25 June 2012

Dia Masih Mencari Tuhannya

Assalamualaikum wr. wb 
suatu malam, kemarin 25 juni 2012 aku "dihampiri" seorang teman yang kukenal belum lama ini
dari sosoknya, aku mengaguminya :) seorang pria yang lebih muda 2 tahun dari saya
sy tidak perlu menyebutkan namanya, sy menjaga identitasnya sbagai bentuk penghargaan saya terhadap pertemanan ini... disini saya hanya menyalurkan pemikirannya saja.
awalnya dia tau saya partisipan atau orang yang mendukung gerakan #IndonesiaTanpaJIL 
karena di recent updates saya selalu menghastag ITJ (IndonesiaTanpaJil) mungkin dia penasaran. sebelumnya memang pernah dia nge-BBM tentang pro-nya saya terhadap FPI tapi itu tk berlangsung lama dalam diskusi dia hanya bertanya "Qiah pro FPI ya.." saya jwb sesingkat mungkin "iya" dia hanya membalas dengan ketika "hmmmm..." kemudian selesai :)
nah malam kemain nampaknya sudah berbeda, dia nge-BBM saya awalnya bgini :
setelah itu dia mulai masuk ke pembahasan pertama 
yang mempertanyakan pendapat pemikiranku terhadap 
keberadaan Jaringan Islam Liberal di Indonesia. 
aku berusaha menjawab sedemikian saja.
 Namun rupanya jawabanku memberi jalan padanya
untuk menyatakan bahwa pemikiranku sempit
terhadap apa pendapatku tentang hadirnya JIL di Indonesia.
hmmm... dari sini aku bisa nebak, dari awal dia bertanya, 
dia sudah termasuk salahsatu yang membela 
hadirnya Islam Liberal dengan alasan 
umat Islam menjamur di dunia.
dengan mengingatkan saya bahwa Indonesia bukan negara islam, dan melarang saya untuk menguniversalkan  agama islam. tentu saja menguniversalkan pendapat pribadi berbeda dengan menguniversalkan suatu agama apalagi Islam. misalnya saya membuat pernyataan trus memperlihatkan semua orang di “kelas”, kelompok, atau keluarga Anda dan merasa mereka punya pikiran yang sama, berarti saya menguniversalkan pendapat pribadi. Contohnya, sy bilang, “Semua orang sudah tahu” atau “Orang-orang tahu, kok, apa yang saya katakan pasti benar.” pastilah orang akan ada yg meledak. nah tapi kalau Islam yang di universalkan siapa yang bisa menolak kebenarannya sedangkan kebenaran ttg agama itu ada pada Agama Islam.

“Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam.” (QS Ali- Imran : 19)
“Dan siapa yang menginginkan selain Islam sebagai agamanya maka tidak akan diterima darinya agama tersebut dan dia di akhirat termasuk orang- orang yang merugi.” 
(QS. Ali Imran : 85).

