24 September 2013

Adat Mangerang Undangan

Assalamualaikum :)
mau cerita lagi inih soal prosesi selanjutnya setelah undangan udah disediakan dan siap disebar, undangan pernikahan itu gak langsung disebar gitu aja loh ternyata, di Makassar sini apalagi asli Gowa ada napanya Adat Undangan "Picuru" saya gak tau pasti arti bahasa indonesianya "Picuru" itu apa yang jelas undangan picuru itu undangan untuk sanak keluarga yang di nilai baik nama makassarnya agar menjadi doa kebaikan untuk para tamu undangan nanti. saya ngejelasinnya apa adanya yg saya tau saja ya walaupun dengan bahasa yang kurang2 begini. heheheheh duh! nah jadi undangan picuru saya itu ada 5 undangan awal yang disebar ke 5 orang yang dimaksud memiliki nama baik itu. sebelum disebar Nenek Hj. Hasniah dg Jintu (termasuk orang di tuakan di dusun keluarga kami) membacakan beberapa doa dulu. dan keluarga menyiapkan segala perlengkapannya, termasuk kue-kue tradisionalnya.seperti umba-umba dan kue lapis yang maknanya, agar segala kebaikan terus bermunculan dan berlapis-lapis, sepertinya begitu :D yang sy tau :) waktu itu juga nenek minta suatu barang sari saya yang sering saya kenakan tiap hari dan katanya yang termasuk sy senangi, sy sempat mikir apaan yaa?? yaudah jadi deh saya ngasih nenek Mukena ungu saya :) 
nah dan setelah prosesi doa dan persiapan selesai, tante dan om (adik kandung ummi dan sepupu ummi) ditugaskan untuk mengantar undangan picuru secara langsung ke 5 orang yang memiliki nama baik itu, 
  • yang pertama ke Datok Daeng Rate : arti namanya adalah "Atas" dimaksudkan agar para tamu undangan selalu menjunjung tinggi adat istiadat pernikahan Makassar. 
  • kedua Daeng Rurung : arti namanya adalah "Berbondong-bonong" dimaksudkan agar para tamu yg diundang hadir berbondong-bondong beramai-ramai memberi doa restu dan selamat.
  • Ketiga Daeng Bali' : Arti namanya adalah bantu dimaksudkan agar undangan tidak hanya sampai ditempat tapi juga ikut membantu menyiarkan kabarnya dari teman ke teman. sedangkan arti untuk kedua calon mempelai adalah agar hidup berpasangan selamanya.
  • ke empat Daeng Mangung : arti namanya adalah Membangun 
  • ke lima daeng Sijaya : artinya senantiasa berjaya , nama ke 4 dan ke 5 digabung artinya membangun rumah tangga yang baik dan jaya selalu. 
Undangan pappicuru
"battu rate na rurung-rurung toanayya, a'sibalibali buntinga, ammangung na sijaya tallasa'na "
(dari atas dan berbondong2 tamu berdatangan, saling bersatu dan mengasihi sang pengantin, agar mampu membangun rumahtangga yg baik dan jaya hidupnya berpasangan)



heheheheh jadi begitu loh teman-teman.. hahahha ribet yaaakk ^^"
saya aja juga heran ada juga yah yang gituan eehehehhe..
setelah ke lima undangan itu di berikan, undangan keluarga yang lain juga ga langsung disebar sih masih di atur-atur lagi juga kok :) malah semingguan setelah mappicuru undangan baru nyebar teratur :)
sekian dulu yaaa... nanti insyAlllah posting lagi soal prosesi preparation saya berikutnya 
wassalam wr.wb

No comments:

Post a Comment