu Orangtuanya untuk merawat bayi kembarnya. 

Sungguh Allah Subhanahu Wata’ala adil. Do’a harapan tercurahkan semoga menjadi anak yang berbakti dan berguna pada agama, orang tua, keluarga dan masyarakat. Hari-hari selanjutnya adalah menunaikan amanah yaitu membesarkan sang anak. tak jarang kudengar kalau mereka Kurang tidur, kurang istirahat, telat makan namun itu adalah hal sering harus dilalui seorang ibu. Letih fisik dan psikis adalah hal yang biasa. Belum lagi bila sang anak sakit, seperti sekarang ini, Sisil sangat ketakutan, dan Ayu pun tak kalah khawatir... ibu dengan ikhlas tidak tidur semalaman untuk menjaga sang anak. Tanpa mengharap pamrih, semua itu dilakukan agar sang anak tenang dan bahagia. Ibaratnya, ibu rela sakit untuk menggantikan rasa sakit sang anak. mungkin memang aku belum merasakan bagaimana menjadi ibu, satu hal, menjadi wanita itu sangat mulia.

untuk Sisil dan Ayu, kalian adalah ibu muda yang luarbiasa, tenang yaaa.. kendalikan kekhawatiran kalian, Allah maha pemberi dan maha penyayang. semoga anak-anak kalian segera diberi kesembuhan. aamiin.




24 February 2013

Ulangtahun Bosowa ke-40

Assalamualaikum wr.wb. 
mungkin kalau orang makassar sudah kenal dengan perusahaan Bosowa Group yaaa :D kalau orang luar makassar mungkin baru sebagian saja yg dengar. beritanya sebenarnya banyak dan kalian bisa googling tentang Bosowa, nah pada tanggal 22 Februari kemarin, Bosowa ini beruangltahun yang ke-40 tahun sejak tahun 1973 hingga 2013. dan katanya yang paling penting dari perayaan ulangtahun ini adalah mengucap rasa syukur karena Bosowa mampu berkembang pesat dan kini sudah ada Menara Bosowa yang dibangun ditengah kota, depan lapangan karebosi sebagai head office dari seluruh anak perusahaan Bosowa tersebut. 
nah sekian lama kita ketahui mengenai Bosowa baru kali ini saya tau bahwa Bosowa itu adalah singkatan dari 3 nama kabupaten di Sulawesi selatan, yakni Bone, Soppeng dan Wajo. di acara gala dinner yang dihelat tanggal 23 februari 2013 kemarin, pak Aksa Mahmud selaku owner dan pimpinan Bosowa bercerita tentang asal usul perindustrian ini bertumbuh kembang hingga sekarang. dan itu sangat-sangat menakjubkan sekali ceritanya sangat memotivasi. sesekali saya cuma bilang "Subhanallah..." semangat kerja pak Aksa Mahmud memang luar biasa dan patut di tiru. malam itu susunan acaranya juga mengesankan. 
acara pertama adalah moctail party dan sambutan-sambutan. di sambutan itulah pak Aksa Mahmmud memperkenalkan bosowa sepanjang sejarah dan sekaligus memperkenalkan Anak sulungnya yang bernama Pak Erwin Aksa yang sejak tahun 2006 sudah jadi penerus atau CEO dari Bosowa. pesan pak Aksa Mahmud untuk seluruh pebisnis di dalam negeri yaitu jangan lupa mempersiapkan penerus :) keren ya.
 sembari berpidato, para tamu undangan yakni seluruh karyawan/karyawati anak perusahaan yan gada dibawah naungan Bosowa, dipersilahkan menikmati hidangan yang tersedia, gala dinner dimulai sembari acara tetap berjalan kemudian MC acara, Farhan dan Terry putri menampilkan Krisdayanti sebagai bintang tamu di gala dinner ulangtahun Bosowa yang ke 40 ini .
dua lagu yang dibawakan mbak Krisdayanti ini cukup menghibur apalagi ditambah dengan kecantikan wajahnya dan keramahan senyumnya menyapa semua keluarga besar Bosowa di gedung CCC tanjung bunga makassar ^_^ eh tapi ya aku kurang suka sama kostum mbak KD disini , bikin pinggulnya lebar trus jjuga motif pakaiannya mirip kayak pakaian renang sih sebenarnya, warnanya jugaaa (eh kok jadi komen soal fashionnya?) hahahah yaudah skip :) yg penting mmbak KD nyanyi :D
Dan acara yang bikin merinding itu selanjutnya ada Danny Darco, si master sand painting yang memulai aksinya dengan painting soal kisah perjalanan pak Aksa Mahmud membangun Boswoa
 dikisahkan dimulai dari menjual permen dan kue-kue lalu pak Aksa kecil punya impian ingin memiliki sepeda motor dan timbullah semangat kerjanya bekerja apa saja yang menghasilkan, dan rupanya pak Aksa waktu muda pernah bekerja jadi wartawan , karena beliau cukup kritis maka sel kodam pun pernah dirasakannya. setelah itu pak Aksa menjadi ketua HIPMI di makassar lalu bertemu dengan orangjepang dibandara yang mempercayakan produknya untuk dikelola pak Aksa, lalu pak Aksa membuat industri sendiri yang pertama yaitu sement bosowa, jalan tol, dan property bangunan, kemudian berlanjut ke bisnis transportasi (taxi bosowa) dan saham sekuritas (tempatku hehehehe) sampai akhirnya bosowa seperti skrg ini.
ini dia pak Aksa Mahmud :)
dan ini pak Erwin Aksa :)
hadir juga pak JK

