14 December 2012

Seminar Berbisnis Fotografi

 bertempat di Hotel Grad Town makassar, selama 3 hari berturut peserta seminar mengenai bisnis fotografi dikarantina. dan dilaksanakan oleh Kementrian Pariwisata dan ekonomi kreatif berbasis seni dan budaya.
tujuan diadakan seminar ini untuk klasement lomba foto kepresidenan nanti. 


pembicara seminar ada dua orang yakni Bpk. Awaluddin Tahir dari direktorat ekonomi kreatif
dan Bang, Setiadi Darmawan, yang biasa di sapa "Bang Kiat" selaku fotografer profesional yang sudah merambah bisnis dunia fotografi wedding dan prawedding selama belasan tahun.
tidak hanya dalam teori, setelah seminar kami semua langsung mempraktekkan tekhnik-tekhnik lighting khusus untuk pemotretan wedding dan prawedding. ada banyak tips dari bangKiat yang belum saya tau persis loh selalu ada kejutan-kejutan baru dari tekhnik yang dimiliki bang kiat. semisal pemanfaatan flash yang lebih dari 3 tapi tidak membuat overlight. kemudian twril effect yang dibuat dengan cara menggoyangkan kamera memutar, dan hasilnya foto seperti ter vignate sendiri tanpa di edit :)
banya orang merasa ribet dengan menggunakan flash pada kamera
tapi tip dari bang Kiat mengatakan lain, justriu karena flash lah foto jadi makin berdimensi dan semakin banyak cahaya semakin nampak dimensinya, sistem strobist-an Bang Kiat emang cetarrr.. ehhe


setelah praktek dan teori berakhir, kita kumpul lagi diruang seminar
acara berakhir, selesai deh :( padahal rasanya 3 hari itu nggak cukup deh 
masih mau seterusnya dan seterusnya belajar bersama dengan Bang kiat dan master-master fotografi lainnya heheheh tapi apa daya waktu dan kesempatan yang diberi hanya tiga hari . dan ini pun saya sangat bersyukur bisa ikut serta di seminar yang GRATIS dan tidak dipungut biaaya apapun dari peserta yang terpilih heheh malahan dapat uang saku dan di fasilitasi menginap di hotel ^^,

semoga sering-sering ada seminar kayak gini
dan teman-teman Fotografer Makassar yang ikut lomba foto piala presidnent nanti bisa menag yaa
insyaAllah saya juga heheheh ^^
salam jepret.
wassalam

No comments:

Post a Comment