12 October 2012

Bagi Islam, Seni itu Amar Ma'Ruf Nahi Munkar

Assalamualaikum,wr.wb

ini berawal dari inbox seseorang ke facebookku, dia menyuruhku untuk membuka sebuah albun foto di facebook uploadan seorang fotografer. dan dia juga meminta komentarku mengenai apa yang ada didalam pikiranku pada saat mellihat foto yang di upload tersebut. saya tidak bisa buka album foto orang itu karena saya belum mengkonfirmasi pertemanannya. karena penasaran, saya mengkonfirmasinya. dan membuka album foto yang dimaksud teman saya. kemudian.... astagfirullah... satu kata "KOTOR" seketika itu saya langsung nge-unfriend orang itu lagi setelah saya membaca2 semua komentar2 yang ada di album itu. sebagian ada yang menegur dan sebagian ada pula yang mendukung atas nama SENI itu kebebasan berekspresi dan mengupload di facebook itu HAK nya. kembali istigfar, foto yang di upload orang itu adalah seorang gadis memakai kemeja putih yang ukurannya agak besar, kenudia setengah dadanya terlihat jelas. astagfirullah..
Yang paling lucu, si empunya facebook ini beragama islam, dan ketika ada yang menegur album fotonya itu dia hanya menjawab seperti ini (sy lupa mengcapture*udah keburu out dari FB nya.jijk soalnya) orang itu menimpali, "Ini kan FB saya, akun saya foto karya saya, seni saya, kalau tidak suka silahkan hapus, kalau saya tag dan tidak suka silahkan remove tidak usah bahas seni itu apa. seni itu tidak ada batasannya. semua orang bebas berekspresi.seni yang saya bicarakan ini adalah seni fotografi yang hukumnya "Mubah" karena hanya memantulkan cahaya, tidak membuat, mengukir atau memahat dll.
Sebenarnya kalau kita mengkaji Seni dalam pandangan Islam pasti selalu tertumbuk pada jalan buntu soalnya di kalangan Islam terdapat pro dan kontra.berikut juga hasil sharing2 dengan teman-teman di facebook
 

nah kan tuh :) pokoknya kalau kita berbicara tentang seni, pasti deh yang lebih dulu dibicarakan adalah keindahan. udah jadi fitrahnya manusia suka sama yang namanya keindahan kan? Mengikut kebudayaan barat, seni sebenarnya gak ada hubungannya dengan agama. Kenapa? Karena dasar sekularisme yg mengasingkan hal keduniaan terhadap agama. 
Bagaimanapun seni masih harus dianggap sebagai sesuatu yg berkaitan dgn moral,  Seni juga boleh dibagi dengan dua tujuan. Seni untuk seni, dan seni untuk masyarakat. Dan harus ada akhlak yg bs di "baca dan rasa" Dalam Islam sendiri, ada konsep seni juga. Ada bedanya antara seni islan dan seni yg bukan islam 
Yang membedakan adalah dari segi niat atau tujuan dan nilai akhlak yg terkandung dalam hasil karya seni itu. Yg jelasnya seni islam tidak cabul.  Pencapaian yang dibuat oleh seni islam itu sumbangan dari tamadun islam dimana tujuan seni ialah karena Allah SWT Walaupun seni merupakan salah satu unsur yg disumbangkan, tetap aja Allah jg melarang pencipta seni yang melampaui batas 
Seni mestilah merupakan satu proses pendidikan yang bersifat positif mengikut kacamata Islam. Jadi jangan menyalahgunakan kebebasan ekspresi  Seni mestilah bersifat Al amar bil ma'ruf dan an-nahy an-munkar (menyuruh berbuatbaik dan mencegah kemunkaran) 
Seni jg harusnya mengembangkan akhlak masyarakat, bukan malah sebagai perusak akhlak.  Semua aktifitas seni manusia, mesti ditundukkan kepada tujuan akhir, ketaqwaan dan mencapai keridhaan Allah. Semua nilai seni mestilah ditundukkan dalam hubunganNYA serta kesanggupan berserah diri. Dan seni menjadi alat untuk meningkatkan ketaqwaan.

Mari yuk kita menggarap segala unsur kesenian, dan mengangkat martabat insan dgn tdk meninggalkan nilai2 kemanusiaan. Kesenian islam terpancar daripada wahyu Allah dan syariatNyA. Makanya seni harus berada dibawah lingkungan dan peraturan wahyu.Seni islam, menggabungkan manusia dengan Tuhan, alam sekitar, dan sesama manusia dan jg mhakluk. islam tidak pernah menolak kesenian. Selagi dan selama mana kesenian itu bersifat seni untuk mengembangkan akhlak masyarakat. seni Islam dibentuk untuk melahirkan seseoran g yg benar-benar baik dan beradab,juga tau moral. Jelas bukan orang cabul yang mengatasnamakan kebebasan ekspresi. 
waasalamualaikum. wr.wb

No comments:

Post a Comment