gubernur sulsel pak Syahrul Yasin Limpo
jam 11 wita acara selesainya untung malem minggu hehehe sbnrnya besoknya, hari minggu pagi ada lagi acara gathering family olahraga bareng Bosowa dan lomba lari 10k juga masih ada bintang tamu yang menghibur , yaitu coboy junior sama project pop. tapi saya ga ikutan hohohoo ada family gathering lain yang sama pentingnya meski serunya berbeda-beda hehehe tapi semoga grup ini makin berkembang dan bermanfaat bagi bangsa dan negara. dan saya bersyukur bisa jadi bagian dari bosowa ^^ semoga sukses. aamiin

18 February 2013

Review : MAMA | with Usera Crew

assalamualaikum.wr.wb
ada yang suka nonton film horor ga sih?? hahahhahaha 
yuhuhu kemarin saya dan crew exhibita magazine bersama usera group merencakanan acara nonton bareng film horor yang katanya seru, biar jadi seruseruan kita aja. filmnya apaan? nih.. jangan kabur dulu... 

 
kalian bisa googling sendiri deh sinopsisnya kayak apa. atau kalau lagi males googling yaudah aku kasih taum disini dikisahkan seorang anak 3 tahun bernama Victoria, bersama adiknya Lily yg berusia 1 tahun ditinggal oleh orangtuanya disebuah pondok di hutan gitu. mereka dinyatakan hilang hingga 5 tahun lamanya, paman mereka Lucas selama itu juga mencari mereka nah saat di temukan, victoria sudah berusia 8 tahun dan adiknya lily sudah 5 tahun, selama 5 tahun itu mereka tinggal berdua saja dipondok? siapa yang menjaga mereka? apa yang mereka makan? bagaimana perkembangan jiwa mereka? nah itu tuh konen ceritanya nanti nonton sendiri aja yaa hhahaha dijamin seruu dan menyeramkan, di endingnya kalian disuguhi kesedihan pula loh.
maman | k'arni | echin | me | ikha | om ocky
yang di atas our boss : Pak iiaN (bukan chinesse loh)
udah ada mbak achi & mbak imel
mbak imel | k'arni | ika | me


selesai nonton pulang bareng :) sambil diperjalanan sambil masing2 berkomentar mengenenai film "Mama" yang kita nonton tadi. pak Ian komen "Baru kali ini ada mama yang menyeramkan" kalau ika malah terpuaskan sama kebersamaan nonton barengnya soalnya didalam studia kita teriak2 kaget2an ahhaha. mbak Achi bilang, "untung mama nginap dirumahku malam ini, kalau tidak, ada mama lain yg jaagain" hahahaha aku juga sebenarnya agak parnooooooooo sik apalagi liat lemari x_x zzz.....