dan sudah barangtentu saya gak mau termasuk kedalam golongan orang yang merugi.
tapi sy biarkan saja dia menjelaskan lebih dulu, untuk mengetahui bagaimana dia dalam diskusi yang dia buka sendiri apakah dia memakai Otak tanpa Hati atau Hati tanpa otak :D juga apakah pantas saya meladeni.
disini saya lupa pertanyakan "pengembangan pemikiran islam" seperti apa yang dia maksud, setau saya, papa saya pernah ngasih tau bahwa Pengembangan pemikiran Islam dibangun dan dikembangkan berdasarkan anggapan dasar atau paradigma tertentu. Di atas asumsi inilah berbagai perspektif dan metodologi pemikiran keislaman ditegakkan, ada yang namanya pemikiran arab, pemikiran tradisional (salafiah) dan sbgnya. lagipula Setiap disiplin keilmuan dibangun dan dikembangkan melalui kajian-kajian atas sumber pengetahuannya. Sumber pemikiran Islam adalah wahyu, akal, ilham atau intusi dan realitas. tidak sesukasuka hatimu berpikir yang kamu mau saja. tapi #ahsudahlah :) dia pun lanjut...
barusan aku mempertanyakan "akan berdiri 72 bendera Islam"
dia tau akan hal itu darimana? kenapa bisa dia tau perkataan Nabi yang demikian
sedangkan ketika ditanya dalam surah apa Nabi berkata demikian, dalam hadist apa...
dia menjawab dengan senyuman ttg ketidak percayaannya dia terhadap surah dan hadits
lantas? darimana dia tau ada Nabi dan perkataan Nabi? 
hadis benar-benar ada karena Nabi Muhammad pernah ada dan pernah hidup di dunia ini. 
Orang yang percaya pada Nabi Muhammad pasti percaya terhadap eksistensi hadis. 
Nah dia tau bahwa Nabi pernah berkata "Sepeninggalku akan berdiri 72 bendera Islam" 
saat ditanya, dia malah jawab tidak percaya sama Hadis dan surah2.
Sebagai manusia, pada saat itu beliau berkata-kata, berbuat sesuatu, bersikap terhadap sesuatu, dan melakukan segala aktivitas kehidupan lainnya. Orang yang mengingkari hadis adalah orang yang tidak percaya pada eksistensi Nabi Muhammad. beralasan dong bagi saya kalauorang yang tidak percaya pada keberadaan hadis disebut kafir. kan? :)

 duaaaaarrr !!!
disini saya sudah mulai malas menanggapi semua pernyataan dan pertanyaannya
ada banyak tebak2an saya terhadap diri dia ini
antara dia putus asa terhadap keberadaan Tuhan dalam dirinya sendiri atau karena dia hanya mau membangga2kan proses pemikirannya yang luar biasa sepenuhnya memakai Logika 
atau karena dia kebanyakan membaca buku Filosofi liberal/barat?
papa saya pernah mendapati saya baca sebuah buku yang judulnya "Sophia" Karya Jostein Gradier" buku itu tentang filosofi dari pemikiran seorang anak kecil yang diajarkan oleh ayahnya. papa saya berujar, 
"Nak, kalau mau membaca buku filosofi, carilah filosofi Islam. jangan filosofi barat (liberal) secara tida langsung pikiranmu teracuni dengan "iya ya? bener juga ya?" dan menyurutkan keyakinanmu.
temanku ini masih terus lanjut mengetik....
disini sudah terbukti, temanku ini sangat amat perlu dikasihani, sudah jaman gini dia masih jadi "Pencari Tuhan" temanku yang bimbang, meragukan keberadaan Tuhan dalam dirinya sendii, sungguh dia udah kehilangan sama sekali rasa keimanan terhadap keberadaan tuhan, bencana. saya bisa bilang dia benar-benar kehilangan kesempatan untuk menikmati taman firdaus. 
#AhSudahlah :D
semoga postingan kali ini bermanfaat dan bisa jadi bahan perenungan kita bersama
sebagai akhir post, saya share link ini :
WUJUD dan SIFAT ALLAH

 Wallahualam bishawab semoga kita termasuk golongan yang terselamatkan. aamin.

22 June 2012

Ungu yang Unyu


aku sendiri menyatakan diriku tidak cocok dengan warna ungu
karena kulitku yang tidak cocok ehehhe
padahalnya aku suka sekali warna ungu
Untuk menemukan warna ungu yang paling serasi dengan kulit, coba datang ke toko dan pegang kain dalam berbagai warna ungu di dekat wajah atau kulit kamu.
 Lihat warna yang tampak cantik 

orang2 bilang ungu adalah warna janda
kenapa bisa jd banyak berkata demikian? ini ada filosofinya

Arti marjan adalah “UNGU” dari kata ARJUWANI atau ارجواني
Yaitu warna proses fermentasi daripada anggur sebagai minuman bangsawan.
Dari kata ARJUWANI melahirkan kata راجون RAJWUN atau RACUN.
Datangnya kata dan istilah RACUN terhadap bahasa Indonesia adalah berkait dengan sejarah warna marjan.

