18 February 2013

14 Februari, Hari Hijab Sedunia

assalamualaikum wr.wb
sebagaimana maraknya kita ketahui kalau 14 februari itu identik sekali dengan hari valentine. tapi bagi umat muslim seharusnya kita tidak mengikuti hari tersebut dengan pengucapannya apalagi perayaan-perayaannya yang sama sekali bertolak dari syariat agama kita. siapapun sekarang bisa googling mengenai sejarah sampai dimana 14 februari itu dinamakan dengan hari valentine dan apa hukumnya bagi umat muslim. memang pada mulanya bagi yang belum mengetahui apa-apa biasanya akan berdalih, seperti ini : 
"orang itu mau merayakan apa saja tergantung niat masing-masing"
"lah valentine kan hari kasih sayang, bukan perayaan agama tapi sekedar perayaan sosial"
dan lebih parahnya lagi "Valentine itu kita di ingatkan buat saling sayang menyayangi tauk, ga ada hubungan sama agama. wong semua agama merayakannya kok diseluruh dunia"
kalau memang ianya hari mengingatkan untuk saling sayang menyayangi, kenapa musti ikut-ikutan cara kaum mereka? ada kok agama kita juga mengajarkan saling menyayangi bahkan tiap hari, tak perlu menunggu hari atau tanggal apapun itu. nah sebagai bentuk perlawanan terhadap pemikiran tersebut, muncullah sebuah gerakan yang dinamakan #GerakanMenutupAurat . peringatan gerakan ini sebenarnya tepatnya pada tanggal 01 Februari yang dinobatkan sebagai hari hijab sedunia, kenapa bisa sampai ada hari hijab sedunia? silahkan meluncur kesini nih ---> polemik hari hijab sedunia tapi aksi dari gerakan ini di canangkan pada tanggal 14 februari berpapasan dengan hari yang orangorang kebanyakan tau sbg hari pink (apadeh*) nahhh di Indonesia seluruh muslimah dipenjuru kota melasanakan aksinya juga loh? serentak!!!!!!! kompak !!! satu ukhuwah semua mengajak dan mengingatkan kembali semua muslimah betapa wajibnya berjilbab. gak percarcaya nih buka ini---> Proud Wear Hijab disitu semua dirangkum aksi gerakan menutup aurat seluruh indonesia. Trus di Makassar khususnya, kota saya nih? apa ada juga? ada dong :)


berlokasi di Anjungan City Of  Makassar, saya bersama teman-teman Hijabers Makassar turun beraksi dalam mendukung #GerakanMenutupAurat, selepas Ashar. dan rangkaian kegiatannya itu berupa berbagi hijab, stiker, dan berbagi edukasi/tutorial tentang hijab kepada seluruh orang yang berkunjug ke anjungan hari itu. kami membawa banyak jilbab bekas/baru yang disumbangkan dari para member.

selepas kampanye keliling anjugan City Of Makassar menyapa para muslimah yang sedang asyik menikmati pemandangan Anjungan kami semua kembali ke pos dan bersiap melaksanakan shalat ibadah magribh berjaamaah di masjid amirul mukminin :D semoga aksi-aksi seperti ini tiap tahun kita semua berkesempatan bergerak melaksanakannya, sebagai penutup saya sertakan lagi foto tag dibawah ini :)

No comments:

Post a Comment