14 Februari, Hari Hijab Sedunia

assalamualaikum wr.wb
sebagaimana maraknya kita ketahui kalau 14 februari itu identik sekali dengan hari valentine. tapi bagi umat muslim seharusnya kita tidak mengikuti hari tersebut dengan pengucapannya apalagi perayaan-perayaannya yang sama sekali bertolak dari syariat agama kita. siapapun sekarang bisa googling mengenai sejarah sampai dimana 14 februari itu dinamakan dengan hari valentine dan apa hukumnya bagi umat muslim. memang pada mulanya bagi yang belum mengetahui apa-apa biasanya akan berdalih, seperti ini : 
"orang itu mau merayakan apa saja tergantung niat masing-masing"
"lah valentine kan hari kasih sayang, bukan perayaan agama tapi sekedar perayaan sosial"
dan lebih parahnya lagi "Valentine itu kita di ingatkan buat saling sayang menyayangi tauk, ga ada hubungan sama agama. wong semua agama merayakannya kok diseluruh dunia"
kalau memang ianya hari mengingatkan untuk saling sayang menyayangi, kenapa musti ikut-ikutan cara kaum mereka? ada kok agama kita juga mengajarkan saling menyayangi bahkan tiap hari, tak perlu menunggu hari atau tanggal apapun itu. nah sebagai bentuk perlawanan terhadap pemikiran tersebut, muncullah sebuah gerakan yang dinamakan #GerakanMenutupAurat . peringatan gerakan ini sebenarnya tepatnya pada tanggal 01 Februari yang dinobatkan sebagai hari hijab sedunia, kenapa bisa sampai ada hari hijab sedunia? silahkan meluncur kesini nih ---> polemik hari hijab sedunia tapi aksi dari gerakan ini di canangkan pada tanggal 14 februari berpapasan dengan hari yang orangorang kebanyakan tau sbg hari pink (apadeh*) nahhh di Indonesia seluruh muslimah dipenjuru kota melasanakan aksinya juga loh? serentak!!!!!!! kompak !!! satu ukhuwah semua mengajak dan mengingatkan kembali semua muslimah betapa wajibnya berjilbab. gak percarcaya nih buka ini---> Proud Wear Hijab disitu semua dirangkum aksi gerakan menutup aurat seluruh indonesia. Trus di Makassar khususnya, kota saya nih? apa ada juga? ada dong :)


berlokasi di Anjungan City Of  Makassar, saya bersama teman-teman Hijabers Makassar turun beraksi dalam mendukung #GerakanMenutupAurat, selepas Ashar. dan rangkaian kegiatannya itu berupa berbagi hijab, stiker, dan berbagi edukasi/tutorial tentang hijab kepada seluruh orang yang berkunjug ke anjungan hari itu. kami membawa banyak jilbab bekas/baru yang disumbangkan dari para member.

selepas kampanye keliling anjugan City Of Makassar menyapa para muslimah yang sedang asyik menikmati pemandangan Anjungan kami semua kembali ke pos dan bersiap melaksanakan shalat ibadah magribh berjaamaah di masjid amirul mukminin :D semoga aksi-aksi seperti ini tiap tahun kita semua berkesempatan bergerak melaksanakannya, sebagai penutup saya sertakan lagi foto tag dibawah ini :)

16 February 2013

For Hijabographic.tumblr.com




assalamualaikum, sekarang ada Sebuah wadah infografis dakwah kolaborasi artwork para muslimah Indonesia. Mau ikutan berdakwah dengan kreatif ?

GAMPANG !, kirim aja karyamu bisa berupa komik,ayat Al Quran favorit,foto,cerita,atau apapun,tidak terbatas, bisa juga kirim ide-idemu nanti dibantu visualisasinya oleh tim kreatif kami.
Kirimnya ke >> hijabographic@gmail.com <<
Yang mau tanya-tanya, kasih saran, atau kritik juga kami terima selapang lapangan bola. :3

Ingat kata hadits :
“Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)
“Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil “ (HR. Ahmad).

Yuk gabung bersama kita. Dakwah secara kreatif dan menyenangkan! Hore! \=D/
Hijabographic ♥
Dari,oleh,dan untuk kita karena Allah

|| Follow kita di :
Twitter: @Hijabographic | Tumblr : Hijabographic | Facebook Fanpage : Hijabographic 
aku juga berpartisipasi loh hehehehhe ini sign kedua aku buat hijabographic.