Dari kata MARJUWANI melahirkan kata MARIJUWANA atau efek MURJANA yang dalam bahasa Inggris disebut efek MORGANA yaitu efek beRACUN yang memabukan dan bersifat merusak.
Racun, marjan, marijuwana dan morgana .……… adalah istilah yang berkait erat dengan warna UNGU.
Warna yang dipakai dalam sejarah klasik terutama bangsawan Phoenicia yang sangat mesukai wine yang berwarna ungu.

Bagaimana warna ungu menjadi warna janda adalah dari cerita MORGANE Le Fey yaitu seorang penyihir jahat. Morgane berarti ungu, lalu sosok Morgane Le Fey  diadopsi oleh para feminist untuk mewakili sebagai sosok perempuan yang memiliki kuasa hebat.
wallahualam bishawab
eheheh :D
yg penting ekspresikan aksimu : point utama kecocokan ada kepercayaan diri ^^


18 June 2012

Poetry & Photography #MIWF2012

Assalamualaikum :D
ditengah2 sibuknya keseharianku berkutat dengan sebuah foto dokumentasi dan foto kerjaan atau tumpukan design2 foto yang harus diselesaikan tepat waktu, pula foto2 beserta designan yang kadangkala musti direvisi lagi sesuai permintaan klien, namun ditengah2nya saya selalu punya semangat untuk menulis
tanggal 13 juni kemarin pembakar semangat menulis saya hadir di Makassar
dan dia bernama 
#MakassarInternationalritersFestival 2012
Acaranya #MIWF ada banyak, sangat banyak sampai nampaknya berlangsung 4 hari itu tidak cukup dan membuat tidak puas pemirsah :D 
karena seluruh rangkaian acara keren :) salah satunya nih pada hari pertama ada sebuah workshop
 bertajuk "Poetry & Photography" 
workshop ini mengawinkan antara Puisi dan Photography, sangat sangat memberi inspirasi :) melatih ketajaman imajinasi dan kecepatan merangkai sebuah kalimat menjadi sebuah syair.
sistemnya itu karya sebuah foto dipamerkan di main hall benteng Rotterdam dan para peserta diminta melihat2 karya photography tersebut (karya dari komunitas BOYABOYA makassar photography)
sebab foto itu sangat puitis, dan puisi itu perlu imaginasi/penggambaran
pakar penulis puisi yang hadir ada M. Aan Mansyur yang memberitau kepada semua peserta workshop bahwa seni  itu saling berhubungan satu sama lain dalam proses pengembangan imajinasi
beliau juga bilang, bahwa setiap kata itu puitis namun tidak semua bisa membawa kata-kata itu menjadi sebuah syair tapi semua orang bisa merasakan kekuatan sebuah kata-kata .
nah setelah selesai menyimak foto dan membuat puisinya, peserta diperbolehkan membacakan puisi singatnya dari hasil melihat foto tadi. karena kata bang Aan Mansyur ini "gambar sangat membantu sekali dalam proses pembuatan puisi. ada yang menuliskannya diselembar kertas, membacakannya dengan lantang dan penuh penghayatan, membacakannya dengan gembira, dan sedih juga penuh semangat
ada juga peserta yang menulis puisi dari foto yang sama namun, isi puisinya berbeda2
peserta yang diujung kiri membacakan puisi tentang "daeng becak" karena melihat foto daeng becak, isi puisinya berupa betapa keras perjuangan hidup seorang daeng becak, singkat 
namun kita diajak kembali mengingat2 jasa2 daeng becak :D 
yang di tengah, Peserta nya sy kenal :D beliau fotografer, dia menulis puisi langsung dikepalanya 
wow banget kan? :D beliau memilih foto seorang anak kecil sedang menaiki tangga
yang paling kuingat dari puisi yang beliau bacakan itu ada kalimat begini, 

