14 January 2013

#PEDULISULSEL

Bencana Alam Awal Tahun di Sulawesi Selatan yang diakibatkan oleh tingginya curah hujan dan cuaca buruk sehingga mengakibatkan bencana banjir, angin kencang, longsor dan abrasi pada 18 kabupaten kota di awali selepas masyarakat sulsel memeriahkan acara menyambut tahun baru 2013. Hujan deras mulai mengguyur beberapa kota di Sulawesi Selatan sejak  tanggal 1 Januari hingga beberapa hari berikutnya yang menyebabkan terjadinya peningkatan volume genangan air di beberapa lokasi sehingga mengakibatkan banjir genangan dan beberapa kabupaten terjadi banjir bandang yang disebabkan meluapnya sungai. Adapun Jenis dan lokasi kejadian bencana di Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Selatan pada awal Tahun 2013 adalah sebagai Berikut :
  1. Banjir : Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Maros, Pangkep Barru, Soppeng dan Wajo.
  2. Angin kencang/puting beliung : Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Sinjai, Maros, Pangkep, Pinrang, Sidrap, Wajo, Enrekang, Bone.
  3. Longsor : Parepare, maros, gowa dan luwu utara.
  4. Abrasi pantai : Bulukumba
Musibah ini telah mengakibatkan kerugian material dan Jatuhnya korban meninggal dunia sebanyak 19 orang yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota. Berikut ini data orang meninggal akibat bencana alam awal tahu. Nah berangkat dari berita yang saya lansir dari website http://ahyanarif.com/2013/01/10/bencana-alam-awal-tahun-di-sulawesi-selatan/ ini beberapa komunitas yang ada dimakassar mengadakan event amal.
 acara murni inisiatif bbrp komunitas dimksr yg tergerak hatinya u/membantu korban bencana banjir.saatnya qt smua bergerak mngulurkan tangan u/korban bencana banjir di sulsel, dgn cr yg qt bisa. event amal bsama komunitas. penyelnggara acara ini akan membukitkan bahwa berkomunitas itu tidak hanya sekedar berkumpul dan berhoby2 ria tapi juga bisa beramal. panggung ekspresi ini diadakan 2 hari berturut yakni tanggal 12-13 januari 2013 bertempat di MainHall Pasar segar jl pengayoman Makassar. dimulai dari pukul 10 pagi sampai jam 5 sore. ada banyak komunitas-komunitas twitter yang bergabung diantaranya @Jalan2seru_mks @Bolang_MKS @HijabersMKS @ann_sulsel @TDAmakassar @paccarita @StandUpIndoMKSR @Kupedulimu @Lunakreatif @QuiQui_MKS dan tentunya @ITJMakassar 
beragam acara menarik disajikan waktu itu dari berbagai komunitas yang turut serta mengisi acara, diantaranya ; musik akutik dari band-band indie yang super kreatif dan suaranya bagusbagus, acapella, shuffle dance yang keren, Magician yang seru, Stand Up Comedi dari komunitas komik makassar yang mampu menghilangkan rasa bosan, dan lainlainnya. semua dalam satu panggung ekpresi. selain itu ada juga stand amal pelelangan sedekah untuk bantuan korban bencana alam. di acara ini saya jadi tau beberapa komunitas yang gak kita sangka-sangka ada ternyata ada. heheh seperti misalnya komunitas merajut dmakassar dan tadi komunitas cosplay yang anggotanya semua memakai pakaian superhero jepang. 

untuk gerakan #IndonesiaTanpaJIL yang turut serta, sebelumnya @ITJMakassar membuka donasi bantuan kesemmuanya, hingga terkumpul beberapa dana yang bisa digunakan untuk membeli 60 lembar selimut baru untuk diserahkan pada saat acara ini berlangsung. 
 sebelum penyerahan bantuan secara simbolis, ada acara pemutaran video aksi #IndonesiaTanpaJIL biar semua yang hadir tau seperti apa kegiatan-kegiatan kami selama ini dan untuk apa. seperti komunitas komunitas lainnya yang bisa memperlihatkan highlight video perkenalan komunitasnya kepada panita dan para hadirin yang mengikuti acara. setelah video selesai diputar, banyak loh yang bertanya-tanya tentang bagaimana untuk gabung di gerakan ini. gerakan yang bersama-sama menolak pemikiran Jaringan Islam Liberal yang merusak dan menghina Agama Islam dari dalam. jawabannya gampang sebagaimana yang sudah dijelas kan di video tinggal follo dan mention @TanpaJIL atau khusus dimakassar @ITJmakassar

 Nah kalau dari komunitas @HijabersMKS performanya itu adalah membawakan tutorial hijab. alhamdulillah saya berkesempatan membawakan 2 style tutorial hijab casual dan turban

setelah acara selesai, pihak penyelenggara acara mengumumkan laporan sebagai bentuk pertanggung jwabannya. laporannya berupa jumlah donasi yang terkumpul selama acara berlangsung dan sodara Faqih Faturrachman sebagai ketua penyelenggara mengumumkannya lewat akun twitternya.
dan kabarnya alhamdulillah bantuan tersebut uang tunai, barang-barang dan lain sebagainya akan dibawa langsung ke lokasi korban bencana alam. semoga bermanfaat dan amal ibadah diterima disisi Allah. aamiin
mudah-mudahan komunitas2 yang ada di Makasssar bisa sering2 mengadakan acara seperti ini :)

No comments:

Post a Comment