15 February 2013

Musik dalam Selera

Assalamualaikum wr.wb
ini hari sabtu, tapi ngantor dalam hitungan lembur tidak juga loh hahaha emang masuk setengah hari hehe tapi kalau sabtu dan pagi itu biasanya kurang aja kerjaan dimeja atau jadwal di papan ruangan. jadi di meja saya cuma dengar-dengar lagu aja. yang kenal saya itu tau banged kalau selera musik saya nggak konsisten ke genre-genrenya hahaha...tapi satu hal mau genre apapun kalau lagunya asyik didengar ya masuk ke telinga saya bahkan sampai ke hati saya malah hahahahaha oke itulebay. nah siang ini saya pengen nge review musik yang dalam jangka waktu cukup lama menghias pikiran saya dan alam bawah sadar saya untuk terus menyanyi2kannya, mendengarkannya ketika sela waktu luang. apa itu?
 dari film india (teteup ya) tapi jangan salah ya, lagu yang judulnya "Heer" ini bagian dalam film Jab Tak Hai Jaan bukan lagu yang buat sepasang kekasih atau berlebay-lebay ria tapi lagu ini mengisahkan sebuah kenangan waktu seorang anak gadis yang ayahnya sedang berulangtahun. 
 
Meera (katherina khaif) ingin memberikan ayahnya sebuah hadiah pada saat ayahnya berulangtahun, tapi kalau berupa barang dianggapnya udah biasa, jadi Meera pengen menyanyikan sebuah lagu tradisional untuk ayahnya, maklum mereka critanya domisili di london dan ke-punjabi2an Meera bisa dikatakan hampir lenyap aksennya jadi Meera ingin memberikan ayahnya suprise kalau darah punjabi masih sangat dihargai Meera. nah lewat lagu "Heer" itu persembahannya. ada juga sih bagian2 romantisnya ke Samar Anand (SHarukh Khan) yang membantu ngajarin Meera main musik dan mengaransemen lagu "Heer" itu untuk dipersembahkan ke ayahnya Meera, nah waktu2 mereka belajar lah Meera jatuh cinta sama Samar Anand. dan kisah cinta dan cerita cinta nya pun dimulai deh .
 nah yang lagu kedua ini super duper romantisss abissssss. dari serial drama korea King2Heart bagian dimana Lee Jae Sin (Lee Yoon Ji) seorang putri, adik raja, jatuh cinta sama pengawal pribadinya. aaaaaaaaakkk (heboh dulu*) romantis abisss yaakk. yang bikin keren tuh karena pemeran JaeSin si LeeYoonJi nyanyi pake suaranya sendiri loh dan saat itu adegannya memang bercerita kalau JaeSin ingin menyanyikan sebuah lagu untuk pengawal pribadinya itu sbg permintaan maaf karena udah ngeledekin para pengawal. uhuhuhuhuhu irama lagunya musiknya romantis banged, judulnya itu "First Love alias Chom sarang"

Beberapa orang nganggap musik tidak berwujud sama sekali. beberapa orang juga yang memang dunianya di musik sampai musik jadi mata pencaharian, beberapa orang nganggap musik biasa aja, bahkan musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah. aaaahhhh iya kan! musik sebenarnya bukan utama karena selera tapi karena keadaan, dalam keadaan apakah kamu sampai harus berselara atau tidak berselera mendengarkan musik, bahkan sampai berulang2 heheh:)



12 February 2013

Weekend ala baby sitter

assalamualaikum wr.wb
weekend minggu kali ini saya menculik seorang bayi, namanya AwLaL 
anak siapa dia ? hheheh awlal itu anak sahabat saya, Kanita. 
usianya masih 2bulan tapi rencananya minggu ini mau weekend bareng baby awlal
jadinya saya menculiknya hahaha, sore hari siap siap 
pakai warna orange yang ngejreng nih huhu biar fresh .
accesoris paduannya itu ya kacamata :)
baby awlal waktu di culik, mamanya juga ngikut ihh hahahaa
tapi rencana penculikan baby awlal ini saya nggak sendiri loh ada Ayyub ternyata :D ayyub juga sahabat kami waktu kuliah, tapi dalam jangka waktu setelah lulus sama-sama doski sudah ke bulukumba langsung pendidikan kerjaannya, dan weekend ini lagi ada mutasi ke makassar jadinya janjian deh buat ketemuan soalnya jarang banged ayyub ke makassar.
 
dan ada ummah rhyfa juga nyusul datang belakangan
ummah rhyfa  seorang banker jadi maklum walaupun weekend dia tetap aja kerja haha 
kumpul duit yang banyak yah ummah biar baby awlal bisa kebagian juga hahhaa

 pas mau pulang ayahnya baby awlal nemuin kita hahahaha
penculik bayi tertangkap, dan baby awlal di peluk erat2 tuh sama ayahnya hahaha

location : PISA cafe jl botolempangan
makassar