"Aku tau tangga ini tak akan pernah habis, namun aku akan selalu mencoba untuk terus menaikinya, aku tak akan pernah takut jatuh, kalaupun aku jatuh aku tidak akan merasa sedih karena dari tempat jatuh itulah aku memulai semuanya" 

aku jadi bisa langsung paham apa yang ingin disampaikan beliau dalam puisinya yang menampilkan foto sekaligus :) bahwa ketika seseorang ingin mencapai sebuah kesuksesan dimasa depannya, dia harus mulai dari bawah :) tidak secara instan agar pada saat jatuh tidak terasa sakit dan merasa asing dengan tempat yang bernama "bawah" :) 
nah dan, yang diujung kanan, cewek berjilbab pink dia kalau tidak salah membawakan puisi yang berjudul "tatapan anak Indonesia" dia membacakan puisinya dengan ekspresi2 yg berbeda, kadang senyum, kadang marah, kadang tertawa, dan kadang merasa sedih... keren :D aku agak lupa isi2 puisinya, namun pesan singkatnya katanya, "lihatlah tatapan kami, anak indonesia, penuh dengan ketidak mengertian akan keadaan kami dibanding keadaan yang jauh lebih menyilaukan diluar sana..." seperti itu (kira2)
memang kadang puisi itu membingungkan maknanya karena puisi itu menyampaikan sesuatu tapi menyembunyikan sesuatu juga :)
gak cuma para peserta yang membawakan puisinya, para punggawa fotografi yang puitis juga ikut unjuk gigi :D seperti bunda Luna Vidya ini :)
beliau mengaku bukan fotografi yang handal dan karya2nya bisa dibilang bias saja, jika dilihat dari segi tekhnis tapi kataku beliau ini fotografer wanita favorite saya meski demikian katanya\:D/
bunda Luna menjelaskan bahwa dia berjalan jauh, memotret human interest, potrait indonesia dan wilayah2 terasingnya, ketika dia pulang dia bukan membawa foto yang bagus tapi dia membawa perasaannya dan cerira yang terjadi ketika dia berjalan/hunting ^_^
 kemudian kak Muhary Wahyu Nurba pun mulai menunjukkan sembari menjelaskan
bahwa jika kita mendapati sebuah foto yang asal2an , terlihat kurang menarik atau dia hanya berupa sebuah warna dan bentuk yang tidak diatur itu adalah tingkat imajinasi tertinggi seseorang dan bisa jadi itu adalah sebuah foto yang sangat puitis. 
seorang fotografer katanya harus punya jiwa yang puitis bila ingin memotret human interest, jiwa menulis dan perasa yang tajam, karena kadangkala semua perasaan yang tercurah lewat sebuah foto bisa dituliskan dan menjadi beeratus2 halaman namun hanya satu buah foto yang menginspirasinya
keren yaaaaaaaa :D
Pokoknya gak pernah rugi aku terjun di dunia seni seperti ini
bukan karena tidak sengaja atau sengaja,
tapi karena memang aku terlahir atas dasar alasan ini :) berada di dunia seni
dari siini aku akan mencoba belajar untuk terus menulis, bersyair, dan memotret serta menyampaikannya kepada dunia bahwa apa yang kita rasakan tidak bisa dibendung begitu saja
ada orang-orang yang ketika melihat sebuah alat seni, jiwanya langsung membuncah ingin segera memulai membuat sebuah karya. lain hal tujuan karya itu untuk apa, utamakan untuk diri sendiri dan kemudian khususkan untuk memberi manfaat ke orang2 banyak ^^
wassalam semoga menginspirasi .
dan terimakasih banyak untuk #MIWF20012 kemudian #MIWF tahun depan akan selalu dinanti.

12 June 2012

With Bismillah


Semua kekuatan dari Allah SWT, 
dan kita harus selalu meminta kekuatan dari-Nya, karena kita lemah dan membutuhkannya.
Allah SWT telah memerintahkan Rasululah SAW untuk memberitahu umatnya bahwa segala sesuatu tidak dimulai dengan sebutan Nama Allah SWT, “Bismillahir Rahmanir Rahiim,” tidak akan mendapatkan bantuan dari Allah SWT; 
artinya tidak akan memberi hasil dan akan gagal... 
Jika kalian menyebut nama-Nya, kalian akan memperoleh keberuntungan dari setiap tindakan kalian, dan segala kesulitan akan hilang.
 Siapa saja yang merasa dirinya lemah sepatutnya menyebut-Nya, 
dan kekuatan akan datang melalui badan dan hatinya. 
serius aku pernah merasakannya :) banyak hal pokoknya coba saja ^^ gratis dan ga sulit :D

Bismillah adalah kunci yang sangat penting untuk membuka semua perbendaharaan di surga dan di bumi, untuk membuka segala macam pengetahuan.

