09 July 2013

Roadshow Lomba Foto Piala Presiden 2013

Assalamualaikum wr.wb
ini juga late post nih heheheh tanggal 13-14 juni kemarin sebenarnya ini event tahunan loh, lomba foto Naional yang memperebutkan piala presiden ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang mengambil dasar bahwasannya Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan 34 provinsi yang berjajar dari Sabang sampai Merauke. Setiap provinsi mempunyai identitas dan keunikan dalam hal alam, ciptaan manusia, adat istiadat dan budaya yang berbeda-beda. Perbedaan yang terdapat di masing-masing provinsi merupakan keragaman dan kekayaan bagi tumbuh-kembangnya Nasionalisme.Untuk itulah, kekayaan alam, ciptaan manusia, adat istiadat dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia harus didokumentasikan dan diinformasikan kepada seluruh masyarakat. Baik sebagai wahana untuk menanamkan karakter dan jati diri melalui Lomba dan Pameran Foto Indonesia 2013 dengan tema "Indonesia di Hatiku". Tahun lalu dengan tema yang sama saya juga ikutan workshopnya, liputannya nih : Piala Presiden Lomba Foto 2012 perbedaan tahun lalu dengan sekarang ini itu mulai dari banyaknya Narasumber, juga tahun ini pelaksanaannya tidak memakan begitu banyak waktu. hanya dua hari dan tidak dikarantina seperti tahun lalu. 


Workshop Day #1
Hari pertama dimulai dengan registrasi ulang setelah sebelumnya kita sudah mendaftarkan nama kita ke panitia pelaksana lokal di Makassar, event ini diselenggarakan di Hotel Asyra Makassar lantai 3 dan tepat pukul 10.00 wita kami semua para peserta dipersilahkan untuk menikmati breakfast sambil menunggu pemateri datang. pemateri tahun ini langsung juri lombanya loh. keren yaaaa. oh iya ketentuan lomba kemarin di informasikan di website ini  : Fotografi Indonesia Tahun ini pesertanya juga lebih banyak, ada yang peserta tahun lalu juga tetap ikut pada tahun ini, ada juga yang tidak, nah ada juga peserta baru. tapi semua dari perwakilan komunitas fotografi masing2 sih jadi masih saya kenal-kenalin lah, saling kenal gitu :)
Perkenalkan juri lomba foto nanti dan sekaligus pemateri workshop ini VE DANITHO yang rambutnya pirang, cantik yaaa dia cool banged loh.. kalian liat deh portfolionya di websitenya keren-keren, mba Ve ini fokus di soal conceptual photography semua ide-ide nya dalam mengkonsep foto keren banged. di workshop kita kenalan sama mbak Ve kemudian dia mulai menjelaskan tentang dasar-dasar konsep dalam fotografi. kata mbk Ve membuat foto itu harus ada konsepnya biar kita bisa bertanggungjawab sama maksud dan tujuan foto yang kita buat itu. juga mempermudah kita menyampaikan pesan yang ada dalam foto kepada si penikmat foto. Meski saya merasa belum seratus persen paham soal genre yang satu ini, namun saya minimal berusaha untuk tak hanya memahami saja tetapi mempratekkannya dan itu bersama-sama langsung dengan Mbak Ve loh di workshop ini. 
Setelah saling berbagi ilmu dengan mbak Ve juga pak Oscar Motuloh (Fotografer Jurnalis Antara News) kita memasuki ishoma jam 12 siang, dan kita diminta kembali ke ruang seminar itu jam 2 siang untuk melanjutkan lagi materi yg dibawakan pak Oscar. tentang jurnalis fotografi, kesukaanku juga, dengan jelas pak Oscar membahas tentang Ada yang mengatakan bahwa untuk menjadi fotografer jurnalistik itu harus mempunyai perlengkapan kamera yang cukup, lensa dengan berbagai rentang sudut pandang, lensa sudut lebar, tele pendek, tele menengah dan tele panjang.  Lalu tentu timbul pertanyaan, jadi kalau saya tidak mempuyai semua itu, saya tidak bisa menjadi fotografer jurnalistik atau wartawan foto? pak Oscar menjawab, bahwasannya fotografer jurnalis itu adalah tentang momen :) cepatlah menangkap momen jangan tunggu gear bagus.setelah itu pukul 5 sore seminar sudah selesai dan disampaikan kita diminta datang lagi besok nya (14 juni) ke tempat yg sama ini pukul 10 pagi :) 



Workshop Day #2
Hari kedua workshop kita tidak lagi diruang seminar berlama-lama duduk , teori tentu saja harus diimbangi dengan praktek kan? nah hari itu saya masih izin ngantor untuk tidak melewatkan kesempatan hunting bareng dengan Mbak Ve dan pak Oscar di Rooftop Hotel Asyra, kita diajarin mbak ve tekhnik fto konsep dalam satukali eksposure misalnya refleksi dalam fotografi, kita seringkali mengabaikan refleksi gambar yang padahalnya bisa jadi efek yang bagus dalam sebuah foto. mbak ve juga ngasih tau kalau Refleksi bisa muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari landscape yang dramatis sampai komposisi makro yang detil, tapi ada beberapa teknik dasar yang bisa membantu mendapatkan hasil yang lebih baik saat berhadapan dengan refleksi. misalnya berhubungan dengan DOF (depth of field), Tips nya itu menggunakan angka f/ tinggi sekitar f/11 atau lebih, karena akan membantu menyeimbangkan objek sehingga mata melihatnya lebih dekat dengan refleksinya dan mendukung efek pantulan untuk muncul. fokus juga sangat bergantung pada jarak antara objek dengan pantulannya. Pertama, kita harus fokus pada objek, lalu pada refleksinya. Ini akan membuat hasil yang sedikit berbeda tergantung pada seberapa banyak perhatian yang kita inginkan untuk refleksinya.
Terakhir mbak Ve juga memaparkan kalau kita harus perhatikan sudut datangnya cahaya dan bagaimana itu bisa mempengaruhi refleksi yang tampak. ada juga proses pengambilan foto konsep soal shadow yang keren banged deh itu butuh kain seprei putih dan 2 lighting. jd object utama didepan kain, objek shadow dibelakang kain masing2 didepannya dipantulkan lighting.kalian bisa liat hasil foto mbak Ve di sini
Abis motret2 di rooftop kita kembali lagi keruang seminar untuk evaluasi foto, dan dikaish tips-tips tentang tema lomba foto ini "Indonesia Di Hatiku" kata mbak ve pulang kerumah harus buat PR yaitu mikirin konsep buat lomba foto ini hheheehehe. hadiahnya jutaan loh, kembali liat website nya deh heheh semoga tahun depan ada lagi dan berkesempatan terus ikut :) juara gak juara yg penting partisipasi dan semangat jepret!

3 comments: