SAMI YUSUF

23 August 2010
seminggu sebelum memasuki bulan suci Ramadhan 1431H/2010
qiah nonton sebuah tivi (indovision) channel haseena_channel bollywood_ yang pada saat itu menayangkan tentang persiapan selebrity india menyambut bulan puasa(yang muslim) disamping itu salahseroang penyanyi menyelesaikan albumnya dengan bantuan beberapa pihak tertentu, dari ruang siaran beberapa orang di shoot untuk diwawancarai tentang pendapatnya soal musisi bernuansa islami... seroang pria berbadan kurus tinggi, wajahnya bercamban, matanya tajam, dan senyumnya memesonaku.
dialah : Sami Yusuf .



Sami Yusuf, penyanyi asal Inggris yang mengusung musik bernuansa Islam, baru-baru ini mengeluarkan single terbarunya berjudul 'You Came to Me'. Single terbaru ini diluncurkan lewat website www.samiyusufofficial.com, sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Musisi keturunan etnis Azeri ini dikenal sebagai pencipta dan penyanyi lagu bernuansa Islam dan menekankan isu-isu menyangkut umat manusia dan sosial global. Sami datang dengan revolusioner membawa pesan cinta dan damai dengan cara yang sangat unik dengan menyatukan budaya Timur dan Barat.

"Ketika pertama kali menulis dan menciptakan lagu, jenis musik ini benar-benar tidak mendapat tempat di pasar. Terkadang sewaktu bermain piano atau biola, saya juga tidak mengerti, apakah ini sebuah tindakan berani atau bodoh, untuk menciptakan musik di mana orang belum pernah menciptakan sebelumnya, genre musik yang tidak eksis dan juga pasar cengderung tidak memliki minat beli. Namun, inilah yang terjadi, sebuah karya tercipta tulus yang datang dari dalam hati saya," kata Sami dalam pidatonya di Universitas Roehampton, London bulan Juli lalu. Pada kesempatan itu, dia mendapatkan penghargaan "Honorary Doctorate" dari universitas tersebut atas kontribusinya di bidang musik.

Lirik lagu yang dinyanyikan Sami bercerita tentang kecintaannya pada agama Islam dan pengajaran penuh kasih, yang bertujuan menunjukkan sebuah kebenaran dan gambaran tentang Islam di seluruh dunia. Meskipun lagu-lagunya memanjatkan nilai-nilai "tradisional" seperti rasa cinta kasih pada orang tua dan perasaan iba pada orang lain, namun video yang ditampilkan tetap modern, bagus dan cosmopolitan. Mengambil setting di jalan-jalan kota London, Istanbul, Delhi dan Kairo. Sami berusaha tidak hanya menyanyikan lagunya dalam bahasa Inggris saja, namun juga dalam bahasa Farsi, Turki, Arab, Bosnia dan Urdu. Tujuaannya adalah membuat musiknya menjadi sebuah pesan yang dapat diterima oleh generasi muda Muslim dan semua orang yang menginginkan perdamaian dunia ini.

Melihat kesuksesannya sampai sejauh ini, musik Sami benar-benar menarik hati para penggemarnya. Sejak tahun 2003, dua album pertama yang sudah diluncurkan terjual lebih dari lima juta kopi di seluruh dunia, dan album ketiganya, yang termasuk di dalamnya single 'You Came to Me' mendekati angka yang sama. Sami sudah membuktikan dapat menarik perhatian dunia, salah satunya dalam konser di Istanbul yang dihadiri sekitar 250,000 penggemarnya.

Menekankan signifikansi personal pada tiap lagunya dan relevansi dengan pesan yang disampaikan di bulan Ramadhan, Sami berharap agar penggemarnya dapat menikmati lagu baru ini. "Saya menulis syair dan musik ini pada 23 November 2008, di mana waktu itu saya benar-benar merasakan emosi yang tercampur menjadi satu - kekalahan, kebohongan, terluka, frustasi. Pada saat itu, saya menyadari betapa saya diberkati karena saya menjadi hambaNya, dan dengan singkat perjalanan saya menuju kepadaNya terbuka di depan mata. Lagu ini merupakan ungkapan dari semua yang saya rasakan waktu itu. Saya berdoa agar setiap orang mendapat berkah dan hikmat di bulan Ramadhan ini," kata Sami di blog pribadinya.

Seluruh pendukung dan penggemar Sami dapat mendownload lagu terbaru ini dengan gratis dari website resmi Sami Yusuf www.samiyusufofficial.com sepajang bulan Ramadhan ini. Single terbaru ini dirilis dalam empat versi - Inggris (utama), Inggris - Arab, Inggris - Farsi, dan Inggris - Turki.

Tentang Sami Yusuf:
Sami Yusuf adalah penyanyi - penulis lagu, pencipta lagu, produser dan seorang musisi asal Inggris. Lahir di tengah keluarga berlatarbelakang musisi dari etnis Azeri, Sami mempelajari beberapa instrumen alat musik dan menunjukkan keseriusannya dalam menyanyi dan menciptakan lagu di usia yang masih sangat muda. Sami adalah seorang yang taat dan teguh memegang keyakinannya. Ia sering menunjukkan jiwa seni dan musiknya sebagai makna khusus yang membawa pesan cinta, belas kasihan, kedamaian dan toleransi, untuk mendorong generasi muda agar bangga pada apapun identitas mereka.

Sami belajar musik di beberapa institusi, dengan bimbingan komposer dan musisi terkemuka, termasuk composer dari The Royal Academy of Music di London, sebuah institusi musik yang sangat terkenal. Meskipun dalam studinya di Inggris berjalan sangat baik dan lancar, Sami memiliki pemahaman yang kuat tentang budaya Timur Tengah (atau Maqams) dan sudah tidak asing lagi dengan tradisi musik di Negara Timur dan Barat. Dua album pertama Sami sudah terjual lebih dari lima juta kopi di seluruh dunia.

Untuk informasi lengkap, kunjungi www.samiyusufofficial.com
1 comment on "SAMI YUSUF"

Auto Post Signature