WASSALAM :)

Meaning Of Parents

Baru kenal kekasih 20 hari tapi diikuti, dituruti, ditaati. Manakala Ibu Bapaknya yg dikenal lebih dari 20 tahun dikhianati dan disakiti. Naudzubillahi mindzalik.
-------------------------------------------------------
Saudara sekalian yang di Rahmati Allah

(wele kayak di mimbar aja qiah nih*)

begini, sore tadi qiah liat status seperti diatas qiah jadi ingat tentang seorang sahabat yang menikah tanpa restu dari kedua orangtuanya, istilah nya itu (MAAF) kawin lari atau lari kawin, atau apalah sesuai adat. harusnya tak qiah umbar-umbarkan aib seseorang, intinya itu saja. sebagai bahan renungan kita bersama.

cinta sebenar cinta adalah cinta pada Allah dan kedua Orangtua kita.


"Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila ia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku da kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri"." (QS. AL AHQAAF:15)"

akhlak dan bakti seorang anak baru bisa dilihat ketika orang tuanya telah menjadi tua dan lemah.
Ga jarang aku mendengar beberapa teman atau bahkan sepupu sendiri yang membantah dan melawan orangtuanya demi keinginan hidupnya sendiri dan ke egisannya tanpa memikirkan masa kecilnya dahulu
siapa yang membesarkannya dan siapa yang mendidiknya sampai menjadi sekarang itu
gak pantas kita keliatan pintar dan sok dihadapan orangtua kita
walaupun memang sebenarnya kita tau banyak hal lebih daripada mereka (karena zaman)
orang yang merasa berat dengan sebuah perjodohan yang diinginkan orangtuanya padahal ia tak mencintai calonnya, sesulit apapun semua harus didiskusikan bersama. 
sudah banyak sekali bukti nyata yang kusaksikan sendiri disini atas akibat dari tidak mengindahkan keinginan orangtua, tidak patuh pada orangtua dan membantah orangtua
dan semuanya berujung kemeralatan hidup
tidak ada keharmonisan.

betapa sering kita membuat marah dan menangisnya orang tua...
Betapa sering kita tidak melaksanakan perintahnya...
Memang tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam bermaksiat kepada Allah, 
akan tetapi bagaimana sikap kita dalam menolak 
itupun harus dengan cara yang baik tidak serampangan. 
Bersegeralah kita meminta maaf pada keduanya,  ridho Alloh tergantung pada ridho kedua orangtua.
semoga aku dan kalian semua termasuk anak yang berbakti kepada orangtuaku. aaminn ... !

FriendsWedding : Kak Jusly & Vero

Salam :) 
Tanggal 23 Mei kemarin itu hari yang membahagiakan buat kak Yus dan Vero
kakak senior di Federasi Fotografi Sul-sel dan Model dari RAWcolorfix merayakan resepsi pernikahan mereka yang sederhana namun begitu elegan di gedung IslamicCentre IMMIM
mereka terlibat cintalokasi loh ehehehe, fotografer dan modelnya
ihihihihi tak cuma harusnya kita memotret dengan hati tapi kalau berhasil ya 
bisa sekalian men-shoot hati sang modelnya, #Tsaahhhh
heheheheh :D
malam itu Qiah diundang dan datang bareng temen-temen fotografer lainnya

dress pink dan bulero rajutan jadi pilihanku malam itu :D


Ini dia pengantinnya, sungguh serasi yaaa ^_^ 
banyak doa untuk sang mempelai 
semoga sakinah mawaddah warahmah

ah iya malam itu ada juga bang Sony (FFSS) beserta istrinya Nanda hadir 
sebelumnya sudah pernah ketemu sama istri beliau di event hijabers
secara istrinya bang Sony kan Model Hijab :D
malam pas ketemu itu aduhaiii tambah cantik karena sedang mengandung 
pantas juga sudah jarang sekali dia ikut event hijabers rupanya sudah siap siap menjadi Ibu Muda. barakallah yaa kabarnya bulan mei kemarin sudah 8 bulan, semoga nanti proses persalinannya aman dan lancar. aamin :D


Nah di dunia fotografi Makassar siapa yang gak kenal sama Masyudi dan Galoon?
dua cowok single itu jam terbangnya di FFSS sudah sangat tinggi, kiprah dan namanya dikenal di seantero sul-sel :D kualitas fotografi yang mereka miliki dibidangnya masing-masing sudah sangat diatas rata2 
jd yang mau belajar fotografi Human Interset atau Jurnalistik, jagonya tu Masyudi. 
kalau soal Fashion dan coloring, solah ke Galoon :P


okay guys pengunjung blogku
sekian dulu yaa 
jangan malas-malas datang keresepsian teman yang mengundang
menghadiri pernikahan/walimahan/resepsian dalam islam itu hukummnya wajib loh ;)
doa restu adalah kado yang paling penting .
wassalam.

Mulai Menulis!!!!!


Assalamualaikum, apakabar semua sahabatku, selalu banyak doa teriring untuk orang-orang yang kusayangi, yang pernah kukenal dan begitu baik padaku walau belum pernah bertemu sekalipun. 

aku baru agak sering lagi kali ini menulis, ada yang mengompori semangatku untuk memulai kembali menulis apa saja katanya harus aku tulis bukan karena ku ada bakat jadi penulis, bukan hal itu yang utama tapi untuk membuat guna hidup kita sepanjang masa, mungkin dengan menulis seseorang membacanya lalu bias saja dalam tulisan yang dibaca ada yang berubah dalam hatinya, dan sebaik2baik tulisan adalah yang bermanfaat maka dengan bismillah aku mulai kembali menuliskan hal yang bermanfaat semoga saja. Karena sebisa mungkin aku inginkan hal itu, member manfaat ke orangbanyak, lewat diriku, dan pengalamanku. Sembari memberi aku juga tak menepis sebuah peringatan yang nantinya akan muncul, kritikan atau nasehat yang mungkin bilamana ada kesalahanku dalam mencoba untuk member manfaat ke oranglain. Karena yang sempurna itu hanya tulisan-tulisan Allah dalam perintahNYA.

Sebagai permulaan aku biasanya hanya menuliskan keseharoanku yang kualami saja, juga apa apa yang ada disekelilingku. Dulu/kemarin aku berhenti menulis karena kegiatannku yang begitu padat merayap hehehe bisa dibilang sih aku yang memang sengaja mencari kesibukan. Kadang bila malam hari tiba seusai sholat isha mata ini sering belum mengantuk, aku menghadap laptop hanya menghabiskan waktu membaca saja, apa saja termasuk note note dan blog teman-teman, bahkan tanpa sadar dari sebuah [erbincangan lewat mengomentari tulisan mereka saja aku sudah menghasilkan sebuah tulisan. Bisa jadi tulisan kalau memang aku mau menggarapnya dalam kasanah menanggapi. Hanya saja entah seleraku untuk menulis hilang setahun lalu J karena satu dan lain hal (bocoran : suasana hati) hehehehehe :D

Oke aku akan mulai dari sesuatu yang aku ingat saja, tentunya semua hal yang kualami adalah hal yang sudah digariskan dan hal yang menarik, karena setiap kejadian bila kita pandai mengambil hikmah maka hal itu akan menjadi kejadian yang bukan biasa saja.

