28 February 2013

Peran Komunitas Hijabers

Assalamualaikum wr.wb 
Postingan kali ini saya pribadi mau menjelaskan, sesuatu, sbnrnya tidak begitu detail mungkin seperti yang kalian harapkan, tapi satu hal, Lebih baik Indonesia berbudaya ketimuran memakai hijab sebagai Fashoin daripada menjadikan busana orang barat menjadi fashion di Indonesia kan? Mungkin keinginan muslimah untuk berhijab didatangkan dari keinginan fashion semata dan nantinya akan bersungguh-sungguh mengenakan.lebih baik memulai berhijab meski belum sempurna daripada tidak memulai sama sekali bahkan malah menolak karena merasa belum pantas. sampai sekarang masih banyak yang sering nyinyir komunitas hijabers, dan mirisnya itu datang dari sesama muslimah! bukan karena menolak kebenaran, komunitas hijabers juga punya perannya sendiri, yaitu mengajak muslimah untuk tau wajibnya berjilbab. 

coba liat sekarang sudah gak ada yang merasa "berat" memakai jilbab karena jilbab diangkat menjadi trend oleh komunitas Hijabers. itu peran. justru komunitas hijabers yang memerangi jaman pamer-pamer aurat di dunia fashion, khususnya di Indonesia yang hoby adopsi fashion barat. untuk kalian ketahui, stiap komunitas hijabers mmbuat event/acara, di undangan akan sllu ada NB : "jilbab menutup dada, no jeans, no laging". Komunitas hijabers tidak serta merta ngumpulin muslimah di sekitarnya hanya untuk ajang kumpul2 foto2 tapi ada edukasi didalamnya. misalnya disini ada member yg mau gabung,datang bajunya masih ketat,jilbabnya cuma se-leher, lengannya seperempat lengan, kita ttp rangkul. kemudian kita tarik hatinya untuk menggunakan busana yang longgar, panjang dan tebal tapi tidak membuatnya terlihat kuno. Itu peran kedua. 



dan mereka yang berpakaian ketat,pasti akan merasa risih sendiri ketika hadir ditengah2 hijabers lainnya yg berpakaian longgar2. Sesungguhnya agama Islam memerintahkan setiap orang muslim agar mencintai saudaranya bagaikan mencintai dirinya sendiri. sudah tidak ada yg malu lagi untuk berjilbab di mnpun tempatnya sehingga jilbab benar-benar telah membudaya di masyarakat & dianggap lumrah Namun di sisi lain jilbab yg sesungguhnya harus memenuhi prasyarat jilbab syar'i kan? itu juga yg komunitas hijabers sedang canangkan. sekarang misalkan ditanya, ldi Indonesia masyarakatnya akan ebih senang banyak trend fashion seksi2 pamer aurat atau fashion Hijab? sadar atau tidak gaya hidup ditularkan ke dlm brbagai aspek kehidupan.Pemicu gaya hidup butuh model yg punya pengaruh luas pada masyarakat. komunitas Hijabers berkembang dengan asumsi gaya hidup yang diadopsi dari ajaran Islam. memerangi gaya hidup barat yang pamer aurat. kenapa Hijabers brkembang? krn mampu mwadahi upaya aktualisasi diri muslimah metropolitan dari berbagai kalangan. dan dekat dgn ajaran islam. ada anak bayi lgsg diberi makan nasi ikan sm orgtuanya? ga ada kan? semua makan bubur dulu, yang lembek dulu, begitu peran komunitas hijabers. 

1 comment:

  1. Subhanalloh,, setidaknya 1 step lebih maju dibandingkan yg lain..

    ReplyDelete