Setiap menulis aku hanya berpikir, aku seperti seorang petualang yang siap menjelajahi hutan abjad dan sigap menghadapi segala tantangan dalam perjalanan
Selalu melangkah maju, bersama cahaya alam hati sebagai penuntun kelana imajinasi.
Dan aku hanya tahu dua hal, apa yang aku tulis adalah kebutuhan bagi sekian banyak orang yang mau menikmatinya… dan tahu persis sebagian lagi orang-orang di semesta karya tak akan pernah menyentuhnya.
Jika aku memiliki kebebasan dalam menulis, maka jiwaku bebas mengunakan segala warna, nada dan rasa untuk membingkai setiap kata.
Akan ada harapan di setiap keinginan. Ibarat kerikil yang terbang ke udara lalu jatuh mencium bumi, semua ngak pernah terpikir sebelumnya. Tiba-tiba saja terjadi. Natural.
Jangan lagi menunggu waktu berbicara. Singkirkan ragu! Siapkan ketegaran! Dan miliki keinginan untuk memulai, sehingga apa yang kita mimpikan menjadi nyata dalam genggaman.
Sebuah keinginan memiliki dampak yang dasyat memunculkan niat untuk mewujudkan segala keinginan.
Takdir setiap tulisan ada yang baik dan ada yang buruk. Dan kita mesti siap memikulnya.
 dan NAH banget ditengah-tengah semangatku ingin kembali menulis hal yang menambah bakarnya lagi adalah pas itu ngeliat dp BBM kak Lubhnah Lukman yang pas itu nunjukin tentang kehadiran Makassar Writers Festival 2012 yang bakalan bikin banyak banged event tentang menulis. 
info  : makassarwritersfestival
Okelah mungkin pada saat event aku akan tiap hari hadir hahahah,, aku selalu bersemangat membaca sesuatu apa saja, tapi untuk menulis kadang memang butuh semangat yang mendorong-dorong juga suasana hati yang pas. siipplahhh nanti di postingan berikutnya aku akan mencoba mulai menulis apa saja yang bisa bermanfaat. Aku tak mau terlalu banyak bermain dengan sesuatu yang tidak bermutu, meski orang bilang “biassa anak muda, kita kan masih muda…” tapi sayang masih muda bukannya menebar manfaat malah mencaci caci dan bermain-main menurut kepuasannya saja. 
Semua ini aku mulai, aku lakukan untuk mempersiapkan jawaban bila kelak di sidratul muntaha disuguhi pertanyaan “kau habiskan untuk apa masa mudamu?” 
Wassalam

08 June 2012

Karya Untuk Dakwah

Papa selalu berpesan pada saya, ditengah pergaulan dunia fotografi sy harus sebisa mungkin menghasilkan karya yang ber-berkah, berpahala, dan bermanfaat untuk oranglain. Tidak hanya sekedar untuk konsumsi dan senang2 pribadi. Meski seni itu tiada batas, tp tunjukan kemuslimahanmu pada sebuah karya seni, sejauh yg kamu mampu. Sebab "karyamu adalah isi hatimu, sampaikan itu pada orang-orang" kata Papa :)
dibawah ini ada beberapa karya untuk dakwah.

foto ini di take diatas bantal gede warna merah, letakin Al-Qur'annya dan tasbh pas dibawah jatuhnya cahaya ampu kamar yang putih terang. kemudian shoot pake lensa fix 100mm kalian juga bisa gunakan lensa fix 50mm yang penting hasilnya dia bokeh dibaground, biar foto bisa keliatan berdimensi.
selanjutnya diedit colorbalance di photoshop dan tambahkan text.

ini juga sama, cuma tasbihnya digantung diujung bantal, biar ga susahsusah kalian bisa gunakan auto shoot pada kamera untuk memperoleh standart cahaya dan ISOnya, memang akan terlihat noise tapi selesaikan di photoshop dengan filter noise ware+sharpend foto bisa jd lebih tajam deh ,

ini pas gerhana, pake lensa 70-200mm F4 kemudian foto bulannya di cropoing biar nampak

ini di ambil sesaat setelah gerhana 1/3 waktu itu, tapi yang difokuskan jadi objek adalah orangnya bukan bulannya jd biarkan bulannya nampak bokeh seperti pendar cahaya bulat saja. ini menggunakan ISO 2000 shutter speed 40 dan F4.0 pada lensa 100mm fix